Gimana sih caranya bisa nabung minimal Rp400.000 per bulan? Sebenarnya, ini mungkin banget kamu lakukan dengan uang bulanan atau gaji yang kamu terima sekarang. Bahkan jika uang bulananmu itu sebenarnya belum bisa dibilang ‘fantastis’.

Yang perlu kamu lakukan supaya uang Rp400.000 terkumpul di akhir bulan adalah memotong pengeluaran. Sadar nggak sadar, selama ini banyak uangmu yang keluar untuk hal-hal yang sebenarnya nggak kamu butuhkan.

Nah, supaya uangmu gak habis dan target Rp400.000 per bulanmu bisa tercapai, langsung praktikkan deh 6 cara ini. Semoga membantu!

1. Beli portable WiFi untuk semua kebutuhan internetmu. Gak cuma buat ngerjain tugas, tapi juga untuk berkomunikasi di HP-mu

Portable WiFi via xiaxue.tumblr.com

Paket data adalah salah satu sumber pengeluaran yang cukup menyedot dana. Dalam sebulan, Rp200.000-300.000 dari kantongmu bisa habis hanya untuk keperluan ini. Duh, sayang nggak sih?

Karena itu, coba deh beli portable WiFi. Harganya cukup terjangkau kok, dengan sekitar Rp290.000-300.000 saja kamu sudah bisa dapat portable WiFi berkualitas oke. Kamu pun akan diberi kuota gratis 2-4 gigabyte saat pertama kali membeli, cukuplah buat keperluan pribadi selama sebulan.

Dengan portable WiFi ini, kamu bisa mengeluarkan Rp60.000-100.000 saja untuk semua keperluan internetmu selama sebulan. Selain proses mengerjakan tugas yang lancar, kamu gak perlu lagi deh sering-sering beli pulsa buat HP 😉

Dengan tips ini, kamu bisa berhemat: Rp140.000-240.000/bulannya. Lumayan ‘kan ya?

2. Disiplin deh untuk sarapan dan makan siang di warteg. Coba menu alternatif ya, jangan cuma daging-dagingan saja

Warteg via id.wikipedia.org

Mungkin kamu terbiasa selalu makan daging setiap hari. Makanmu nggak akan lengkap tanpa ayam, ikan, atau empal sapi. Padahal, kamu bisa berhemat minimal Rp3000 sekali makannya lho dengan berganti menu dari daging ke tempe dan telur.

Kalau kamu disiplin mengganti menu makanmu ke telur atau tempe paling tidak sekali sehari, dalam satu bulan kamu sudah bisa menghemat minimal Rp90.000. Selain lebih hemat, nutrisimu bisa lebih terjamin dengan menu makan yang bervariasi ini. Jadi yuk, tunggu apa lagi?

3. Mulai sekarang, pakai deh baju yang “itu-itu saja”. Jadi kalau ada baju lucu, kamu gak akan mudah tergoda

Pakai baju yang “itu-itu saja”. Biar kamu gak gampang belanja via www.theverge.com

Kemeja: polos warna putih

Kaos: polos warna abu-abu

Tiap hari, warna baju yang kamu pakai harus serupa

Tahu dong persamaan Mark Zuckerberg dan Steve Jobs? Setiap hari, mereka selalu memakai baju yang itu-itu saja. Mark dengan kaos polos warna biru keabuan, dan (almarhum) Steve Jobs dengan turtle neck warna hitamnya.

Nah, kamu juga bisa mengadopsi gaya mereka. Coba deh kamu pilih item fashion yang praktis, tapi masih terlihat fashionable. Misalnya saja kaos motif garis-garis atau kaos polos warna putih. Kamu bisa mengecek koleksi kaos-kaos oke di sini. Nah, untuk keperluan sehari-hari, pakailah kaos ini saja. Jadi semua pakaianmu adalah kaos garis-garis atau kaos polos warna putih. Ini akan mencegahmu untuk impulsif membeli semua pakaian yang kamu rasa lucu. Kalau baju itu tidak garis-garis atau berwarna putih, kamu pun tidak akan membeli.

Rp100.000-300.000 yang tadinya bisa habis buat beli baju, sekarang tersimpan rapi di dompet atau rekeningmu

4. “Puasa Senin-Kamis” untuk pergi ke minimarket. Khusus hari Senin dan Kamis, kamu nggak boleh pergi ke sana

Jangan sering beli minuman gini lagi, deh via www.burpple.com

Minimarket adalah tempat yang paling riskan bikin kamu boros. Kenapa? Karena walaupun kamu cuma niat membeli satu bungkus mie instan, keluar dari sana kamu juga bakal bawa permen, kopi, minuman dingin, sampai stoking. Gimana nggak boros?

Nah, biar pengeluaranmu lebih terkontrol, cobalah menerapkan “puasa Senin-Kamis”. Bukan puasa makanan lho, tapi “puasa” dengan sengaja nggak peri ke minimarket. Jadi, khusus dua hari ini, kamu harus membeli kebutuhanmu di tempat lain. Misalnya saja toko kelontong atau swalayan. Belanja di kedua  tempat ini lebih nggak bikin lapar mata. Kamu pun gak perlu khawatir beli macam-macam barang di sana.

5. Manfaatkan penawaran diskon yang ada sebaik-baiknya. Misalnya program Diskon Magic dari Bukalapak yang siap membantumu hemat hingga Rp400.000 per bulannya

Diskon Magic Bukalapak! via mail.google.com

Godaan buat belanja sepatu, tas, atau gadget memang selalu ada. Sampai susah deh buat menolaknya. Makanya, kamu harus membatasi kapan kamu belanja. Jangan impulsif membeli sepatu atau gadget kece yang hadir di depan mata.

Coba deh untuk membatasi kegiatan belanjamu hanya saat ada diskon tertentu. Jangan asal pilih diskon — pastikan harga produk-produknya memang murah dan nggak menipu.

Misalnya aja program Diskon Magic dari Bukalapak. Selain ada banyak barang yang bisa kamu temukan di sana — dari jam tangan, perlengkapan rumah tangga, sampai tas wanita branded dan original — harganya pun dijamin miring! Bukalapak memberi diskon hingga 60% untuk semua produknya, masih ditambah juga voucher potongan Rp100.000 yang bisa kamu pakai untuk pembelian produk mana saja.

Belum punya budgetnya? Nggak apa-apa, justru kamu nggak boleh maksa. Pastikan dulu semua kebutuhanmu bulan ini bisa terpenuhi. Kan nggak lucu juga kamu beli tas tapi nggak bisa makan. Promo program Diskon Magic masih berlangsung sampai 10 Februari, kok. Masih lamaaa. Kumpulin uangmu yang Rp400.000 itu dulu aja, ya 🙂

Apa sih tips-tips lain yang bisa kamu terapkan supaya selalu bisa menabung Rp400.000 di akhir bulan? Yuk bagikan di kolom komentar!