Sebagai anak muda yang selalu mengikuti tren terbaru, nggak salah kalau kamu menggandrungi sepatu sneakers. Selain nyaman dipakai, sepatu ini juga bisa dikenakan di berbagai momen mulai dari kuliah, olahraga, bahkan untuk sekadar mejeng ke mall. Harga sneakers yang rata-rata nggak murah juga bisa memunculkan gengsi tersendiri buat yang memakainya.

Saking banyaknya peminat sneakers, banyak bermunculan tiruan dari merek aslinya. Mulai dari KW super, Premium Quality, sampai Grade Ori yang istilahnya sering banget dimainkan oleh penjual. Begitu pula dengan kondisi sneakers dari BNIB hingga BNWB. Kalau kamu nggak ingin salah tangkap mengira sneakers tiruan adalah yang asli, mendingan kamu simak uraian Hipwee Tips berikut ini sampai selesai deh!

1. Cek harganya! Kalau ada sneakers merk mahal tapi harga anjlok, sudah bisa dipastikan tiruan tuh…

Ini harga dalam dollar lho, Guys. via nightriderlisa.bravejournal.com

Advertisement

Rata-rata harga sneakers memang nggak murah, tentunya kamu harus banyak meriset tentang harga sneakers yang kamu inginkan. Merk sekelas Nike, Adidas, hingga New Balance dibanderol dengan harga Rp350 ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung tipe sepatu dan kondisinya. Jadi kalau kamu beli sepatu sneakers seharga Rp50-100 ribuan, hampir bisa dipastikan KW tuh…

2. Pahami istilah dagang yang digunakan penjual. Mulai dari Original, Grade Ori, Premium, BNIB, BNWB dan lain-lain

Dijual tanpa box atau dengan box? via www.latmosherakleia.com

Sebenarnya hanya ada dua jenis sepatu sneakers, kalau nggak asli ya palsu. Namun sering kali pedangan memainkan istilah KW agar kedengaran lebih enak. Penjual yang menjual barang asli akan sering menggunakan kata Original, BNIB (Brand New In Box), BNWB (Brand New Without Box), hingga BNOB (Brand New Open Box). Original BNIB adalah barang asli yang sama sekali belum dikeluarkan dari kardusnya, gress dari pabrik. Sedangkan Original BNWB adalah barang asli yang dijual tanpa kardus, biasanya sih sneakers jenis ini dihargai lebih murah. Berbeda lagi dengan Original BNOB yang merupakan sepatu asli yang sudah dikeluarkan dari kardusnya atau tidak dalam keadaan tersegel.

Selain ketiga istilah di atas meski mau dibilang Grade Ori, Premium Quality, KW Super, Replika, dan lain-lain hanyalah sebuah istilah untuk memperhalus barang tiruan. Selain itu istilah Preloved dan Second dipakai untuk sepatu sneakers kondisi tidak baru. Gimana, sudah dapat pencerahan?

3. Belanja di toko yang sudah terpercaya menjual barang asli. Kalau bisa sih langsung ke outlet resminya

Terjamin kalau begini~ via www.resortsworldbirmingham.co.uk

Advertisement

Kalau nggak mau sangsi beli di toko online yang belum tentu terpercaya, pergilah ke toko atau outlet resmi yang menjual sneakers. Meskipun hampir dipastikan harganya sedikit lebih mahal dari yang ditawarkan secara online, kamu sudah bebas PR untuk meragukan barang yang kamu beli itu asli atau tiruan.

4. Cek label dan barcode serinya. Cocokan dengan yang tercantum di kardus dan situs resmi brand sneakers yang kamu beli

Langsung cek deh! via melo.in-tandem.co

Kalau sudah cek label dan barcode-nya, sudah bisa dipastikan nih soal keaslian atau tiruannya . Pertama cocokan nomor seri yang tercantum di lidah sepatu dengan yang tertera di kardus. Setelah kamu yakin keduanya sama, kunjungilah situs resmi penyedia sneakers yang kamu beli.

5. Perhatikan material sepatu mulai dari solnya, hingga bahan pembuatnya. Kalau sudah paham pasti tau banget bedanya deh

Tuh, kan beda. via today.line.me

Sepatu asli dengan harga yang cukup bikin pusing rekening memang menjanjikan bahan yang lebih bagus dibanding seri tiruannya. Lihat deh solnya, kalau sepatu tiruan seringnya pakai karet mentah yang warnanya kuning kecoklatan. Pola pada solnya pun berbeda dengan sneakers asli yang ditawarkan. Sebelum membeli, nggak ada salahnya kamu riset kecil-kecilan buat mengetahui seperti apa rupa asli dari sepatu yang kamu inginkan.

Nggak usah khawatir, kalau kamu pecinta sneakers yang anti membeli barang tiruan lambat laun kamu juga memahami mana yang asli dan mana yang tiruan hanya dengan sekali lirik aja kok, aaking hafalnya dengan bentukan dan material sepatu. Kalau sekiranya uang saku masih kurang untuk beli yang asli, lebih baik kamu beli produk dalam negeri tapi tetap yang asli kan? Hitung-hitung mendukung produk UKM dalam negeri. Kulitas yang ditawarkan juga bisa bersaing dan bahkan sama bagusnya kok! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya