4 Kriteria Mobil Pertama yang Cocok untuk Pasangan Muda

Mobil untuk pasangan muda

Mobil pribadi merupakan kendaraan yang jadi primadona banyak pasangan muda. Selain jauh lebih nyaman dibanding jenis kendaraan pribadi lainnya, kehadiran buah hati di masa depan juga jadi satu alasan umum mengapa pasangan muda memutuskan membeli mobil.

Advertisement

Meski sudah menimbang-nimbang betul alasannya, membeli mobil apalagi untuk pertama kali kadang nggak selalu gampang. Hal ini terjadi karena nggak semua orang ngerti otomotif, sementara harga mobil relatif mahal. Nggak mau salah pilih berujung penyesalan, kan?

Nah, untuk itu, financial educator dan periset Lifepal, Aulia Akbar menjelaskan 4 kriteria mobil pertama yang cocok bagi pasangan muda. Apa saja?

1. Pilih mobil dengan formasi tempat duduk tiga baris

Semua mobil yang ditujukan untuk segmentasi keluarga biasanya dilengkapi tempat duduk dalam tiga baris. Mengapa mobil ini ideal? Karena mobil ini bisa mengangkut penumpang hingga maksimal tujuh orang. Beda dengan mobil dua baris yang hanya mampu mengangkut maksimal lima orang. Jadi katakanlah untuk berlibur, kamu bisa seru-seruan sekeluarga dengan membawa buah hati plus orang tua dan mertua.

Advertisement

2. Pilih mobil baru yang relatif murah

(dok. Lifepal) via lifepal.co.id

Alih-alih beli mobil bekas, untuk kamu yang awam dalam dunia otomotif lebih baik membeli mobil baru saja. Apalagi harga mobil baru saat ini sudah ada yang cukup ramah di kantong. Kalaupun harus mencicil, Aulia menyarankan untuk mengambil jangka waktu cicilan nggak lebih dari empat tahun. Usahakan pula agar cicilan nggak lebih dari 35% total penghasilan bulanan.

Mencicil mobil baru jauh lebih aman dibandingkan membeli mobil bekas dengan segala risikonya. Sebab, kamu nggak tahu bagaimana riwayat penggunaan mobil tersebut. Alih-alih untung beli mobil bekas dengan harga miring, kamu bisa saja buntung karena harus merogoh kocek untuk perbaikan sana-sini~

Advertisement

3. Pilih mobil yang irit

Irit bukan pelit. Ketika memutuskan membeli mobil, kamu berarti telah siap dengan biaya operasional rutin plus biaya tak terduga jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Oleh karena itu, baiknya mobil pertamamu adalah mobil dengan kapasitas mesin yang biasa-biasa saja. Sebab, semakin tinggi kapasitas mesin, maka semakin tinggi pula konsumsi bahan bakar. Selain itu, kapasitas mesin mobil juga berimbas pada jumlah pajak yang harus dibayarkan, lo.

4. Pilih mobil yang punya harga jual terbaik

Dari sekian banyak jenis mobil, beberapa di antaranya punya harga jual kembali yang bagus. Cara mudah mengetahui mobil mana yang punya harga jual bagus adalah dengan mengamati mobil yang banyak digunakan masyarakat. Istilahnya “mobil sejuta umat”.

Hal tersebut penting masuk ke dalam daftar kriteria mobil pertamamu, lo. Karena ketika kamu ingin upgrade mobil setelah penghasilan kian bertambah, maka mobil pertama bisa dijual kembali dengan harga yang bagus. Nggak rugi-rugi amat deh.

Nah itu dia 4 kriteria mobil pertama yang bisa jadi pertimbangan bagi pasangan muda. Apapun jenis mobil pilihanmu, pastikan untuk tetap melindunginya dengan asuransi, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE