Di zaman serba digital ini, media sosial jadi salah satu rutinitas sehari-hari. Apalagi untuk generasi muda, yang vakum sebentar dari sana susahnya luar biasa. Kehabisan paket data jadi hal yang sangat menakutkan, karena jadi nggak bisa ngepoin orang, selebgram, hingga mantan. Media sosial menjelma jadi dunia baru yang bisa jadi tempat menunjukkan eksistensi diri.

Apalagi ketika kamu melihat akun-akun selebgram yang sering muncul di lini masa, kadang kamu iri juga. “Kok bisa ya akun mereka dibanjiri followers dengan like tinggi di setiap postingan? Ah pasti karena dia cantik banget!” pikirmu dalam hati. Padahal kalau kamu mau jeli, jadi terkenal di media sosial nggak harus mengandalkan ketampanan atau kecantikan kok. Ada banyak cara branding diri yang bisa kamu lakukan, supaya timeline banjir likes dan komentar. Penasaran? Nih, simak cara-cara bikin kamu terlihat keren di media sosial.

1. Nggak ada salahnya coba belajar foto-fotoin benda atau alam. Lama-lama skill fotografimu bertambah dan akunmu pun jadi dilirik orang

belajar fotografi via unsplash.com

Keren itu nggak melulu gara-gara foto outfit of the day (ootd) yang diambil secara profesional kok. Obyek-obyek alam dan benda random juga bisa nampak keren di feeds media sosialmu asal kamu tahu proporsi gambar yang tepat. Karena itu sebagai langkah awal, kamu harus membiasakan memotret objek alam dan benda-benda random dulu. Nggak harus pakai kamera profesional, pakai kamera ponsel yang punya resolusi tinggi seperi ADVAN G2 juga sudah cukup kok. Setelahnya, kamu tinggal perbanyak referensi cara pengambilan arah angle objek dan mengatur kualitas gambarnya.

2. Stop galau-galuan nggak jelas. Daripada begitu mendingan share quote picture yang mewakili perasaanmu, toh soal desain banyak aplikasi siap membantu

share quote pict via www.123rf.com

Banyak orang menjadikan medsos sebagai tempat curhat soal masalah yang sedang dihadapi. Makanya, nggak heran kalau di linimasa sering muncul kalimat-kalimat curhat galau nan lebay yang membuat orang lain jadi ilfeel.

Daripada kamu ikutan nyampah timeline teman, mendingan share quote picture yang mewakili perasaanmu. Buat quote picturemu se-artsy mungkin. Kamu bisa edit foto benda atau alam yang kamu ambil sendiri, terus tinggal tambahkan kata-kata hasil karyamu. Masalah desain, banyak aplikasi edit foto yang siap membantumu tanpa ribet. Siapa tahu banyak yang merasa “jleb” dengan quote-mu. Bisa banjir “love” dan “like” unggahanmu.

3. Jangan hanya upload selfie doang, tapi juga bagikan sedikit kisah di baliknya. Biar orang makin tertarik juga

Karena selfie juga butuh cerita via 123rf.com

Sesekali upload selfie sih nggak masalah, tapi jangan plain selfie gitu doang. Sekeren apapun skill selfiemu, jangan lupa tambahkan sedikit caption yang menceritakan tentang kisah di balik foto tersebut. Dengan adanya cerita pada foto yang kamu upload, maka orang-orang akan lebih tertarik untuk kepoin akun medsos kamu. Misalnya kamu lagi selfie di spot wisata Mangunan, Jogja. Alih-alih cuma upload foto doang, bagi-bagi info sedikit seperti sejarah wisata mangunan, atau kisah di balik tempat itu boleh juga. Toh sumbernya bisa kamu googling atau tanya saja ke warga sekitar. Jadi followers-mu juga bisa mendapatkan hal-hal baru selain fotomu.

Namun, jangan lupa pertimbangkan kualitas fotonya juga, ya. Semakin berkualitas dan artsy fotomu, yang melihat pun pasti makin suka. Karena itu, kamu butuh smartphone yang memadai untuk menghasilkan foto selfie yang berkualitas.

“Ya gimana? Ponsel yang kameranya bagus biasanya mahal banget!”

Nggak selalu kok. ADVAN G2, misalnya, meskipun kameranya keren abis, harganya masih rasional! Dengan kamera depan 16MP yang dilengkapi dengan aperture besar 2.0 dan algoritma pengenal wajah manusia, pastinya foto selfiemu akan lebih jernih dan caem abis. Kabar baiknya, kamera ADVAN G2 ini nggak cuma fokus di muka, tapi juga detil di sekitarmu. Pas banget kan untuk membidik lokasi fotomu dan menceritakan “sesuatu” di baliknya? Tinggal kamu terjemahkan sedikit dalam kata-kata, dijamin deh followersmu bakalan suka!

Didukung dengan 3GB ROM dan 32GB RAM, ADVAN G2 sinyalnya kuat. Di manapun kamu selfie, bisa langsung diunggah dengan cepat. Demi fotomu yang kian berkelas tanpa bikin kantong terkuras, coba deh cek apa yang ditawarkan Advan G2 di sini~

4. Daripada ikutan twitwar, lebih baik bikin konten-konten lucu yang menarik perhatian. Soal tampang, nggak akan jadi soal

bikin konten lucu via www.pexels.com

Ada yang bilang salah satu cara instan biar terkenal dan terlihat keren yaitu ikutan twitwar. Dengan twitwar, para pengguna akun Twitter bisa kepoin akun kamu dan mencari tahu seperti apa kamu sebenarnya dari cuitan-cuitanmu di medsos. Memang sih Twitwar gampang bikin orang terkenal, tapi bisa saja terkenal dengan kesan negatif.

Daripada twitwar, kamu mendingan bikin konten-konten lucu yang menarik perhatian karena banyak orang suka merasa terhibur. Konten lucumu itu bisa dalam wujud gambar hasil desain sendiri, foto yang kamu ambil, atau cerita-cerita kocak. Kalau dipikir-pikir, akun seperti Dadang Konelo atau Tatank Galaw, tentunya nggak mengandalkan tampang untuk jadi terkenal. Konten yang menghibur adalah kunci. Kalau sudah berhasil, maka tampangmu yang “B aja” tak akan jadi soal lagi.

5. Sesekali update isu terkini yang belum orang banyak tahu. Walau kamu bukan media, setidaknya akunmu jadi sumber info terbaru

update info terkini via unsplash.com

Kadang, orang buka medsos itu supaya tahu informasi terkini. Zaman sekarang memang medsos nggak cuma buat berbagi aktivitas, tapi juga mendapatkan informasi. Apalagi sekarang banyak akun-akun gosip yang punya followers dan menjadi sumber berita bagi orang-orang. Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan momen itu sebagai salah satu cara agar akunmu dilirik orang karena menjadi sumber informasi terbaru. Kamu dapat sesekali update isu terkini yang belum orang banyak tahu. Asalkan bukan informasi hoax ya!

Kalau ada yang bilang terkenal via medsos itu cuma berlaku buat orang-orang berwajah rupawan, kini bisa kamu buktikan nggak seperti itu. Toh, kenyataannya buat kamu yang bertampang biasa saja tetap bisa punya banyak followers. Itu semua tinggal seperti apa kamu melakukan branding pada akun medsos sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya