5 YouTube Hacks yang Perlu Kamu Tahu, Biar Nontonmu Makin Seru

YouTube Hacks

Ingat nggak dulu kamu sering rebutan remote TV dengan saudaramu? Atau malah dengan orang tuamu? Kamu pengin nonton kartun dan Power Rangers, orang tuamu penginnya nonton berita. Duh, jadi gonta-ganti channel melulu deh. Namun, hal itu nggak lagi terjadi ‘kan? Pasalnya, daripada nonton TV, sekarang kamu lebih suka nonton YouTube. Sudah pilihan video-nya nyaris tak terbatas, bisa pilih sendiri mau nonton apa, plus nggak perlu rebutan lagi sama saudara apalagi orang tua. 

By the way, tahukah kamu kalau pengalamanmu nonton YouTube bisa dimaksimalkan? Kadang kita nggak tahu ada beberapa fitur atau shortcut yang bisa bikin nonton makin seru. Nah, untukmu yang sudah mulai beralih dari TV ke YouTube sebagai sarana hiburan, berikut sedikit YouTube Hacks sederhana yang bisa kamu coba terapkan.

1. Mulai dari yang paling gampang dulu, tahukah kamu kalau YouTube juga bisa di-bookmark lewat fitur Watch Later?

Simpan video buat ditonton nanti via www.hipwee.com

Nemu video bagus tapi lagi nggak memungkinkan buat nonton? Atau lagi nyari sebuah video eh malah nemu video lain yang menarik? Tenang, kamu bisa “bookmark-in” video di YouTube kok. Jadi, nanti kalau sudah selow atau kapan-kapan pas kamu bingung mau nonton apa, tinggal cek aja di menu “watch later” kamu. Caranya gimana? Klik titik tiga yang ada di sisi kanan judul video, lalu pilih “watch later”. Simpel banget, ‘kan?

2. Nemu ekspresi lucu pas streaming film? Bisa langsung dijadiin gif lho, tinggal tambahin “gif” di depan domainnya

Membuat gif dari YouTube via www.youtube.com

GIF bisa menjadi sarana ekspresi yang jitu kalau lagi ngobrol sama teman-temanmu. Biasanya GIF diambil dari potongan-potongan film ataupun video apa pun. Nah, kalau pas lagi asyik-asyiknya nonton YouTube kamu menemukan ekspresi yang menurumu lucu atau mewakili sesuatu, kamu bisa mengubahnya menjadi GIF tanpa harus repot-repot. Caranya, kamu tinggal menambahkan gif di bagian depan url YouTube, misalnya: https://www.gifyoutube.com/watch?v=gi1H-c7-zMM. Cara ini akan membawamu langsung ke website www.gifs.com. Kalau sudah, tinggal di-atur deh GIF yang kamu mau.

3. Selain YouTube Hacks, ada trik lain nih untuk bisa puas streaming YouTube tanpa bikin paket data jebol

Keasyikan nonton YouTube nggak bikin tekor (foto: CardMapr/Unsplash) via www.hipwee.com

Mengetahui YouTube Hacks memang bakal membuat pengalaman nonton YouTube kamu lebih maksimal dan menyenangkan. Nah, yang nggak kalah penting adalah kuota data hacks, alias gimana caranya nonton YouTube tanpa harus ngabisin kuota internet kamu. Soalnya, kalau sudah telanjur asyik streaming atau nonton video Koreaan tuh sering lupa waktu. Pencet next-next terus tahu-tahu paket internet ludes. 

Kabar baik nih buat kamu yang hobi nonton YouTube. Provider kesayanganmu, 3 Indonesia, paham banget kebutuhanmu untuk nonton YouTube. Karena itu, sekarang tiap beli kartu perdana 3, dan isi ulang Kuota Happy atau AlwaysOn, 3 memberikan tambahan kuota unlimited untuk nonton YouTube sampai 30hari. Bonus ini diberikan kepada pelanggan baru 3 dan pelanggan dengan masa berlangganan kurang dari 90 hari. 

Untuk isi ulang Kuota Happy, kamu akan dapetin kuota untuk akses semua aplikasi tanpa dibagi-bagi jam tertentu atau aplikasi tertentu, kamu bisa beli paketnya mulai 12GB seharga Rp50.000,- ditambah kuota Unlimited YouTube selama 14 hari tanpa batas. Ada juga paket kuota Happy 18GB seharga Rp70.000,- dan paket kuota Happy 25GB seharga Rp95.000,- dengan tambahan kuota Unlimited YouTube selama 30 hari penuh.

Sedangkan untuk paket AlwaysOn, kamu bisa memilih besaran kuota data yang sesuai kebutuhan dengan masa aktif selamanya mengikuti masa aktif kartu. Ada berbagai pilihan paket AlwaysOn mulai 6GB dengan harga Rp39.000,- atau 8GB seharga Rp48.000,- dengan tambahan kuota Unlimited YouTube selama 14 hari. Kamu juga bisa mengisi ulang kuota AlwaysOn 16GB dengan harga Rp90.000,- untuk mendapatkan tambahan kuota unlimited YouTube selama 30 hari. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kepoin http://bimaplus.tri.co.id/UntungIsiUlang-Native.

Gimana? Puasnya dobel, ‘kan? Isi ulang 3 emang bikin untung. 

4. Biar kelihatan update dan paham YouTube banget, coba deh hafalin beberapa kode shortcut ini~

Kode shortcut YouTube via www.hipwee.com

Kalau kita bekerja dengan Ms. Word atau Ms. Excel, ada beberapa shortcut yang bisa dimanfaatkan supaya pekerjaan kita lebih cepat dan efisien. Shortcut itu misalnya ctrl+c dan ctrl+v untuk copy-paste, ctrl+x untuk cut, dan masih banyak lagi. Nah, ternyata YouTube juga punya kode shortcut yang bisa kamu manfaatkan, lho. Misalnya kamu pengin mengulang video dari awal, kamu hanya tinggal tekan angka 0. Atau misalnya kamu mau menampilkan mode fullscreen, kamu hanya perlu klik huruf ‘f’. Lebih lengkapnya, kamu bisa hafalin kode shortcut di bawah ini:

K —> Play atau Pause video
M —> Mute atau Unmute video
J —> Mundur 10 detik ke belakang
L —> Maju 10 detik ke depan
—> Menambah volume suara
—> Mengurangi volume suara
> —> Menaikkan playback speed video
< —> Menurunkan playback speed video
Angka 0  —> Kembali ke awal video
Angka 1 – 9 Memainkan video mulai dari 10 – 90%

5. Pengin nonton video YouTube dari menit tertentu? Ada cara cepatnya lho, tanpa harus geser-geser time bar

nggak perlu repot geser time bar via www.youtube.com

Waktu nonton video di YouTube, kamu mungkin sering menemukan pengguna YouTube lain menulis petunjuk waktu di kolom komentar. Biasanya sih buat nunjukin ke penonton lain tentang sesuatu yang menarik di video itu. Nah, kalau kamu kepo, kamu bisa langsung memutar video di waktu yang dimaksud tanpa harus repot-repot menggeser time bar, lho. Caranya gimana? Tambahkan #t= di akhir url video YouTube diikuti dengan menit atau detik yang kamu mau. Misalnya nih, kamu mau nonton video di menit ke 2.10. Kamu hanya perlu menambahkan #t=02m10s di akhir url video YouTube. “m” merujuk pada menit sedangkan “s” merujuk pada second alias detik. Next, tinggal enter deh. Cobain gih!

 

Itu dia beberapa YouTube hacks yang perlu kamu tahu. Sebenarnya masih ada banyak lagi tips dan trik supaya pengalaman nonton YouTube kamu lebih fun. Yang nggak kalah penting, manfaatkan kartu 3 dengan  akses Unlimited YouTube nya. Tinggal isi ulang kuota internet AlwaysOn atau Kuota Happy, kok. Lumayan kan kalau bisa nonton YouTube gratisan bebas tanpa batas sepuasnya?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi