6 Langkah Membersihkan Kulit Wajah Agar Tetap Sehat

Siapa di sini yang suka malas cuci wajah setelah pergi seharian? Padahal, kotoran, debu, dan bekas make up yang nempel di wajahmu perlu banget untuk dibersihkan, loh! Walaupun kamu nggak punya rutinitas skincare, kamu tetap harus membersihkan dan menjaga kesehatan kulit wajahmu. Pokoknya, sebelum kamu make up atau tidur, pastikan kulit wajahmu bersih dan lembap.

Advertisement

Untuk membantumu menjaga kulitmu tetap sehat dan luar biasa, kami nggak akan merekomendasikan produk apa yang harus kamu pakai. Hal itu bergantung pada jenis kulitmu, sehingga cuma kamu yang tahu apa yang terbaik untukmu. Di sini, kami sudah merinci tips membersihkan dan mempersiapkan kulit wajah yang sangat mudah untuk dilakukan.

1. Cuci wajahmu dengan air bersuhu netral 

langkah mencuci wajah

Mencuci wajahdengan air mengalir | Foto oleh Leah Kelley dari Pexels via www.pexels.com

Kata orang, membersihkan wajah dengan air hangat bisa mengangkat minyak berlebih. Sayangnya, kalau terlalu sering, air hangat malah bisa mengikis lapisan minyak alami dan merusak kulit kamu, loh! Kamu pasti nggak mau kulitmu terlihat berminyak dan lebih kusam.

Kalau gitu, apakah lebih baik menggunakan air dingin saja? Nggak juga. Penggunaan air dingin memang membuatmu lebih segar, tapi kurang efektif dalam mengangkat minyak. Karena itu, pilihan yang paling tepat adalah mencuci wajahmu dengan air yang bersuhu netral. Setelah wajahmu bersih, baru kamu boleh menggunakan air dingin untuk menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-porimu sesaat.

Advertisement

2. Pakai cleanser untuk membersihkan wajah

langkah mencuci wajah

Seorang wanita sedang mencuci mukanya | Foto oleh Ron Lach dari Pexels via www.pexels.com

Pilihan yang umum bagi orang-orang adalah cleansing cream, yaitu produk pembersih wajah yang memiliki daya pelembap tinggi sehingga bisa lebih menghidrasi kulitmu. Tapi, kalau kamu pakai make up, akan lebih efektif kalau kamu pakai gel cleanser. Sebelumnya, kamu juga perlu membersihkan riasanmu dengan penghapus riasan seperti make up remover atau micellar water terlebih dahulu. 

Setelah mencuci wajah, jangan gosok wajahmu dengan handuk. Kalau digosok terlalu kencang, nanti kulit kamu meregang dan kamu malah keriputan, loh! Nggak mau, kan, terlihat tua sebelum waktunya? Karena itu, kamu cukup usap pelan wajahmu dengan handuk.

3. Bersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up dengan toner

langkah mencuci wajah

Wanita tersenyum dengan kulit bersih | Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels via www.pexels.com

Advertisement

Percaya, nggak, kalau make up dan kotoran lainnya nggak langsung hilang dari wajahmu setelah dicuci? Area wajah yang kotor selalu memerlukan pembersihan yang lebih ekstra. Utamanya, di daerah T-zone (dahi dan hidung) yang sering berminyak. Untuk masalah ini, toner bakal jadi teman baikmu.

Kamu nggak perlu tuang banyak-banyak. Toner cukup membasahi satu bola kapas. Setelah itu, usap pelan toner di seluruh wajah kamu. Segala kotoran, dari minyak, debu, dan sisa make up akan langsung terangkat. Alhasil, kulit kamu baru bersih sempurna.

4. Gunakan serum setelah selesai membersihkan wajah

langkah mencuci wajah

Memegang pipet serum untuk diaplikasikan | Foto oleh KoolShooters dari Pexels via www.pexels.com

Serum sudah masuk daftar skincare kamu atau belum, nih? Kalau belum, apa karena kamu sering lihat serum dengan harga yang bikin dompetmu meringis? Tenang aja. Banyak banget, kok, serum yang lebih terjangkau dan sama luar biasanya.

Untuk serum, kamu cukup menggunakan satu atau dua pompa untuk seluruh wajah. Yakin, deh, kamu bisa hemat dalam pemakaian serum. Serum juga bermanfaat untuk mengatasi masalah spesifik apapun yang kamu miliki dengan kulitmu. Ada serum untuk pelembab, anti kemerahan, anti penuaan, dan masih banyak lagi! Tugasmu tinggal memilih apa yang cocok untukmu.

5. Oleskan pelembap untuk menjaga kulit terhidrasi

langkah mencuci wajah

Seorang gadis mengaplikasikan krim pelembap ke wajah | Foto oleh Ron Lach dari Pexels via www.pexels.com

Walau terdengar sepele, melembapkan wajahmu setiap hari dapat mengurangi kemungkinan kulit yang terlalu kering atau berminyak. Keadaan kulit yang ekstrem dapat menyebabkan kondisi kulit umum seperti jerawat. Karena itu, baik di siang atau malam hari, kamu perlu pakai pelembap. Kalau di siang hari, kamu bisa pakai pelembap yang mengandung SPF atau setidaknya, oleskan tabir surya secara terpisah. 

6. Jangan lupa untuk mengaplikasikan krim mata

langkah mencuci wajah

Memakai masker untuk area di bawah mata | Foto oleh Ron Lach dari Pexels via www.pexels.com

Area bawah mata adalah bagian tertipis dari kulitmu, jadi sangat membutuhkan kelembapan ekstra. Ini dapat diperoleh dari krim mata. Taruh krim mata seukuran kacang di bawah matamu, lalu pijat atau tepuk pelan. Kalau kamu bakalan pakai make up setelahnya, tunggu beberapa menit sampai krimnya meresap.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE