5 Hikmah Puasa Ramadhan, Kamu Wajib Tahu!

Bulan Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat Islam, di mana sebagian besar kaum muslim menjalankan puasa selama 30 hari. Ada banyak hikmah puasa Ramadan yang akan kamu dapatkan apabila menjalankannya dengan ikhlas karena Allah SWT.  

Advertisement

Sederet hikmah puasa Ramadan yang bisa kamu dapatkan, antara lain :

1. Meningkatkan ketakwaan

Puasa adalah ibadah dengan menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang dapat membatalkannya mulai masuk Subuh hingga Maghrib.  Dengan berpuasa, Kamu dapat menaikan derajat ketaqwaan terhadap Allah SWt. 

Saat berpuasa, artinya kamu telah melakukan salah satu perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. 

Advertisement

2. Lebih qanaah

hikmah puasa ramadhan

Ibadah | Foto oleh Rock Rie dari pexels.com

Qanaah artinya menerima takdir yang telah Allah berikan. Allah memerintahkan umat-Nya untuk menahan diri dari rasa lapar ketika berpuasa, padahal tidak ada larangan di hari lain. 

Dengan mematuhi perintah ini, artinya kamu menerima ketentuan yang Allah berikan dengan ikhlas dan merasa cukup atas kesempatan yang Allah berikan. 

Advertisement

Selain itu, kamu pun dapat belajar untuk perlahan-lahan meninggalkan kesenangan duniawi yang selama ini biasa dilakukan. 

3. Dapat mengontrol hawa nafsu

Setelah mengucapkan niat puasa Ramadan dari dalam hati, artinya kamu bersedia untuk menjalankan ibadah dan mengontrol hawa nafsu. Kemudian, memperbanyak melakukan hal-hal positif dan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. 

4. Dapat berempati dengan orang lain

hikmah puasa ramadhan

Berempati | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Keutamaan puasa lainnya adalah melatih rasa empati kepada orang lain. Berpuasa menahan lapar dan haus dapat membuatmu mengetahui bagaimana rasanya menjadi fakir yang kelaparan. 

Oleh karena itulah, Rasulullah mengajarkan umat manusia untuk saling berbagi kepada sesama ketika bulan Ramadan. 

5. Allah melipatgandakan pahala

Tahukah kamu? Setiap kali melakukan ibadah sholat wajib di bulan Ramadan, Allah akan melipatgandakan pahala 70 kali lipat. Terlebih lagi jika kamu melakukan kebaikan lainnya. Berapa kiranya pahala yang akan kamu dapatkan dalam satu bulan? 

Hakikat berpuasa adalah hidup lebih sederhana, makan secukupnya, namun ibadah sebanyak-banyaknya. 

Hukum puasa wajib bagi semua umat Islam yang sudah baligh, serta berakal dan sehat jasmani dan rohani. Karena wajib, maka akan berdosa jika kamu meninggalkannya. 

Oleh karena itu, jika tidak ada halangan lebih baik tidak meninggalkan ibadah wajib ini, agar dapat merasakan hikmah puasa Ramadan. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE