Apa aja nih yang udah kamu siapkan demi menyambut bulan puasa? Stok makanan olahan dan cepat saji, serta aneka bumbu instan di lemari makanan? Termasuk juga susu, vitamin, dan kebutuhan serat? Lebih dari itu, siap-siap juga kalau kelembaban kulitmu bakal berkurang memasuki bulan Ramadhan nanti.

Kulit kering seringkali disebut sebagai masalah utama pada kulit ketika berpuasa. Perempuan pasti merasa risih banget kan kalau soal yang ini? Apalagi kulit muka, duh! Bisa-bisa percaya diri menyusut dan jadi males keluar rumah.

Bukan cuma itu, kekeringan pada kulit akan membuat tampilan tampak kusam dan kurang segar. Nggak mau kan? Nah, melalui artikel ini, Hipwee bakal ngasih bocoran buat kamu, apa aja sih resep dari bahan-bahan alami nan masuk akal yang bisa melembabkan kulitmu selama berpuasa? Simak yuk!

1. Padukan oatmeal dengan madu. Semoga nuansa sendu tak lagi menghias wajahmu yang kering itu

masker oatmeal dan maduuu~

masker oatmeal dan maduuu~ via www.mazyun.com

Puasa-puasa nanti bikin oatmeal mah nggak papa, asal jangan buat dimakan aja. Lha terus buat apa? Buat masker dong. Pertama, kamu kudu mempersiapkan bahan-bahannya dulu. Yaitu:

  • oatmeal halus
  • 1 sendok teh madu
  • 3 sendok teh susu skim hangat,
  • dan 1 sendok makan minyak almond.

Lalu, silahkan campurkan madu dengan susu skim hangat dan menambahkan oatmeal serta minyak almond-nya. Jangan lupa diaduk ya, hingga bentuknya seperti pasta. Baru deh setelahnya kamu oleskan secara merata pada wajah dan mendiamkannya selama 30 menit. Kalau sudah, bersihkan masker dengan lap dan air hangat.

Oatmeal, selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata memang berguna untuk kecantikan kulit wajahmu. Kandungan alami yang terdapat pada oat atau makanan dari golongan biji-bijian, yang kebanyakan orang menyebutnya biji gandum utuh, dapat menjaga kelembaban kulit. Sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit.

2. Siapa yang berani-beraninya meragukan manfaat lidah buaya? Si aloe vera ini cukup dikombinasikan dengan air saja, untuk memberi efek melembabkan yang luar biasa

nggak ada yang ragu akan manfaatnya~

nggak ada yang ragu akan manfaatnya~ via www.stylecraze.com

Resep yang kedua, kamu cukup menyiapkan lidah buaya dan segelas air. Kemudian, campurkan lidah buaya dengan air secara merata. Dengan kombinasi sederhana ini, kamu sudah bisa mengoleskan pada wajah secara merata. Tunggu sekitar 15 menit ya, sebelum kamu membersihkannya. Supaya bisa digunakan secara berulang, tinggal kamu simpan aja di kulkas atau lemari es.

Sejatinya, lidah buaya memang bermanfaat untuk segala macam jenis kulit, tak peduli jenis kulit apa yang kamu miliki. Sebab, ia mampu memberikan persediaan oksigen ke sel yang bisa membangkitkan kekuatan dan menyehatkan kulit. Selain melembabkan, jerawat bisa hilang, kulit juga akan menjadi lembut, serta bersinar. Dan katakan goodbye pada kulit keriput~

3. Pernah dengar soal khasiat buah langsat dan bunga hibiscus? Ahhh jangan lagi penasaran, kini saatnya kamu menggunakan

Berbahan alami nan multifungsi

Berbahan alami nan multifungsi via www.rinicesillia.com

Kalau ngomongin soal kulit lembab, cerah merata, dan murni berseri, ya sebenernya nggak ada lagi yang ngalahin khasiat dua bahan ini. Pernah dengar soal ekstrak buah langsat dan bunga hibiscus? Buah langsat itu sekilas mirip duku, sementara bunga hibiscus ialah bunga Sepatu. Perpaduan keduanya, dipercaya mampu mencerahkan dan melembabkan kulitmu dalam dua minggu lho.

Buah langsat yang berasal dari Kalimantan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sehingga, jangan heran kalau banyak wanita Kalimantan yang sudah lebih dulu menggunakan untuk menjaga dan merawat kecantikan kulitnya. Sebab, menurut para medis, vitamin C dapat menghambat aktivasi enzim tirosinase, sehingga proses pembentukan melanin menjadi berkurang. Dapat juga mencegah penuaan dini karena adanya antioksidan alami.

Nggak usah bingung mencari buah langsat atau bunga hibiscus ini di sudut kota sebelah mana, udah tenang aja, hari gini mah nggak usah ribet nan repot. Sariayu Putih Langsat merupakan satu – satunya produk yang mengandung kombinasi kedua bahan tersebut. Series perawatan lengkap untuk wajah dan badan, seperti facial foam, moisturizer, juga paduan bedak dan alas bedak dalam 1 kemasan praktis yang disebut two way cake. Ada pula perawatan badannya seperti body lotion dan body scrub.

Jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi meramu bahan ini secara manual, karena sudah ada produk jadinya girls! Praktis kan? Tanpa bikin kantong kamu bolong, produk dengan bahan natural ini bisa melembabkan dan mencerahkan kulit kamu. Recommended!

4. Tak hanya berguna sebagai produk konsumsi, untuk melembabkan kulit wajah pun kopi dan putih telur masih diminati

wajah investasi masa depanmu, huhuuu

wajah investasi masa depanmu, huhuuu via hubpages.com

Sebagai pengetahuan buat kamu nih, kopi memiliki kandungan zat yang sangat baik. Yaitu zat antioksidan yang cukup tinggi, seperti flavanoid dan juga polifenol. Zat-zat tersebut terbukti ampuh dalam mencegah serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusan, kering, penuaan dini, dan beberapa masalah kulit lainnya. Jenis kopi yang dapat digunakan yaitu jenis bubuk kopi murni, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Tak hanya kombinasi antara bubuk kopi dan air saja, melainkan kamu bisa menambahkan putih telur juga. Bubuk kopi secukupnya, ditambah 1 butir putih telur, lalu campur dan aduk hingga kedua bahan tercampur merata. Basuh terlebih dahulu kulit wajah dengan menggunakan air hangat, lalu oleskan masker yang telah disediakan sambil digosok-gosokan secara perlahan. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin.

5. Scrub gula dan minyak zaitun patut jadi pertimbanganmu untuk melembabkan kulit wajah saat puasa, ya daripada ngelamun~

Scrub gula dan minyak zaitun~

Scrub gula dan minyak zaitun~ via centr-molodosti.ru

Yang ini bukan bahan yang susah kan untuk dicari? Kamu bisa mengombinasikan ½ cup gula dan 2 sendok makan minyak zaitun, untuk kemudian mereka bertransformasi menjadi bahan scrub alami. Scrub ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, sekaligus melembabkan kulit kering. Kamu bisa juga menambahkan lavender untuk menambahkan sensasi relaksasi dan aromaterapi.

Siapapun pasti tak pelak menampik khasiat yang tercipta dari minyak zaitun bagi kesehatan. Setiap hari, dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit wajah. Nah, kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Sementara itu, gula pasir dipercaya mampu membantu menghilangkan keriput-keriput pada wajah.

Devina Aureel, seleb dan videogram cantik ini akan berbagi cara bikin wajah cerah alami yang masuk akal. Cek yuk!

Jadi gimana? Sudah siap menyambut ramadhan tahun ini belum? Persiapan mah yang total, jangan sekadar nimbun bahan makanan doang. Kesehatan kulitmu juga kudu diperhatikan. Oiya, sebelum mengecek baiknya kamu menggunakan bahan apa untuk menjaga kelembaban kulitmu, tak ada salahnya kamu cek dulu apakah kulitmu sudah cerah merata atau belum. Cek ke bicarakulit.com ya… Selamat ‘berbenah’ 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya