Ada kalanya kamu kebingungan harus ngapain lagi ketika sedang berkumpul bersama teman-temanmu. Atau mungkin juga kamu ingin menghibur ponakan yang masih kecil-kecil, tapi nggak tahu gimana caranya. Bahan obrolan sudah habis, camilan juga udah tiris. Kalau sibuk mainan handphone jadi makin gak asyik karena semua orang sibuk sendiri-sendiri.

Nah, makanya coba pelajari beberapa trik-trik sulap berikut untuk menghangatkan suasana kumpul bersama teman-temanmu! Meskipun trik-trik di bawah ini sederhana, mereka terlihat “wow” di depan mata orang-orang yang nggak tahu rahasianya. Nilai plusnya? Kamu juga jadi bisa unjuk bakat dan membuat mereka terkagum-kagum.

1. Tidak sempurna sesi sulapmu kalau belum ada permainan tebak kartu!

tumblr_mryzllIRT91rz5foro1_r1_500

Sulap kartu bisa kamu coba sebagai keahlian dasar via giphy.com

Advertisement

Sulap identik dengan permainan kartu yang mencengangkan. Sampai-sampai hampir semua tokoh film atau komik yang temanya pesulap pasti pernah digambarkan memainkan kartu dalam trik mereka. Jadi, wajar kalau dibilang belum afdol sulapmu apabila kamu belum berhasil memukau penonton dengan tipuan kartu.

kartus

Trik melakukan sulap tebak kartu

  1. Siapkan satu set kartu kuartet, kocok penuh gaya agar tampilanmu semakin meyakinkan.
  2. Minta salah satu teman atau relawan untuk menarik satu kartu di antara dek kartu tersebut. Cukup dia yang tahu isinya apa. Pokoknya jangan lupa akting macam pesulap-pesulap di TV gitu ya.
  3. Suruh dia mengembalikan kartu tersebut di atas tumpukan kartu yang sudah kamu kumpulkan.  Diam-diam coba lihat bagian paling bawah dari tumpukan kartu tersebut. Sssttt! Jangan sampai ketahuan, lakukan dengan santai dan cepat. Alihkan perhatian penonton dengan koar-koar soal trik sulapmu.
  4. Bagi tumpukan kartu menjadi dua dan pindah tumpukan kartu yang tadinya di bawah jadi ke atas.
  5. Buka satu persatu tumpukan kartumu. Jangan lupa untuk berakting seolah sedang membaca ingatan temanmu.
  6. Buka terus hingga kamu menemukan kartu paling bawah yang kamu intip, sebelum tumpukan kartu dibagi dua dan dipindah posisinya.
  7. Kartu berikutnya setelah kartu tersebut, pastilah kartu yang diambil temanmu pertama kali. Hehehe.

“Ini ‘kan kartumu tadi?”

Advertisement

Tunjukan kartu temuanmu ke penonton dan saksikan wajah kekaguman dari relawanmu itu!

2. Klasik namun selalu menarik, trik melenyapkan koin di tangan patut kamu praktikkan.

voin

Wow, kamu bisa membuat koin menembus telapak tanganmu!

Selain kartu, sulap dengan uang koin juga merupakan tipuan yang klasik namun selalu menarik. Mulai dari menghilangkannya, menggandakannya atau trik transportasi barang ke tempat lain biasa dilakukan dengan koin. Karena kamu masih pemula, sebaiknya kamu coba trik mudah berikut ini dulu saja. Menembus telapak tangan dengan koin.

koisnnz

Kurang lebih begini caranya

  1. Pertama-tama siapkan dua buah koin yang identik. Tapi tunjukkan satu saja ke penonton. Yang satunya lagi sudah kamu jepit di antara pangkal sela ibu jari dan telunjuk tangan kirimu.
  2. Jangan lupa tangan kirimu yang sedang menjepit harus sedikit diserongkan sehingga bagian jempolmu nggak kelihatan.
  3. Di tangan kanan, tunjukkan koinmu dan katakan pada penonton bahwa kamu akan membuatnya menembus telapak kirimu. Berpura-puralah mencari titik yang empuk biar koinnya bisa lewat dengan mudah.
  4. Koin di tangan kanan itu sebenarnya tidak akan menembus dagingmu (ya iyalah), koin itu hanya perlu kamu tarik ke atas, tersembunyi di belakang telapak kananmu. Ketika koinnya didorong dan jari-jari tangan kananmu turun hingga bertabrakan dengan bagian atas telapak tangan kirimu, itulah momentum di mana koin di tangan kanan kamu tarik dengan jempol untuk bersembunyi di balik telapak kanan.
  5. Lepaskan koin yang sedari awal terjepit di tangan kiri sehingga seolah koinnya jatuh menembus tanganmu!

Kalau kamu sudah luwes dalam melakukan gerakan-gerakan tangan cepat khas pesulap hebat, trik ini bakal terlihat sangat impresif bagaikan trik para illusionist di televisi.

3. Wow, dengan trik ini ‘membaca pikiran’ tidak sesulit yang kamu bayangkan.

giphy

Buat teman-temanmu terkesima dengan kemampuanmu membaca pikiran via www.matteoguidiarchitetto.com

Kalau kamu ingin terlihat semakin keren karena bisa ‘membaca pikiran’ teman-temanmu, cobain deh trik mind reading yang satu ini. Mudah banget, tapi hasilnya bisa bikin teman-temanmu terpana.

  1. Suruh temanmu memilih satu angka dari 1 sampai 10 di dalam hatinya. Minta dia untuk mengalikan angka tersebut dengan angka 2. Lalu tambahkan angka 8 pada hasil perkalian tersebut.
  2. Setelah itu bagi dua angka terakhir tadi, kemudian kurangi dengan angka yang pertama temanmu pilih. Pokoknya suruh dia menghitung dalam kepalanya dan kamu nggak boleh tahu.
  3. Kalau sudah selesai menghitung, suruh temanmu memikirkan nama sebuah negara di Eropa (jangan Asia, atau benua lainnya. Harus Eropa. Hehe) yang huruf depannya dimulai dengan huruf yang urutannya sama dengan angka di dalam kepalanya. Jadi misalnya, 1 sama dengan A, 2 sama dengan B, 3 sama dengan C dan seterusnya.
  4. Setelah itu minta dia memikirkan nama hewan yang huruf depannya dimulai dengan huruf setelah huruf yang sebelumnya dipakai menentukan nama negara tadi.
  5. … Sebenarnya, nggak penting bagi kamu untuk tahu dia sedang memikirkan huruf dan negara apa. Yang perlu kamu lakukan hanya menjawabnya dengan

“… Aku tahu, angka hasil perhitunganmu adalah 4. Negara dalam pikiranmu ada Denmark dan binatang yang kamu pikirkan adalah Elang.”

BAM! Dijamin berhasil dan bikin teman-temanmu terheran-heran.

4. Buat penontonmu terpana dengan menyatukan dua buah klip kertas tanpa menyentuhnya sama sekali.

sulap

Tuing, klipnya menyatu di udara via hipwee.com

Klip kertas yang biasanya terlihat remeh dapat kamu manfaatkan untuk membuat teman-temanmu terpana lho. Untuk menyatukan dua buah klip kertas di udara kamu hanya butuh bantuan selembar uang saja!

klispsj

langkah-langkah mudah untuk melakukan sulap ini

  1. Pertama-tama tentu kamu butuh dua klip kertas serta selembar kertas berbentuk persegi panjang. Biar gampang gunakan saja uang kertas. Lipat uang yang sudah kamu siapkan menjadi tiga lipatan, menyerupai huruf Z, hingga uang tersebut memiliki lapisan atas lapisan tengah dan lapisan bawah.
  2. Pasang salah satu klip sehingga menjepit lapisan atas dan tengah, letakkan mendekati ujung uang yang terbuka di atas.
  3. Pasang klip sisanya sehingga menjepit lapisan bawah dan tengah, tarik juga sehingga letaknya mendekati ujung yang terbuka di bawah.
  4. Kalau sudah terpasang keduanya, buat gerakan a la pesulap gitu lah, tunjukkan keadaan klip kertas dan uang yang sudah kamu jepit tadi dengan gaya teatrikal ke arah mereka.
  5. Tarik deh masing-masing ujung uang tersebut agar uangnya membentang. Saat kamu melakukan langkah ini, dua klip kertas tadi akan terlempar dan bersatu di udara.

Tuing! Ketika nanti terjatuh di hadapan penontonmu, kedua klip kertas yang benar-benar terpisah itu akan bertaut jadi satu! Seolah ada tenaga magis yang menyatukannya di udara. Whoo, sakti ya kamu!

5. Rupanya kamu juga bisa melakukan sulap hitungan yang sering dilakukan para ‘mentalist‘ di televisi.

ikuti-ice-bucket-challenge-deddy-corbuz-08c600

TATAP MATA SAYA! via www.mydeddycorbuzier.com

“Tatap mata saya… saya akan tebak nomor dalam pikiranmu dan usiamu sekarang…”

Kalau kamu pernah nonton acara-acara sulap yang sempat ramai di TV nasional, kamu pasti tahu soal sulap yang ini. Ituloh sulap di mana seorang ‘mentalist’ bakal menyuruh penonton, bahkan orang yang ada di rumah, untuk memikirkan sebuah angka yang akan dia tebak nantinya. Kamu juga bisa lho, coba deh trik sederhana ini.

  1.  Perintahkan penontonmu untuk memikirkan sebuah angka di antara angka 1 sampai 10, namun selain angka 1 dan 10.
  2. Suruh mereka mengalikan angka yang sudah dipilih itu dengan angka 2. Jadi misalnya angka 9 dikali 2 sama dengan 18. Oh iya, jangan lupa akting seolah-olah kamu harus konsentrasi hebat untuk memilih langkah ini contoh: “Sekarang tambahkan… hmm tidak-tidak, kalikan angka tersebut dengan angka dua!”
  3. Suruh penontonmu untuk menambahkan angka 5 pada hasil perkalian sebelumnya. 18 + 5 = 23! Ini adalah nomor yang penting. Setelah itu minta penontonmu untuk mengalikannya dengan angka 50. 23 x 50 = 1150, biar kelihatan ajaib gitu deh saking acaknya.
  4. Tambahkan unsur ajaibnya dengan meminta penontonmu menambahkan angka 1763 atau 1764 pada hasil perkalian terakhir tadi. Bagaimana cara menentukannya? Kalau tahun ini temanmu sudah berulang tahun suruh dia nambahin 1764 ke angka hitungannya. Kalau dia belum berulang tahun tahun ini, suruh tambahkan 1763. Misalnya temanmu sudah ulang tahun bulan lalu, jadi angkanya 1150 + 1764 = 2914
  5. Kurangi angka terakhir dengan tahun lahir si penonton. Misalnya temanmu lahir tahun 1988, suruh dia mengurangi angka hitungannya dengan angka 1988. 2914 – 1988 = 926
  6. Tanyakan berapa hasil akhir hitungannya. Dengan angka ini kamu bisa tahu angka pilihan pertama temanmu dan usia dia! Angka paling depan adalah angka pertama yang dipilih antara 1 sampai 10, sementara dua digit di belakangnya adalah usia temanmu saat ini! 926 berarti dia berusia 26 tahun dan memilih angka 9.

Pura-pura berpikir keras seolah kamu mencoba membaca pikiran dia. Kemudian coba kroscek dengan si penonton soal jawabanmu itu dan lihat bagaimana reaksi dia saat mendengarnya. Semoga dia terpesona bukan malah takut sama kamu ya, apalagi kalau dia gebetanmu.

Gimana, seru bukan mengejutkan teman-teman dan penontonmu dengan trik-trik yang mudah ini? Meskipun gampang dan sederhana tapi kalau kamu banyak latihan maka trik-trik di atas bakal kelihatan nggak kalah keren dari yang ditunjukan oleh pesulap-pesulap besar. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari trik sulap lebih dalam, ada banyak video tutorial gratis yang bisa kamu saksikan untuk menambah pengetahuanmu di dunia maya. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya