Ketika siklus menstruasi tiba, rasanya memang menyebalkan. Perut kram, kembung, badan pegal-pegal dan kepala pusingnya minta ampun. Tak jarang keluarga kita pun menjadi sasaran kemarahan yang suka datang tiba-tiba. Sehingga saat siklus menstruasimu tiba seluruh anggota keluarga mendadak jadi menjaga jarak denganmu karena enggan kena getahnya.

Meskipun PMS kadang menyiksa, tahukah kamu bahwa sebenarnya siklus hormonal ini sebenarnya bisa diatasi dengan baik sehingga kamu nggak akan merasa jengkel dan sebal sepanjang waktu. Caranya mudah lho, cukup dengan mengontrol apa saja yang kamu makan selama PMS berlangsung.

Menghadapi menstruasi perlu tubuh yang terhidrasi. Konsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air dan serat supaya tidak dehidrasi.

Makanan yang sehat membuat jiwa menjadi tenang via flashwallpapers.com

Advertisement

Ketika menstruasi, kita perlu memperhatikan kondisi tubuh lebih ekstra dari biasanya. Dan tubuh akan lebih mudah dehirdrasi karena kita lebih banyak mengeluarkan cairan pada saat menstruasi. Untuk tetap menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, sebaiknya kamu makan sayuran dan buah yang mengandung banyak cairan serta serat seperti timun, jeruk, semangka dan anggur. Selain kaya akan serat, buah yang mengandung banyak serat juga akan ikut membantu dalam pengaturan cairan dalam tubuh sehingga nyeri haid pun dapat teratasi.

Perubahan hormonal ketika menstruasi membuat kulit wajah menjadi lebih berminyak dan kadang muncul jerawat tak terduga. Sayuran berwarna gelap dapat membantumu melaluinya.

Sayuran berdaun gelap. via sharingdisini.com

Sayuran yang berdaun gelap seperti bayam, brokoli dan sawi mengandung banyak vitamin A yang berperan dalam mengatur kelembaban kulit. Dan buah-buahan berdaging kuning seperti nanas, nangka dan labu dapat menjaga kadar minyak dalam kulit akibat perubahan hormonal yang terjadi pada saat menstruasi. Jadi nggak akan ada lagi wajah penuh minyak dan berjerawat ketika menstruasi tiba. Kulit wajah sehat dan terawat pun akan kamu dapatkan.

Ketika perut nyeri tak tertahankan karena kram, secangkir teh beraroma mint dan jahe ampuh membuatnya tidak lagi meronta.

Minum teh via cowbird.com

Yang terjadi ketika kamu mengalami kram perut sebenarnya adalah otot-otot dalam rahimmu mengencang dan hendak kembali ke ukuran semula. Karena pada saat masa suburmu, rahim melebar dan mempersiapkan dirinya untuk menyambut kehamilan. Dan ketika tidak terjadi kehamilan, maka dinding rahim akan luruh dan kembali ke ukuran semula.

Advertisement

Saat kram perut terjadi, pertolongan yang dapat kamu lakukan pada dirimu sendiri adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat, serta minum teh beraroma mint atau jahe karena dapat menghangatkan perut sehingga rasa sakitmu akan teralihkan.

Tapi ingat, hindari minum kopi secara berlebihan. Karena kopi dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan bisa dipastikan kram perutmu akan semakin menjadi-jadi. Jika minum kopi dapat membantumu lebih rileks, pastikan untuk tidak minum lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya selama kamu menstruasi.

Menstruasi menyebabkan perubahan suasana hati yang tidak menentu, kamu butuh makanan yang mengandung serotonin agar bisa mengontrol perubahan emosi itu.

Emosi terkontrol, pasangan jadi nggak kena imbasnya deh via www.efektips.com

Serotonin itu apa sih? Serotonin adalah hormon yang dipercaya sebagai sumber rasa nyaman dan senang. Ketika menstruasi, produksi hormon serotonin mengalami fluktuasi yang tidak menentu sehingga berpengaruh pada suasana hatimu. Inilah sebabnya mengapa kamu selalu marah-marah nggak jelas ketika menstruasi berlangsung, karena tubuh tidak memproduksi hormon serotonin dalam jumlah cukup sehingga kamu selalu merasa nggak nyaman dan bete sepanjang hari.

Perlu dicatat, meskipun produksi hormon serotoninmu lagi naik turun ketika menstruasi, kamu masih bisa mendapatkan makanan yang membantu produksi serotonin. Makanan-makanan itu adalah kacang-kacangan dan telur. Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, edamame, dan kacang hijau adalah salah satu contoh makanan sederhana penghasil serotonin. Jika kamu mengonsumsi dalam jumlah cukup, maka badmood akan pergi jauh-jauh dan kamu bisa melalui masa menstruasi dengan bahagia.

Nyeri dan pegal di bagian-bagian tubuh tertentu tidak akan menghampiri jika makanan yang kaya omega 3 yang jadi kudapanmu

Nggak pegal-pegal lagi yeeey! via reactiongif.org

Pernah nggak sih kamu merasa pegal dan nyeri di bagian tubuh tertentu seperti persendian? Nah, untuk mengurangi ‘siksaan’ ketika tamu bulanan datang, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat omega 3 seperti lele, salmon, dan tuna. Jangan lupakan juga buah alpukat yang mengandung magnesium.

Omega 3 memiliki sifat antidepresan, sehingga akan mengurangi tingkat stress saat menstruasi tiba. Selain itu zat omega 3 juga berperan penting dalam membantu penyerapan vitamin ke dalam tubuh. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sirkulasi darah dan pembekuan darah.

Menstruasi bukanlah sebuah hal yang menyebalkan. Jika kita mengerti bagaimana untuk mengatasi, perkara mengenai menstruasi pastinya tidak akan terjadi. Selamat mencoba! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya