Kamu: Buat hari pertama kamu kerja minggu depan, kamu mau dibeliin apa biar lebih semangat Yang?

Pacar: Hmm, nggak usah. Bikinin aku bekal aja, aku sudah suka beb 🙂

Aaawww, so sweet ya guys kalau kamu pernah ngalamin kejadian serupa semacam di atas. Tapi kalau pun nggak pernah, nggak apa. Sebab sebenarnya tanpa perlu diungkapkan seperti contoh di atas pun, hadiah bekal memang menarik untuk dijadikan pilihan bingkisan kepada kekasihmu. Selain nggak mainstream, memberikan bekal makan bisa menunjukkan perhatianmu dengan lebih nyata dan terasa langsung manfaatnya.

Advertisement

Memasak dengan cinta juga akan membuat perasaanmu tersampaikan kepadanya. Tanpa perlu mengeluarkan modal besar kamu juga bisa memukau dia sekaligus membantu kesejahteraan perutnya. Kalau kamu ingin mencoba menuangkan perhatianmu melalui bekal makan bergizi dan menarik tapi mudah dibuat, kamu bisa coba lima resep bekal unyu berikut ini.

1. Kejutkan dia dengan Kroket Kentang Keju gurih yang nggak hanya enak tapi memberi rasa kenyang yang awet.

4054753779_c9a86c320c_b

Dari bahan sesederhana kentang, kamu juga bisa menghidangkan bekal spesial buat si dia. Kroket kentang keju yang lezat bisa kamu berikan untuk bekal makan di kampus atau kantor buat si dia. Cara membuatnya juga mudah saja kok.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Advertisement
  • 250 gr kentang
  • 1 sdm mentega
  • 1 kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/8 sdt pala bubuk
  • 50 gr keju cheddar parut
  • tepung terigu secukupnya
  • 1 butir telur kocok
  • tepung panir secukupnya

Cara membuat kroket kentang keju:

  • Kupas kentang dan cuci bersih lalu kukus hingga matang. Setelah diangkat, lumatkan kentang-kentang tersebut hingga halus selagi masih hangat.
  • Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan mentega, kuning telur, merica, garam, bubuk pala dan keju cheddar parut. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Bentuk adonan kentang tersebut menjadi kroket. Caranya ambil adonan sebanyak 1 sendok makan, bentuk bulat lonjong. Setelah itu lumuri dengan terigu kemudian celupkan ke dalam sebutir telur yang sudah dikocok. Angkat dari telur, gulingkan kroket ke dalam tepung panir. Sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa merendam kroket. Setelah minyaknya panas, goreng kroket dengan api sedang hingga warnanya berubah kuning keemasan. Angkat dan tiriskan kroketmu.
  • Susun kroket yang sudah matang di dalam kotak bekal. Sebagai temannya, kamu bisa menyertakan potongan jagung manis dan brokoli rebus!

Bungkus dan berikan kepada yang tersayang. Kroket kentang keju ini selain terjamin gizinya juga sudah pasti lezatnya. Rasanya seolah makan makanan kecil, gurih-gurih bikin nagih, namun ternyata cukup mengenyangkan.

2. Egg Salad Sandwich sederhana namun sedap ini cocok untuk bekal baginya yang sibuk sehingga tidak sempat makan berat.

Egg-Salad-Sandwich-Bento-II

Kalau pacarmu termasuk orang yang cukup sibuk sampai-sampai nggak punya cukup waktu buat makan berat ketika waktu istirahat, coba berikan bekal sadwich yang bergizi ini. Menu ini cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya meskipun sangat ringan dan mudah dimakan dengan cepat.

Bahan-bahan untuk membuatnya:

  • 2 lembar roti tawar
  • 1 butir telur rebus matang, kupas
  • 1 sdm mayonaise
  • garam
  • lada hitam bubuk
  • selembar daging asap atau daging hamburger (opsional)
  • sejumput gula (opsional)

Cara membuat sandwich ini:

  • Hancurkan telur rebus yang sudah matang dengan garpu di dalam mangkuk kecil.
  • Tambahkan 1 sdm mayonaise dan aduk hingga tercampur merata. Apabila campurannya kurang basah tambahkan 1 sdm lagi.
  • Bumbui dengan garam dan lada bubuk (juga sejumput gula kalau kamu mau), sebanyak apa bumbunya tergantung selera kamu.
  • Oleskan campuran telur dan mayo tadi di atas roti tawar yang sudah kamu siapkan.
  • Letakkan lembaran daging asap di atas olesan telur, kemudian tutup bagian atasnya dengan roti tawar lagi. Oh iya, biar tampilan di dalam kotak makannya cantik, potong pinggiran kulit sandwich-mu ya.
  • Tata rapi di dalam kotak makan. Sandingkan dengan buah-buahan mungil seperti tomat cherry, anggur merah atau hijau dan potongan jeruk.

Siap diberikan kepada pacar tercinta deh. Sederhana namun cukup untuk memenuhi kebutuhan pacarmu yang ekstra sibuk!

3. Meskipun sangat mudah dibuat, rasa sedap Onigiri Tuna Mayo ini tidak mudah untuk dilupakan

imgp6746

Nasi kepal atau onigiri yang sering kamu lihat di komik, animasi atau film asia adalah salah satu contoh bekal yang praktis namun memiliki kandungan gizi yang nggak kalah sama makanan full course. Sekarang kamu juga bisa membuat onigiri sendiri buat kekasihmu.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 400 gram nasi
  • 40 gram tuna kalengan
  • 2 sendok teh mayonaise
  • nori atau lembaran rumput laut (sudah banyak dijual di swalayan)
  • Garam secukupnya

 Cara memasaknya onigirinya: 

  • Tiriskan tuna kalengan dari minyak atau air rendamannya, lalu campurkan dengan mayonaise dan aduk hingga rata.
  • Bagi nasi menjadi empat bagian. Masukkan satu bagian nasi (100 gram) ke dalam sebuah mangkuk kecil. Masukkan sekitar 1 sdm tuna ke tengah-tengah bagian nasi.
  • Basahi kedua tanganmu, atau lumasi dengan sedikit mayonaise, setelah itu taburi dengan sedikit garam.
  • Balik mangkuk nasi itu ke atas tanganmu. Tekan nasi tersebut dan bentuk menjadi bola lalu tekan lagi menjadi bulatan pipih setebal kira-kira 3 cm di antara kedua tanganmu.
  • Gunakan kedua tanganmu untuk membentuk bola pipih itu menjadi segitiga.
  • Bungkus onigiri tersebut dengan lembaran nori. Masukkan ke dalam kotak bekal, sebagai lauk pendamping sandingkan dengan telur dadar dan salad buah.

Berikan pada dia agar lebih semangat melalui harinya. Onigiri tuna mayo ini gampang banget buat disantap, nggak repot dan belepotan tapi pas mengisi perut. Selain tuna mayo kamu juga bisa mengganti isinya dengan isi-isi lain yang kamu suka seperti abon, daging atau sosis.

4. Hadiahi dia dengan Omurice atau nasi goreng gulung telur yang mengingatkannya pada masakan rumah dalam kotak bekal sederhana.

bento-12-02-13a

Omurice alias omelet rice adalah salah satu bekal dengan cita rasa fushion yang bakal bikin pacarmu terpana. Karena rasanya bagaikan masakan rumah yang dirindukan namun tampilannya unyu menggugah selera bagaikan hidangan restoran. Nasi goreng gulung telur ini juga mudah untuk dibuat dan rasanya nggak kalah nikmat.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram Nasi putih
  • 50 gram ayam cincang
  • garam dan lada secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • daun bawang cincang secukupnya
  • 1 buah cabai merah
  • 2 butir telur untuk membuat omelete
  • 1 butir telur untuk dimasak bersama nasi
  • Mentega secukupnya

Cara membuat omuricenya:

  • Cincang halus bawang merah, bawang putih dan cabai merah.
  • Panaskan margarin untuk menumis potongan bawang merah, bawang putih dan cabai tadi hingga harum.
  • Kemudian masukkan satu telur kocok, ayam cincang dan nasi putih. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Beri garam dan lada aduk kembali hingga rata.
  • Sisihkan nasi yang sudah digoreng. Berikutnya kamu akan memasak omelete sebagai ‘selimut’ nasi gorengmu.
  • Buat telur dadar tipis dari dua butir telur kocok, setelah matang angkat. Letakkan nasi goreng yang sudah kamu masak sebelumnya di tengah omelete tersebut.
  • Bungkus nasi gorengnya seperti sedang menggulung lumpia. Setelah tergulung rapi, hiasi omurice-mu dengan saus tomat.

Tata dalam kotak bekar dan hiasi dengan potongan sayur, tomat dan buah. Terbukti kan, kalau kamu juga bisa menghidangkan makanan a la drama-drama asia buat si dia yang kamu sayang.

5. Sushi roll dengan isi favorit pilihan dia bisa membuatnya tambah sayang sama kamu yang pengertian.

DSC_5271.NEF

Sushi roll, nasi gulung khas Jepang ini juga cocok buat kamu jadikan bekal yang akan dipersembahkan kepada yang tersayang. Selain membuatnya kenyang, dia juga bakal kagum sama kemampuanmu membuat makanan sekelas sushi. Meskipun terlihat rumit namun sebenarnya proses membuatnya sangat gampang!

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 100 gram beras biasa
  • 50 gram beras ketan
  • 4 lembar nori
  • cuka secukupnya
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm air
  • Mentimun
  • Wortel rebus
  • 1 butir telur, dadar
  • Ayam fillet/tuna/sosis/kani terserah selera kamu

Cara untuk membuatnya:

  • Siapkan semua bahan isian sushi, potong-potong wortel dan timun memanjang. Potong-potong juga ayam fillet/sosis/kani memanjang agar mudah saat digulung dalam sushi nanti.
  • Buat campuran air, gula, garam dan cuka aduk hingga tercampur merata.
  • Masak nasi dari campuran beras biasa dan beras ketan. Setelah matang tuang larutan gula garam yang sudah kamu buat sebelumnya ke dalam nasi dan aduk hingga mengenai seluruh bagian nasi. Bagi nasi menjadi empat.
  • Gelar makisu atau tikar sushi di atas permukaan meja yang rata, lapisi dengan plastik bening. Gelar lembaran nori di atas plastik tadi dan kemudian sebarkan satu bagian nasi di atas nori hingga hampir seluruh permukaannya tertutup.
  • Letakkan bahan isian yang sudah kamu siapkan tadi, meliintang di salah satu ujung nasi, setelah itu dengan bantuan makisu, gulung sushi-mu seketat mungkin hingga seluruh lembaran nori menutup menjadi satu gulungan sushi.
  • Ulangi hingga semua bahan terpakai. Potong-potong sushi tersebut dan tata dalam kotak bekalmu.
  • Sebagai hiasan dan pendamping, sertakan juga tomat cherry, potongan timun dan wortel, telur dadar atau sosis goreng yang dipotong membentuk bunga.

Sudah jadi deh, sushi roll kreasimu. Bekal sushi roll selain mudah disantap juga memberi kesan keren dan kekinian. Seolah makan makanan restoran Jepang, padahal cuma kamu buat sendiri dengan penuh perasaan.

Ternyata untuk menunjukkan perhatian dan rasa cinta kepada si dia nggak selalu harus dengan memberikan benda-benda yang mahal lho. Hadiah kecil dan sederhana seperti bekal makanan juga bisa membuat hubunganmu dan pasangan semakin dekat. Persembahan yang dibuat dengan usaha keras sendiri bahkan bisa membuat nilainya lebih tinggi daripada sesuatu yang dengan mudah kamu beli.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya