Nggak terasa kurang lebih 30 hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan 2019. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di dunia. Karena 30 hari di bulan ini penuh dengan kebaikan. Tentunya kita perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya dong sebelum memasukinya. Supaya bulan puasa kali ini lebih baik dibanding puasa tahun lalu. Yang sebelumnya cuma bermalas-malasan sambil menunggu adzan Magrib, tahun ini harus lebih produktif lagi. Sayang dong, kalau sama saja dengan tahun lalu. Hehe

Bulan Ramadhan juga waktu yang tepat untuk kita berlomba-lomba mencari kebaikan. Dan yang namanya lomba, pastinya kita perlu persiapan dulu dong supaya hasilnya maksimal. Dua hal ini bisa jadi cara untuk mempersiapkan Bulan Ramadhanmu agar lebih sempurna.

Menambah ilmu tafsir ayar agar ibadah puasa lebih manta

belajar ilmu tafsir via www.istockphoto.com

Salah satu yang paling penting tapi sering terlupakan untuk menyambut Ramadhan adalah persiapan ilmu. Kalau ilmu tentang tata cara shaum umumnya kita sudah tahu, tapi yang sering lupa dibahas ada juga, yaitu ilmu seputar tafsir ayat-ayat yang berkaitan dengan Ramadhan. Padahal kita perlu tahu itu. Contohnya seperti tafsir ayat-ayat berikut:

Untuk tahu tafsirnya bisa ikutin link yang diberikan di atas, atau cari yang lainnya di TafsirWeb.

Mempersiapkan mushaf al-Quran supaya bulan puasa lebih produktif berburu kebaikannya

mempersiapkan mushaf al-Quran via www.istockphoto.com

Selain itu juga kita perlu persiapan untuk selalu membawa mushaf al-Qur’an ke mana pun, agar bisa kita baca untuk menambah pahala setiap ada kesempatan datang. Untuk yang satu ini bisa kita manfaatkan website BisaQuran, karena di sana ada surat al-Qur’an versi online yang bisa kamu baca di mana saja dan kapan saja. Lebih bagus lagi kalau kita bisa menghafalkan sebagian al-Qur’an, biar lebih nyaman lagi membacanya. Untuk ini bisa memanfaatkan website BisaQuran sebagai sarana menghafal, targetkan setidaknya tahun ini bisa menghafal Juz 30 atau Juz Amma, dari surat an-Naba hingga surat an-Naas.

Masih ada 30 harian lagi, masih banyak waktu untuk belajar dan menghafal sebagai persiapan Ramadhan, tapi kalau ditunda-tunda biasanya nggak akan pernah jadi. So, yuk langsung mulai dari sekarang saja~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya