Minuman soda rasa kola memang sudah menjadi idola banyak orang, bahkan sejak kamu masih anak-anakpun kamu udah doyan banget sama minuman yang satu ini. Rasanya yang menyegarkan dan unik memang pantas membuatmu ketagihan. Kamu tahu nggak sih, selain enak untuk diminum, soda kola juga cocok buat diolah menjadi beberapa menu masakan! Yep, jadi selain bisa menengaknya sebagai minuman kamu juga bisa menikmati soda kola di dalam panganan.

Cara membuatnya juga mudah sekali, kamu yang masih tergolong pemula dalam masak-memasak pun bisa mencobanya. Yuk disimak caranya.

1. Penasaran dengan cita rasa Ayam Masak Kola? Kenapa kamu nggak coba masak sendiri aja?

Mungkin kamu pernah mendengar tentang ayam masak kola, menu satu ini memang sudah pernah dibahas beberapa kali di acara-acara kuliner televisi. Untuk membuatnya sendiri kamu nggak perlu harus ke restoran khusus kok, coba buat sendiri saja di rumahmu.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 kilo sayap ayam, pisah setiap sayap menjadi dua.
  • 60 ml kecap
  • 2 sdm minyak canola
  • 180 ml soda kola, merk apa saja
  • 2 batang daun bawang dicincang
  • Beberapa jumput bubuk lada hitam segar
  • Tambahkan 2 sdm arak China kalau kamu boleh mengkonsumsi alkohol
Advertisement

Cara membuatnya: 

  • Letakkan sayap ayam di dalam sebuah mangkuk lebar dan tuangkan setengah dari kecap (30 ml) ke atasnya. Balik-balik potongan-potongan sayap tersebut sehingga seluruhnya dibaluri kecap. Diamkan selama 10 sampai 15 menit pada suhu ruangan agar kecapnya menyerap.
  • Panaskan wajan di atas kompor dengan api bersuhu sedang-tinggi. Tumis sayap-sayap ayam tersebut hingga warnanya berubah coklat keemasan pada setiap sisinya namun tidak benar-benar matang. Tumis selama 3 menit pada setiap sisinya. Tuangkan sisa kecap, kola, dan arak China (jika mau) dan panaskan hingga mendidih pelan. Rebus perlahan sayap-sayap ayammu selama 15 sampai 20 menit tanpa ditutup. Rebus hingga larutan bumbu hampir asad, meninggalkan lapisan berkilau pada daging sayap.
  • Taburkan dan bumbui sayap kolamu dengan lada hitam. Pindahkan ayam yang sudah matang ke atas piring. Taburi dengan potongan daun bawang, dan sajikan.
  • Cukup untuk 4 porsi.

Jadi deh, hidangkan selagi hangat ya! Bisa buat makan bersama keluarga atau teman-temanmu. Cocok untuk makan besar maupun camilan.

2. Minuman soda segar itu juga cocok dibuat menjadi menu Daging Panggang Kola

Nggak hanya ayam, daging juga cocok diolah dengan minuman soda rasa kola. Rasa manis dan uniknya akan memberikan sensasi berbeda pada masakan berbahan dagingmu. Cara membuatnya juga sederhana banget.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 kg daging has dalam
  • 1 kaleng minuman kola merk apa saja
  • 1 bungkus bumbu masak serba guna

Cara membuatnya:

  • Letakkan daging yang belum dibumbui dalam loyang panggang.
  • Taburkan bumbu serba guna di atas daging tersebut. Serbarkan secara merata di seluruh permukaan daging.
  • Tuangkan minuman kola yang sudah disiapkan ke dalam loyang.
  • Tutupi loyang tersebut dengan rapat menggunakan aluminum foil.
  • Panggang dalam oven pada suhu Bake in oven at 149 derajat C selama 3 sampai 4 jam atau hingga dagingnya empuk.

Voila, jadi deh steak daging panggang dengan cita rasa istimewa meskipun cara masaknya sederhana ini! Bagikan dengan keluarga atau santap bersama pacar kamu.

3. Kreasikan Nasi Kola a la Spanyol atau Cola con Arroz ini untuk teman makan siangmu

Buat kamu yang mungkin nggak punya banyak duit buat beli daging atau ayam, masih bisa mencicipi olahan kola dengan menu Nasi Kola ala Spanyol ini lho! Nggak pake ribet, tapi rasanya internasional!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram beras
  • 360 ml minuman kola
  • 240 ml air
  • 1 blok kaldu ayam
  • 2 sdm mentega atau minyak goreng
  • 2 sdm daun bawang cincang

Cara membuatnya:

  • Masukkan beras yang sudah dicuci dalam panci ukurang sedang; kemudian tambahkan mentega, kola, air, kaldu ayam dan daun bawang.
  • Didihkan di atas kompor dengan api pada panas sedang-tinggi. Aduk-aduk sekali, tutup panci itu dan kurangi suhu api kompor ke panas rendah dan masak selama 20 menit. Matikan api dan diamkan panci dalam keadaan tertutup selama 5 menit.
  • Aduk-aduk nasi yang sudah jadi dengan garpu, sajikan selagi hangat.
  • Cukup untuk 4 porsi.

Mudah bukan? Nasi Kola ini bisa kamu santap lagi dengan lauk pilihanmu, atau kamu makan begitu saja.

4.  Kola favoritmu juga bisa disulap menjadi Cake Kola super legit!

Cake manis nan legit juga bisa kamu ciptakan dari minuman yang panjang umur ngehits-nya ini. Jangan takut gagal, karena cara membuatnya gak sesulit yang kamu kira kok. Asal mau mencoba kamu pasti bisa membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 120 gram tepung terigu serba guna
  • 1 sdt soda kue
  • 300 gram gula
  • 240 gram butter
  • 75 gram marshmallow mini
  • 32 gram bubuk kakao
  • 240 ml minuman kola
  • 120 ml buttermilk
  • 2 butir telur
  • 2 sdt ekstrak vanilla
Icing
  • 120 gram butter
  • 80 ml minuman kola
  • 3 sdm bubuk kakao
  • 400 gram gula halus
  • 1 sdm ekstrak vanilla
  • 150 gram kacang mede/kenari/almond cacah

Cara membuatnya:

  • Dalam mangkuk besar campurkan tepung dan soda kue, aduk hingga rata. Kemudian tambahkan gula dan aduk hingga rata pula.
  • Campurkan 240 gram butter dengan marshmallow dalam panci ukuran sedang. Masak di atas kompor dengan panas sedang hingga seluruh marshmallow-nya meleleh. Angkat dari atas kompor dan masukkan 32 gram bubuk kakao, aduk hingga tercampur merata. Sisihkan.
  • Tuangkan minuman kola, buttermilk, telur dan vanila ke dalam bahan-bahan kering kemudian aduk hingga lumayan tercampur.
  • Tambahkan adonan butter+marshmallow+kakao ke dalam mangkuk tersebut secara perlahan-lahan. Aduk hingga tercampur rata.
  • Tuangkan adonan ke loyang ukuran 33 x 23 cm dan panggang dalam oven pada suhu 180 derajat celcius selama 30 sampai 35 menit.
  • Untuk icingnya campurkan butter, kola dan 3 sdm kakao bubuk dalam panci ukuran sedang. Panaskan dan segera matikan ketika mendidih. Angkat dari panci dan kemudian masukan vanilla dan gula sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  • Tuang icing di atas kue yang masih hangat. Taburi permukaannya dengan cacahan kacang.

Jadi deh cake kola buatanmu sendiri. Meski mudah membuatnya namun rasanya nggak kalah unik dengan kreasi-kreasi cake lainnya di toko kue ternama.

5. Untuk pencuci mulut, coba suguhkan Pudding Jelly Kola ini di meja makanmu.

Selain diminum begitu saja, kola juga bisa ‘mengademkan’ dirimu dengan cara lain lho. Dijadikan pencuci mulut ekstra segar misalnya, tidak mustahil! Nggak hanya segar tapi juga lumayan mengganjal perut.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 170 gram bubuk jelly rasa cherry atau strawberry.
  • 240 ml air
  • 240 ml minuman kola
  • 300 gram buah cherry atau strawberry, haluskan
  • 227 gram daging buah nanas, haluskan

Cara membuatnya:

  • Masak jelly seperti petunjuk yang tertera pada bungkus, namun rebus bubuk jelly dengan 240 ml air. Setelah adonan jelly mendidih matikan kompor dan tuangkan minuman kola ke dalamnya. Aduk hingga rata.
  • Masukkan juga buat cherry atau strawberry dan nanas yang sudah dihaluskan. Aduh hingga semuanya tercampur. Tuang ke dalam cetakan yang sesuai dengan seleramu dan dinginkan di kulkas.
  • Hiasi dengan potongan-potongan buah.

Yummy banget deh dessert yang satu ini. Nggak hanya manis dan dingin namun juga memberikan rasa buah-buahan yang menyegarkanmu. Nggak lupa juga banyak kandungan vitamin yang bisa kamu dapatkan.