Ouch, jerawat!

Bagi sebagian besar orang, kemunculan jerawat adalah bencana. Penampilan yang tadinya paripurna pun berganti seketika, hanya karena bentol kecil nan mengganggau ini. Tahukah kamu bahwa jerawat bisa muncul kapan dan di mana saja? Bukan karena pola makan atau keturunan saja, tapi juga ketidakstabilan hormon yang terjadi tiba-tiba. Ibaratnya, jerawat adalah tamu tak diundang, tapi terus-menerus datang. KZL. ZBL!

Advertisement

Tapi tenang. Ada kok pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan jika penganggu kecil ini datang, agar segera kempis dan tidak meradang. Kira-kira apa saja, ya?

1. Cuci muka dulu! Ini berfungsi untuk meyegarkan pori-pori wajah, supaya jerawat nggak makin begah

cuci muka dulu

cuci muka dulu via fitnesskites.com

Kunci dari wajah yang sehat dan berseri adalah rutinnya mencuci muka setiap 2 kali sehari. Segala macam debu dan bakteri yang menempel di wajah pun akan tersingkir jika kamu melakukan ritual cuci muka ini secara teratur. Apalagi jika wajahmu rentan berjerawat, rajin cuci muka adalah solusi terbaiknya.

Sebelum mengoleskan gel jerawat atau obat-obatan lain untuk wajah pun kamu diwajibkan untuk mencuci muka dulu, agar kondisi wajahmu ‘siap’ untuk menerima pengaruh dari obat-obatan tadi.

2. Jika tiba-tiba muncul kemerahan di wajah dan berpotensi menjadi jerawat, mengompresnya dengan es batu adalah tindakan yang paling tepat

kompres pakai es

kompres pakai es via fitandhappy.com

Advertisement

Ketika pertama kali muncul ‘biang keladi’ satu ini diwajahmu, sebaiknya kamu jangan galau dulu. Ada es batu yang berfungsi sebagai pengempis alami jerawat, sehingga kemerahannya pun berkurang. Efek dingin yang dihasilkan ini juga dapat menyegarkan pori-pori wajah di sekitar jerawat, sehingga ukurannya tidak makin membesar.

Cuci dulu tanganmu sebelum menempelkan es batu ke jerawatmu, ya.

3. Oleskan segera obat jerawat di bagian yang terkena. Nggak punya? Beli lah!

oleskan segera acne gel

oleskan segera acne gel via arithmeticproducts.com

Mau tidak mau, kamu tetap membutuhkan yang namanya gel atau obat jerawat. Ini cara paling ampuh untuk mengempiskan jerawat secara instan, bahkan dalam waktu kurang dari 24 jam. Kandungan salicylic acid dan acne botanical formula yang biasanya terdapat pada gel jerawat ini sangat ampuh untuk membabat habis jerawat.

Di supermarket juga sudah banyak menjual berbagai varian gel dan obat jerawat, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Usahakan pilih yang tak mengandung alkohol supaya tidak perih dan menambah kemerahan.

Kalau kamu punya cukup dana, belilah obat jerawat yang agak mahal atau direkomendasikan dokter, agar jerawatmu bisa kempis dalam waktu kurang dari 24 jam!

4. Kalau nggak ada, bawang putih atau lidah buaya adalah penggantinya

lidah buaya atau bawang putih

lidah buaya atau bawang putih via fitandhappy.com

Salah satu keunggulan bahan alami untuk merawat wajah adalah, hasilnya yang permanen dan tidak menyebabkan ketergantungan. Meski tidak seketika sembuh, jerawatmu akan perlahan pudar lengkap dengan bekas-bekasnya yang membandel.

Tak perlu kerepotan, kamu hanya butuh satu buah bawang putih yang telah dicuci bersih atau lendir lidah buaya untuk kemudian dioleskan pada bagian yang berjerawat. Jika dilakukan rutin setiap hari, jerawatmu yang merah dan besar akan berangsur hilang, bahkan enggan untuk kembali lagi berkat kandungan allicin dan organisulfur pada bawang putih.

5. Madu, bahan alami yang juga terkenal sebagai anti radang dan pencegahan bakteri

balurkan madu sebagai obat alami

balurkan madu sebagai obat alami via helenacaesar.com

Di sini, yang kamu butuhkan adalah madu alami yang sedikit mengandung kadar gula. Oleskan saja pada jerawat yang mulai memerah, lalu basuh pakai air hangat dengan handuk bersih. Lakukan rutin selama 3-5 hari, maka jerawatmu akan kempes dengan sendirinya.

Kalau mau tahu detail lengkapnya, kamu bisa cek di video ini, ya!

Semoga tips tadi membantumu untuk mengobati jerawat, ya! Jangan lupa, share di kolom komentar tentang pengalaman wajah berjerawatmu 🙂 Cheers!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya