THR adalah angin segar di bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu banyak orang. Tapi kadang THR juga cepat sekali habisnya, tanpa kita tahu buat apa saja. Tahu-tahu dompet sudah tanggal tua saja, padahal Lebaran belum juga tiba. Ngenes nggak sih kalau dipikir-pikir?

Dapat THR memang cuma setahun sekali. Sayang banget kan kalau THR kamu habis gitu doang. Demi uang THR-mu nggak mubazir dan terbuang sia-sia, cobain tips mengatur THR supaya tetap ada sisa yang bisa ditabung. Dan tentunya nggak tiba-tiba habis tanpa tahu buat apa dalam ulasan berikut ini.

1. Sebelum buat budgeting THR, sisihkan dulu nominal tertentu untuk masuk ke tabunganmu

sisihkan untuk tabungan via unsplash.com

Hal satu ini penting banget kamu duluin. Sebelum dihabiskan buat ini dan itu, sebaiknya sisihkan dari awal berapa nominal yang masuk ke tabunganmu. Dengan begitu, THR-mu nggak bakal habis cuma-cuma karena seenggaknya sudah ada yang kamu sisihkan sebelumnya. Aman deh.

2. Pastikan dana perjalanan (tiket, bensin, tol) sudah kamu pikirkan, biar pas mudik nggak keteteran

pikirkan biaya perjalanan mudik via unsplash.com

Seringkali THR identik dengan beli baju dan barang-barang penunjang penampilan lainnya. Ada yang juga yang terlalu fokus pada bagi-bagi angpao saat lebaran nanti. Sampai-sampai dana untuk perjalanan mudik, entah itu tiket, bensin, dan tol jadi terlupakan. Padahal sudah pasti nominalnya besar. Nggak heran kalau kamu jadi ketetran.

3. Pengeluaran-pengeluaran sepele seperti kuota internet sering terlupa. Padahal butuh buat kirim-kirim ucapan selamat lebaran

kuota internet jangan lupa via unsplash.com

Kamu mungkin sering menyepelekan pengeluaran seperti kuota internet. Hmm… Mentang-mentang wifi sudah di mana-mana. Toh, kamu juga butuh kirim-kirim ucapan selamat lebaran via media sosial atau aplikasi chatting kayak WhatsApp. Kalau lagi pengen kirim ucapannya dadakan, kuota internet sendiri bakal kamu perlukan. Yuk, bikin list butuh berapa Rupiah untuk beli kuotanya.

Untungnya ada Smartfren Super 4G kuota dengan 60rb kamu sudah dapat 30Gb selama satu bulan dan full 4G 24 jam. Ditambah lagi dengan fitur free voice, kamu bisa gratis nelpon ke sesama Smartfren tanpa batasan waktu. Nggak boros pulsa maupun kuota buat ngobrol-ngobrol seru sama teman atau keluarga di kampung halaman. Asyik deh bisa silaturahim sepuas mungkin dengan hemat. By the way, selama bulan Ramadan ini Smartfren mengajak kamu untuk #kuotakanyangbaik dengan menebar kebaikan lewat kata-kata di media sosial. Sudah tahu belum?

4. Jangan lupa bikin daftar oleh-oleh buat keluarga di kampung halaman. Plus, siapkan jumlah uang buat bagi-bagi angpao lebaran secukupnya di sana

beli oleh-oleh buat keluarga di kampung halaman via unsplash.com

Lebaran setahun sekali. Nggak ada salahnya kamu bikin daftar oleh-oleh apa saja buat keluarga di kampung halaman. Entah itu berupa barang atau makanan, yang pasti pilih yang mereka suka biar nggak mubazir. Dan tentunya siapkan jumlah uang buat bagi-bagi angpao lebaran di sana ya. Secukupnya dan sepantasnya saja disesuaikan dengan kemampuanmu. Mereka ngerti kok, kebutuhanmu di tanah rantau masih banyak. 🙂

5. Pikirkan juga balik mudik naik apa. Harusnya sudah kamu sisihkan untuk biaya arus balik ini ya

siapkan biaya untuk arus balik via unsplash.com

Sibuk pikirkan mudik kadang bikin kamu lupa baliknya nanti naik apa. Jangan-jangan malah belum tahu nih nanti kembali ke perantauan via apa? Makanya, hal satu ini jangan sampai terlupa. Kamu wajib sisihkan biaya perjalanan buat arus baliknya. Biar THR-mu nggak habis duluan. Oh ya, ingat pula bahwa saat kembali ke perantauan nanti kamu juga butuh biaya. Jadi tabungan jangan dihabis-habiskan saat lebaran sampai bingung pas balik ke kota karena gajian masih lama ya.

6. THR muncul di bulan Ramadan. Jangan sampai terlewat zakat, infaq, dan sedekahnya kakaaaaakk

jangan lupa zakat, infaq, dan sedekahnya via pixabay.com

Mentang-menteng rekeningmu jadi gendut seketika, lupa deh THR muncul di bulan Ramadan yang penuh berkah. Bulan yang jadi momen perbanyak beribadah ini sebaiknya harus imbang. Maka dari itu, zakat, infaq, dan sedekahnya jangan sampai terlewat. Kamu bisa sisihkan uang untuk kewajiban bayar zakat, berinfaq, dan bersedekah pakai uang THR semampumu. Yang penting ikhlas dan penuh berkah. 🙂

Menebar kebaikan dari uang THR bisa banget kamu lakukan. Keenam tips atur THR tadi dapat kamu share agar banyak yang bisa ikutan seperti itu juga. Caranya, kamu bisa cek di #kuotakanyangbaik ya. Kamu tinggal ceritakan kebaikan Ramadanmu dengan pose yang ditentukan yang ditentukan ke Instagram pribadi kamu. Ceritakan kebaikanmu di bulan Ramadan mu melalui caption dan sertakan tagar #Super4GKuota #KuotakanMaumu #KuotakanYangBaik serta mention @smartfrenworld dan 3 orang temanmu ya! Dapetin hadiah keren seperti Samsung Galaxy S10e, Realme 3, Xiaomi Redme 6A, Smartfren MiFi  M6, dan voucher MAP. Cek info lengkapnya di kuotakanmaumu.com ~

Meski rekening jad gendut, THR bisa lenyap sia-sia kalau nggak diatur dengan cermat. Nggak mau ‘kan THR tiba-tiba lenyap begitu saja. Itu THR apa main sulap sih? Hehe

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya