Terkadang ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, ada saja serangga-serangga yang tiba-tiba muncul di depan mata. Salah satu yang lumayan ditakuti adalah lebah atau pun tawon. Kedua serangga ini punya sengat yang biasa digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuhnya. Pasalnya, kadang kita suka panik sendiri ketika ada lebah datang mendekat, padahal mereka hanya akan menyengat jika dalam kondisi terancam saja. Lalu sontak mengucapkan mantra turun temurun yang dipercaya bikin lebah dan tawon menjauh dari kita, ‚ÄúPahit, pahit, pahit!‚ÄĚ. Padahal aslinya nggak mempan lo ūüôĀ

Alih-alih mengucapkan mantra, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lebah maupun tawon menjauh dari kita.

1. Hindari memakai baju yang warnanya cerah. Lebah suka yang warnanya mentereng seperti halnya bunga-bungaan

jangan pakai baju mencolok via lifestyle.okezone.com

Advertisement

Bunga yang jadi incaran lebah dan tawon umumnya memiliki warna cerah dan mencolok. Kalau kamu mengenakan pakaian atau aksesori warna-warni dengan motif yang ramai, bisa jadi bikin lebah mengira kamu sebagai kumpulan bunga. Makanya, pakai busana dengan warna-warna yang gelap biar nggak menarik perhatian lebah dan tawon di sekitarmu.

2. Hati-hati kalau pakai parfum, lebah dan tawon juga mudah tertarik dengan aroma-aroma wangi

hindari pakai wewangian yang berlebihan via www.perfumehut.com.pk

Sama halnya dengan warna cerah pada bunga, hal-hal yang berbau wangi juga bisa menarik perhatian tawon dan lebah. Jadi hindari menyemprotkan wewangian dengan aroma berlebihan ketika berada di luar ruangan. Bau yang terlalu menyengat bisa membuat tawon dan lebah tertarik untuk datang karena indra penciuman mereka yang sangat sensitif.

3. Perhatikan makanan dan minumanmu. Bisa jadi mengundang tawon dan lebah yang berkeliaran di sekitarmu

simpan makananmu via www.forbes.com

Kebanyakan serangga menyukai makanan dan minuman manis. Kalau kebetulan kamu membawa makanan dan minuman manis, simpan rapat-rapat dalam wadah tertutup agar nggak menarik perhatian mereka. Semut saja bisa langsung berdatangan begitu ada sumber makanan manis di sekitarnya.

4. Jangan bertelanjang kaki, tawon biasanya punya sarang di bawah tanah juga lo!

selalu pakai alas kaki via www.standard.co.uk

Advertisement

Tawon nggak hanya membuat sarangnya di pohon atau pun atap-atap ruangan, namun ada juga yang punya sarang di bawah tanah atau di semak belukar. Makanya, kalau kamu sedang beraktivitas di alam bebas, selalu gunakan alas kaki untuk menghindari menginjak sarang mereka.

5. Jangan pernah mengusik lebah atau tawon, tetaplah tenang kecuali kamu memang dikejar

jangan diusik via www.rent.com.au

Aturan pertama agar nggak disengat adalah jangan bikin tawon atau lebah terusik. Jadi jangan pernah mengibaskan tangan ke arah tawon atau lebah yang terbang supaya mereka nggak merasa terancam. Kalau mereka terlanjur mendekatimu, tetaplah tenang. Gerakan menghalau atau kepanikan berlebih justru bikin hewan-hewan ini lebih agresif. Lebih baik segera menyingkir saja pelan-pelan.

Coba mulai sekarang kamu praktikkan, ampuh mana dengan mengucapkan mantra-mantra yang biasa kamu teriakkan ke lebah atau tawon yang beterbangan di sekitarmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya