Ketika kamu pengen nyoba bikin usaha, maka bisnis kuliner adalah salah satu yang bisa diandalkan. Selain menyumbang keuntungan yang besar, ada banyak pilihan kuliner yang bisa dijadikan ladang bisnis. Apalagi di era sekarang, di mana banyak sekali ragam kuliner yang dikreasikan dengan berbagai olahan yang unik yang menarik. Kalau kamu nggak pintar berimprovisasi, calon pembeli juga nggak bakal tertarik-tertarik amat dengan menu yang kamu sajikan.

Nah, untuk menarik minat calon pembeli, gimana kalau kamu coba sajikan menu jajanan dari luar negeri? Berikut Hipwee beri panduan resep beberapa menu jajanan yang khas dari luar negeri, khususnya dari negara-negara Asia yang seleranya nggak jauh beda dengan lidah Indonesia.

1. Pilihan pertama adalah Portuguese Egg Tart, camilan khas Macao dari pastry berbentuk mangkuk kecil dengan isian custard telur dan lapisan karamel di atasnya, asli enak banget!

Portuguese Egg Tart via www.instagram.com

Advertisement

Camilan yang jadi salah satu warisan kuliner Macao ini didatangkan langsung dari bangsa Portugis. Kelihatannya emang mewah, tapi cara bikinnya gampang kok!

Bahan:

  • 2 lembar puff pastry siap pakai, potong bentuk bulat
  • 250 ml susu cair, didihkan
  • 150 gram gula pasir
  • 125 ml air
  • 30 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung maizena
  • 1 butir telur, ditambah 2 buah kuning telur
  • 2 batang kayu manis
  • 1 sdt vanila
  • 1 sdm air jeruk lemon

Bahan taburan:

  • 3 sdm gula bubuk
  • 3 sdm kayu manis bubuk

Begini cara membuatnya:

  1. Panaskan oven dulu 180 derajat.
  2. Siapkan loyang alumunium bulat, olesi minyak hingga rata lalu taruh puff pastry, tekan-tekan hingga dinding loyang tertutup.
  3. Campur adonan fla, aduk hingga rata, lalu tuang dalam puff hingga penuh.
  4. Panggang selama 30 menit hingga mengembang dan matang, taburi dengan gula dan kayu manis bubuk lalu panggang lagi hingga agak sedikit gosong. Angkat dan sajikan.

2. Pilihan kedua adalah Takoyaki, camilan yang terbuat dari tepung  dengan isian daging cumi, gurita atau tuna khas Jepang yang menggugah selera

Takoyaki via dc.eater.com

Biar Takoyaki yang kamu masak jadi lezat, pastikan untuk memakai bahan yang berkualitas dan cetakan khusus takoyaki yang tepat, ya!

Advertisement

Bahan adonan tepung:

  • 150 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam
  • 200 ml kaldu ayam cair
  • 1/2 sdt baking powder
  • Garam, air dan minyak goreng secukupnya

Bahan isian:

  • 100 gram daging cumi, gurita atau tuna (kukus dulu lalu iris kecil-kecil)
  • Bunga kol, iris halus
  • 1 batang daun bawang, cincang halus
  • Kaldu bubuk
  • Saus takoyaki, mayones, saus sambal atau saus tomat untuk pelengkap

Cara membuatnya mudah:

  1. Campur tepung terigu, telur ayam, baking powder dan garam secukupnya. Aduk rata lalu tuang kaldu ayam sedikit demi sedikit hingga adonan cukup encer.
  2. Untuk bahan isian, tumis daging cumi, bunga kol, daun bawang, dan kaldu bubuk hingga harum.
  3. Panaskan cetakan, beri minyak, lalu tuang adonan takoyaki hingga setengah dari kedalaman lubang cetakan, masukkan isian secukupnya dan tuang lagi adonan hingga lubang cetakan penuh.
  4. Masak takoyaki hingga bagian bawah matang dan bagian atasnya mengembang. Balik takoyaki dengan hati-hati hingga bentuknya jadi bulat.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan saus takoyaki, mayones, dan saus sambal atau tomat.

3. Kue leker mah sudah biasa, coba deh kamu tawarkan Khanom Buang, kue leker khas Thailand dengan topping yang lebih unik dan beragam

Khanom Buang via en.wikipedia.org

Uniknya, Khanom Buang ini nggak pakai tepung terigu biasa, tapi dicampur dengan kulit telur yang dihancurkan lho!

Bahan-bahannya:

  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung kacang hijau
  • 150 gram gula pasir
  • 125 ml air
  • 1 buah telur
  • 1 buah kulit telur
  • 1/2 sdt cokelat bubuk
  • Parutan kelapa muda untuk topping

Bahan meringue:

  • 3 butir telur
  • 1/2 mangkuk gula pasir

Cara bikinnya hampir mirip bikin leker:

  1. Hancurkan kulit telur sampai halus, lalu campur dengan air. Sisihkan.
  2. Untuk adonan kulit, campur tepung beras, tepung kacang hijau, gula pasir, telur, cokelat bubuk dan air hasil campuran kulit telur. Kocok hingga mengembang.
  3. Untuk meringue, kocok putih telur dan gula hingga berbusa dan menjadi krim kental. Sisihkan.
  4. Siapkan teflon, tuang satu irus adonan, biarkan hingga sedikit kering, lalu tuang meringue dan kelapa muda diatasnya. Biarkan matang. Lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

4. Kuliner khas Macao lainnya yakni Bacalhau, camilan ringan dari ikan cod yang diasinkan. Pas buat yang suka jajan ikan-ikanan nih!

Bacalhau via food-touring.com

Bacalhau adalah istilah untuk ikan cod yang sudah dikeringkan dan diasinkan. Kalau kamu tertarik membuatnya, ikuti cara di bawah ini ya!

Bahan-bahannya:

  • 500 gr Bacalhau, atau bisa diganti dengan tuna
  • 500 gr kentang, potong bentuk balok
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 2 buah bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 4 sdm minyak zaitun
  • 8 siung bawang putih, iris tipis
  • 6 buah bawang merah, iris tipis
  • 200 gr bawang bombai, iris tipis
  • 1 sdt merica halus
  • 1 sdt garam
  • 5 butir telur, kocok
  • Minyak zaitun secukupnya

Cara memasaknya:

  1. Goreng kentang setengah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Lumuri ikan dengan jeruk nipis, bawang putih, garam, dan jahe hingga rata. Lalu kukus hingga matang. Suwir-suwir dan sisihkan.
  3. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih, dan bawang merah sampai harum. Tambahkan bawang bombai dan merica halus, aduk rata.
  4. Masukkan ikan dan kentang. Aduk sebentar. Masukkan telur kocok, diamkan sebentar agar telur sedikit menggumpal bersama masakan, lalu aduk-aduk hingga matang.
  5. Jika kamu suka pedas, sajikan Bacalhau ini bersama saos sambal pedas botolan.

5. Mirip dengan pancake atau wafel, Bungeoppang khas Korea berbentuk ikan yang berisi kacang merah manis

Bungeoppang via matome.naver.jp

Terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan wajan khusus berbentuk ikan agar Bungeoppang-mu mirip dengan yang aslinya, ya!

Bahan-bahan:

  • 1 mangkuk tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 cup dan 2 sdm air
  • 1 sdm minyak sayur
  • Bubur kacang merah untuk isian (bisa olah sendiri atau beli kalengan)

Cara membuatnya:

  1. Campurkan tepung, garam, soda kue, dan gula pasir dalam mangkuk. Tambahkan air, lalu aduk rata. Saring adonan agar terbebas dari gumpalan.
  2. Panaskan wajan Bungeoppang dengan api kecil, olesi bagian dasar dan bagian penutup wajan dengan minyak.
  3. Tuangkan adonan hingga 1/3 bagian, tambahkan kacang merah di bagian tengah, lalu tuang lagi adonan hingga penuh agar kacang merah tertutup.
  4. Tutup cetakan, lalu masak pada satu sisi dengan api kecil selama 3 menit.
  5. Balik cetakan, lalu masak lagi pada sisi yang lain selama 3 menit. Lalu balik lagi, buka cetakan, dan masak selama 30 detik. Hingga matang. Angkat dan sajikan.

6. Terakhir kamu bisa bikin Serradura, kuliner khas Macao yang merupakan perpaduan citarasa Tionghoa dan Portugis. Rasanya wow di lidah!

Serradura via matome.naver.jp

Serradura sendiri artinya bubuk gergaji. Terbuat dari beberapa lapis remah-remah biskuit yang diselingi dengan puding lembut dari susu. Asal jajanan ini adalah dari Portugis namun sangat hits di Macao.

Bahan-bahannya:

  • 500 ml whipping cream cair
  • 80 ml susu kental manis
  • 3 sdm sirup hazelnut (atau sirup lain sesuai selera)
  • 200 gram biskuit marie, hancurkan

Cara bikinnya gampang banget!

  1. Siapkan toples-toples mungil atau gelas-gelas kecil.
  2. Kocok whipping cream, susu kental manis, dan sirup hingga mengental. Masukkan ke dalam kantung spuit, simpan sebentar dalam kulkas.
  3. Ratakan biskuit marie di dasar toples, semprotkan krim sampai setengah tinggi toples, tabur lagi biskuit marie di atasnya, lalu semprot lagi krim hingga hampir penuh. Terakhir bubuhkan sedikit biskit marie, lalu hias dengan buah-buahan jika suka.

Nah, kalau kamu berani mencoba resep-resep jajanan luar negeri ini, bisa jadi bisnis kulinermu bakal ramai pengunjung. Karena yang jarang disajikan di pasaran, itulah yang diminati pelanggan. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya