Ada yang tahu daun kelor? Kalau di negeri kita, daun kelor diidentikkan dengan hal gaib atau mistis lantaran kerap dimanfaatkan untuk mengusir roh jahat. Padahal, daun kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan yang kaya antioksidan, protein, karotenoid, potasium, vitamin, dan senyawa lain yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan untuk mengonsumsinya karena khasiat daun kelor yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, pun ampuh mengobati berbagai penyakit.

Daun kelor memang sulit ditemui kecuali kamu ke pasar tradisional. Nah, kalau kamu pengen mengolah daun kelor jadi santapan lezat, berikut Hipwee Tips berikan beberapa inspirasi resepnya.

1. Nggak cuma bayam aja yang bisa dibikin sayur bening, daun kelor pun sama enaknya

sayur bening daun kelor via cookpad.com

Advertisement

Bahan-bahannya:

  • 1 mangkuk daun kelor yang udah dipetik
  • 2 buah jagung, pipil
  • 5 butir bawang putih, memarkan
  • 5 cm kunci, memarkan
  • Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuatnya:

Advertisement
  1. Masak air hingga mendidih lalu masukkan bawang putih, kunci dan garam.
  2. Masukkan jagung, masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan daun kelor dan masak sampai semua bahan matang. Tambahkan gula dan kaldu bubuk.
  4. Angkat dan sajikan.

Sumber: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3758151/resep-sehat-sayur-bening-daun-kelor-dan-jagung-super-sedap

2. Resep mudah lainnya adalah Tumis Kelor Saus Tiram, mirip-mirip kayak bikin tumis kangkung

tumis dain kelor via uniek88.wordpress.com

Bahan-bahannya:

  • 1 ikat daun kelor
  • 2 butir bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris
  • 1 sdm saus tiram
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya:

Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai merah, masukkan daun kelor. Tambahkan garam, saus tiram dan sedikit air. Masak hingga matang dan angkat.

Sumber: https://uniek88.wordpress.com/2017/02/04/tumis-daun-kelor-saus-tiram/

3. Sekarang kita coba bikin masakan kuno khas Bali yang juga pakai daun kelor sebagai bahan utamanya. Namanya jukut roroban kelor

jukut roroban kelor via cookpad.com

Bahan-bahannya:

  • 1 ikat daun kelor, rebus dan sisihkan
  • 1/2 butir kelapa, parut
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 liter air

Bumbu-bumbunya:

  • 8 buah bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 4 buah cabai rawit
  • 1/4 ruas lengkuas
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1/2 ruas kencur
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdm garam
  • 2 helai daun salam

Cara membuatnya:

  1. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam. Tambahkan sedikit minyak.
  2. Rebus air sampai mendidih bersama kelapa parut. Masukkan bumbu halus.
  3. Terakhir masukkan daun kelor, masak sampai matang.

Sumber: http://resepkunomasakanbali.blogspot.com/2010/05/jukut-meliklik.html

4. Telur dadar kalau ditambahkan daun kelor nggak hanya protein saja yang didapat, tapi gizi lainnya juga

telur dadar daun kelor via www.tofome.me

Bahan-bahannya:

  • 3 butir telur ayam
  • 3 batang daun kelor
  • 3 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 3 butir cabai merah
  • 1 ruas jahe
  • Garam dan minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Haluskan daun kelor, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan jahe.
  2. Pecahkan telur dan aduk rata dengan bumbu halus.
  3. Goreng dadar hingga matang lalu angkat.

Sumber: http://olahandaunkelor.blogspot.com/

5. Daun kelor juga bisa banget lo dibikin peyek yang renyah. Pas buat camilan atau teman makan dengan nasi hangat

peyek daun kelor via food.detik.com

Bahan-bahannya:

  • 100 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka
  • 1/2 butir telur
  • 5 helai kelor
  • 3 sdm air kapur sirih
  • 3 helai daun jeruk
  • 150 ml santan
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu-bumbunya:

  • 2 butir bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung beras, tepung tapioka dan bumbu yg dihaluskan.
  2. Masukkan telur, air kapur sirih, dan santan. Aduk rata.
  3. Panaskan minyak, masukkan adonan per sendok sayur.
  4. Goreng hingga kecokelatan, peyek pun siap disajikan.

Kalau kamu berkesempatan untuk membeli atau memetik daun kelor langsung dari tanamannya, sontek ide resep di atas langsung deh buat mengolahnya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya