Memiliki postur tubuh yang sempurna nan indah memang dambaan setiap orang. Tak hanya memiliki otot padat maupun perut rata, postur tubuh tegak tanpa bungkuk juga merupakan salah satu bentuk tubuh idaman. Bahkan demi mewujudkan postur tubuh yang ideal tersebut, banyak iklan yang mempromosikan beragam alat olahraga untuk memperbaiki postur tubuh.

Namun sayangnya, alat-alat tersebut tidaklah murah. Hanya orang-orang berkantong tebal yang bisa memiliki alat-alat tersebut. Nah! bagi kamu yang tak memiliki banyak uang, Hipwee akan memberikan beberapa olahraga alternatif yang bisa membuat postur tubuhmu menjadi lebih baik dan lebih sempurna. Apa sajakah itu? Mari kita simak satu persatu.

1. Berenang adalah olahraga yang murah, aman, serta memiliki segudang manfaat seperti tegaknya postur badan

Renang

Renang via listcrux.com

Advertisement

Beruntunglah kamu yang hobi sekali dengan olahraga satu ini. Pasalnya, berenang adalah olahraga paling lengkap. Selain dapat membakar kalori dan membentuk otot, berenang juga memungkinkan dirimu untuk bisa memiliki postur tubuh yang baik, sekaligus menambah tinggi.

Ketika berenang, apalagi berenang dengan gaya bebas, gaya katak, maupun gaya kupu-kupu, semua otot dan sendi di tubuhmu dipaksa untuk bergerak. Hal ini memungkinkan tubuhmu untuk bisa mengayun di dalam air, serta bergerak bebas dan sehingga otot bisa menjadi lebih lentur dan bertambah kuat. Nah otot yang kuat inilah yang akan membantu menopang beban tubuhmu. Berenang juga bisa membuat tulang punggung meregang, sehingga kamu dapat memiliki postur tubuh yang lebih baik.

2. Bentuk punggung kuda yang sedemikian rupa dapat memaksa tubuhmu agar duduk tegak dengan posisi sempurna

Berkuda adalah salah satu olahraga yang memungkinkanmu untuk bisa melatih otot, serta membuatmu memiliki postur tubuh yang sempurna, karena bentuk punggung kuda yang sedemikian rupa bisa memaksa tubuh serta punggungmu agar bisa lebih tegap. Selain itu, berkuda juga dapat membakar kalori, lemak, serta melancarkan peredaran darah.

3. Tingkatkan fokus, kekuatan, serta koordinasi dengan olahraga memanah

Ibu-ibu cantik ini juga olahraga panah lho!

Ibu-ibu cantik ini juga olahraga panah lho! via www.wowkeren.com

Advertisement

Dengan memanah, kamu otomatis akan melatih serta meregangkan otot-otot tangan serta bahu. Panahan juga memungkinkan kamu untuk dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi. Oleh karenanya, tak ada salahnya kamu untuk mencoba olahraga yang satu ini. Asal tahu saja, artis-artis cantik seperti Tara Basro, Chelsea Islan, dan Dian Sastro juga lagi gandrung sama olahraga panahan lho.

Dengan peregangan yang dilakukan ketika melakukan olahraga panahan, postur tubuhmu pun bukan tidak mungkin akan menjadi lebih sempurna daripada sebelumnya.

4. Peregangan pada latihan Yoga memungkinkan tubuhmu kembali menjadi sempurna

Yoga

Yoga via 365fit.info

Beberapa tahun belakangan ini, olahraga yoga semakin populer di tanah air. Yoga adalah suatu bentuk peregangan yang menggunakan teknik-teknik khusus, sehingga memungkinkan otot-otot serta persendianmu bisa meregang secara maksimal. Jika dilakukan secara teratur, yoga dapat melancarkan pernafasan, memperbaiki postur tubuh yang buruk, serta dapat menambah tinggi badan– tergantung yoga macam apa yang kamu lakukan.

5. Peregangan Pilates juga akan membuat tubuhmu menjadi lebih indah

Pilates adalah olahraga yang memungkinkan kamu untuk melakukan peregangan di seluruh otot tubuh. Biasanya untuk melakukan pilates, praktisi akan memanfaatkan bola fitnes. Sekilas olahraga ini memang mirip dengan olahraga yoga, namun sebenarnya pilates ini berbeda dan tak ada hubungannya dengan yoga. Yang satu dikembangkan oleh seorang dokter Jerman, dan yang satu berasal dari peradaban India lampau.

Jika dilakukan dengan benar, peregangan dan pengaturan pernapasan yang kita lakukan memungkinkan tubuh untuk bisa membakar lemak, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, sekaligus memperbaiki postur tubuh yang salah. Inilah yang coba dicapai oleh gerakan-gerakan pilates.

Pilates juga dapat mengembalikan kelengkungan tulang belakang ke posisi sebenarnya. Jadi, olahraga ini cocok sekali untuk menghilangkan nyeri tulang belakang serta bahu.

6. Meski termasuk baru, TRX merupakan olahraga yang tak ada ruginya untuk kamu coba

Mungkin olahraga satu ini masih terdengar asing bagi para warga Indonesia. Pasalnya olahraga ini memang masih tergolong baru diketahui oleh masyarakat dunia. Olahraga ini merupakan pengembangan dari olahraga tali yang ditemukan sekitar tahun 1800-an, baru kemudian dikembangkan menjadi Total Resistance eXercise (TRX) oleh Randy Hetrick, seorang mantan angkatan laut pada tahun 1990-an, dan baru dikenalkan kepada masyarakat luas pada tahun 2005.

TRX memungkinkan otot-otot tubuhmu meregang secara maksimal, sehingga memungkinkan kamu dapat melatih otot tubuh, serta membakar kalori sekaligus. Gerakan-gerakan yoga sulit yang belum bisa kamu lakukan juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan TRX ini.

Itulah beberapa olahraga yang memungkinkanmu bisa mendapatakan postur tubuh yang sempurna. Yang mana nih yang mau kamu coba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya