4 Tips Biar Kamu Nggak Keteteran dalam Pekerjaan

Dengan ini kamu bisa capai target kerja tanpa merasa kewalahan

Tantangan yang datang silih berganti saat ini membuat kita harus bekerja lebih keras dan belajar lebih giat agar bisa menghadapinya. Alhasil, menjalani rutinitas yang sibuk pun menjadi suatu keniscayaan. 

Tuntutan pekerjaan yang semakin banyak ditambah lagi dengan deadline menumpuk sudah cukup menyita waktu dan perhatian sehari-hari. Akibatnya, nggak sedikit orang-orang jadi keteteran dengan apa yang sedang dikerjakan karena kesibukan.

Padahal, kondisi seperti itu bisa membuat produktivitas menurun dan pekerjaan jadi nggak selesai dengan maksimal. Nah, kalau kamu juga merasa begitu, 4 tips berikut ini perlu untuk diterapkan. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Tetapkan skala prioritas

| dok. MSI

Agar bisa menyelesaikan setiap pekerjaan tanpa keteteran, ada baiknya menetapkan skala prioritas. Hal ini penting banget agar kamu tahu pekerjaan mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Salah satu caranya yaitu dengan mencatat to do lists.

Kamu bisa menuliskan semua pekerjaan yang kamu miliki lengkap dengan tenggat waktu pengerjaannya. Jangan lupa urutkan mulai dari yang memiliki deadline dalam waktu dekat hingga yang masih lama. Dengan begitu, kamu jadi tahu mana pekerjaan paling mendesak yang harus segera diselesaikan.

2. Pastikan alat kerjamu dapat menunjang efektivitas

| dok. MSI

Untuk bisa menuntaskan pekerjaan tanpa harus keteteran, memilih alat kerja yang berfungsi optimal adalah salah satu cara yang patut dilakukan. Pasalnya, fasilitas penunjang kerja seperti laptop, bolpoin, buku catatan, hingga kursi dan meja kerja yang nyaman digunakan turut mempengaruhi ritme kerja.

Nah, salah satu alat kerja yang hampir setiap hari dipakai adalah laptop. Bisa dikatakan, alat satu ini berhubungan dengan sebagian besar proses kerja yang kamu lakukan, mulai dari mengetik laporan, menyimpan dokumen, hingga menyusun presentasi.

Deretan pekerjaan tersebut pun membutuhkan performa laptop yang prima agar bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dengan lebih cepat. Untuk itu, kamu bisa memilih laptop MSI Modern 14 C11M sebagai salah satu alat untuk meningkatkan efektivitas kerja. Laptop ini sudah dilengkapi dengan prosesor hingga Intel Core i5 generasi ke-11 dan Iris Xe Graphics.

Selain itu, kini pekerjaan kantor bisa diselesaikan dari mana saja mengingat banyak kantor yang menerapkan Work From Anywhere (WFA) sejak pandemi Covid-19. Maka dari itu, perlu laptop dengan bobot ringan sehingga enteng dibawa ke mana-mana.

Dengan bobot hanya 1,4 kg, laptop MSI Modern 14 C11M ini mudah dibawa ke berbagai tempat untuk bekerja. Tentu hal ini akan memudahkan kamu yang punya mobilitas tinggi agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dari manapun lokasinya.

| dok. MSI

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan laptop ini, MSI sedang mengadakan promo Faster, Better, Smarter sampai pada 1 Januari 2023 mendatang. Nantinya, kamu bisa menikmati diskon senilai Rp500 ribu untuk pembelian laptop MSI Modern 14 C11M-004ID dan MSI Modern 14 C11M-006ID. Sehingga, kamu cukup membayar Rp8 jutaan untuk laptop yang harga awalnya dibanderol senilai Rp9 jutaan ini.

Buat yang tertarik dengan promo ini, kamu bisa langsung mengunjungi laman https://msi.gm/fbson, atau kamu juga bisa melakukan pembelian secara langsung di toko dengan mengecek di sini https://msi.gm/fbsoff

3. Jangan sungkan untuk menolak dan meminta bantuan terkait pekerjaan

| dok. MSI

Menyelesaikan pekerjaan dengan baik memang sudah jadi bentuk tanggung jawab sebagai karyawan. Namun, ada kalanya pekerjaan datang bertubi-tubi padahal pekerjaan utamamu belum selesai. Kalau kamu sedang dalam posisi ini, nggak salah kok untuk menolak pekerjaan dari atasan sambil menjelaskan kondisi yang kamu alami.

Selain itu, di tengah banyaknya pekerjaan, kamu juga perlu belajar meminta bantuan saat kesulitan menyelesaikannya alih-alih mencari solusi sendirian dan menghabiskan banyak waktu. Di samping bertanya langsung kepada rekan kerja, kamu juga bisa mendelegasikan pekerjaan kepada rekan kerja yang lain. Pilihlah orang dengan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan itu dan jangan lupa berikan arahan sejelas-jelasnya.

4. Jangan terlalu perfeksionis

| dok. MSI

Orang perfeksionis akan lebih banyak memakai waktunya untuk memikirkan cara agar pekerjaannya bisa selesai dengan sempurna alih-alih fokus mengerjakannya. Jika belum menemukan caranya, bisa saja pekerjaan itu nggak akan mulai dikerjakan.

Di satu sisi, karyawan ingin memberi hasil kerja yang memuaskan sebagai bentuk kinerja terbaiknya terhadap atasan. Namun, ada baiknya untuk bersikap realistis dengan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Sambil menerapkan itu, kamu bisa membuka diri untuk menerima masukan dari atasan atas hasil kerjamu dan memperbaikinya dalam kesempatan berikutnya.

Nah, itu tadi 4 tips yang bisa kamu lakukan agar nggak keteteran dalam menyelesaikan pekerjaan. Meskipun dilimpahkan banyak pekerjaan, yang paling penting adalah kamu tetap bersikap profesional dengan berusaha semaksimal mungkin untuk menuntaskannya.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day