Saat lebaran tiba, banyak makanan yang dipersiapkan untuk acara kumpul keluarga. Mulai dari makanan-makanan kecil, hingga menu besar yang berminyak seperti rendang, soto, dan lain-lain. Menu-menu ini meninggalkan noda dan minyak pada peralatan makan yang sulit dibersihkan. Biasanya, kita mencuci piring dengan sabun-sabun yang dijual bebas di convenience store. Namun bila kita lebih jeli, ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mencuci piring, tetap bersih dan keset.

Lumayan lho bisa dipakai saat kamu harus cuci piring tapi kehabisan sabun di rumah. Apalagi saat lebaran, biasanya toko-toko juga masih tutup. Nah, kali ini Hipwee bareng 3M akan memberi tips bahan-bahan alami yang bisa kamu pakai sebagai pengganti sabun cuci piring. Yuk simak~~

1. Tak sekadar penyedap rasa, garam kasar bisa kamu gunakan untuk bersihkan peralatan dapur setelah masak

garam via pixabay.com

Advertisement

Salah satu penyedap rasa yang bisa dipakai untuk bersihkan peralatan masak yaitu garam kasar. Kandungan mineral di dalam garam mampu menyerap noda dan minyak bekas masakan. Kamu dapat gunakan garam kasar bersama lemon untuk hilangkan noda-noda dan bekas minyak pada wajan besi atau centong kayu. Untuk bersihkan wajan besi, kamu cukup sikat pelan-pelan garam kasar sambil pakai spons cuci piring. Setelahnya kamu bisa bilas seperti cuci piring kayak biasa.

2. Selain sebagai bahan kue, baking soda juga bisa kamu manfaatkan untuk hilangkan noda-noda dan bekas minyak pada wajan

baking soda via pixabay.com

Selain garam kasar, kamu juga dapat gunakan baking soda untuk bersihkan wajan masak. Kondisi wajan yang lengket gara-gara sisa minyak bekas penggorengan bisa kamu hilangkan dengan baking soda. Namun pemakaian baking soda di sini harus kamu gabung dengan sabun cuci ya. Cukup campurkan secukupnya sabun cuci piring dengan sedikit baking soda, lalu cuci wajan seperti biasa. Noda masakan dan bekas minyak pun akan hilang, sehingga wajan nggak lagi kotor dan lengket.

3. Punya cuka di rumah, tapi sering nggak kamu pakai? Mendingan kamu gunakan untuk bersihkan talenan berbahan kayu saja deh

Cuka memang sering kamu gunakan saat makan supaya rasa masakan makin sedap. Tapi ternyata, cuka bisa membantu kamu untuk bersihkan berbagai noda membandel yang ada di talenan. Nggak cuma bersih, tapi talenan berbahan kayu juga terhindar dari menumpuknya kuman-kuman dan bakteri. Caranya yaitu rendam talenan beberapa menit yang sudah diberikan sedikit cairan cuka dan air panas, lalu sikat-sikat secara perlahan dan bilas seperti biasa. Lakukan cara ini setiap hari setelah kamu gunakan talenan ya.

4. Masih ragu dengan kehebatan jeruk nipis sebagai bahan pembersih piring-piring kotor? Kamu bisa buktikan sekarang

jeruk nipis via unsplash.com

Advertisement

Jeruk nipis merupakan bahan dapur yang sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan dasar produk sabun cuci piring. Lemak-lemak yang ada di piring kotor bisa lebih cepat dibersihkan dan jeruk nipis juga mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman. Selain itu, kandungan jeruk nipis bisa menyingkirkan bau tak sedap dari aroma tajam makanan yang telah menempel di piring, sehingga piring nggak cuma bersih, tapi juga harum dan anti kuman.

5. Nggak cuma bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bisa kamu gunakan untuk bersihkan noda-noda di piring

aloe vera via pixabay.com

Seperti yang kita tahu, lidah buaya seringkali terdapat dalam kandungan produk-produk kesehatan dan kecantikan karena khasiatnya. Nah, bagi kamu yang sering mengeluh kulit kasar dan perih saat cuci piring, mulai sekarang bisa gunakan sabun cuci piring dari lidah buaya. Hal ini karena kandungan lidah buaya dapat melembutkan dan menyegarkan kulit. Nutrisi terbaik di dalamnya terdiri dari kandungan air, mineral, dan vitamin. Dengan penggunaannya yang digabung bersama jeruk nipis, maka nggak cuma menjaga kelembutan tangan saja, tapi juga membuat piring kinclong.

6. Sudah pernah tahu gimana caranya cuci piring pakai belimbing wuluh? Cek ulasan berikut ini

belimbing wuluh via www.khasiat.co.id

Cara lain untuk bersihkan peralatan masak yaitu gunakan belimbing wuluh. Untuk peralatan masak dari keramik kamu bisa kupas belimbing wuluhnya dulu, lalu gosokkan pada noda yang ada di keramik. Diamkan beberapa menit, lalu gosok pakai kain lap sampai bersih. Lalu untuk peralatan masak berupa porselen kamu dapat gosokkan pada noda di permukaannya, lalu diamkan beberapa menit dan dibilas pakai air sampai bersih. Simpel dan nggak ribet ya!

Wah ternyata asal kita mau #DiscoverScience banyak bahan-bahan alami yang bisa bermanfaat banget ya. Nah, selain sabun cuci, alat pencuci piringnya juga wajib diperhatikan guys. Kamu butuh sabut spons yang berkualitas dan mumpuni supaya peralatan sehari-hari bersih maksimal, seperti Sabut Spons Daya Gosok Kuat Scotch-Brite™ dan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite™ dari 3M. Keduanya diciptakan dengan teknologi tinggi untuk mendukung kamu mencuci perlengkapan makan sehari-hari. Dengan Sabut Spons Daya Gosok Kuat Scotch-Brite™ dan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite™, noda-noda bekas yang menempel pada piring kotor bisa hilang dan bersih. Apalagi menjelang lebaran yang makanannya didominasi oleh makanan berminyak dan berlemak.

Kombinasi Sabut Spons Daya Gosok Kuat Scotch-Brite™ dan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite™ dengan bahan-bahan alami akan memudahkanmu bersihkan peralatan masak. Piring-piring kotor, peralatan masak dan makan pun menjadi 3XCepat Bersih dan 3XTahan Lama. Khusus untuk peralatan masak stainless-steel kamu bisa pakai Sabut Spons Daya Gosok Kuat Scotch-Brite™, sedangkan untuk peralatan masak anti-lengket dapat gunakan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite™. Mau tahu produk lainnya yang bisa membantu kegiatan kamu sehari-hari? Cek di sini ya.

Momen lebaran memang akan semakin berkesan kalau kita bisa berkumpul dengan keluarga besar. Tak akan lengkap kalau tanpa hidangan yang menggoda selera. Selamat Lebaran ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya