6 Pertimbangan yang Perlu Kamu Tahu, Sebelum Ganti atau Beli Smartphone Baru

“Merek terkenal dan tipe terbaru tak selalu menjadi jaminan kualitas smartphone-mu.”

Advertisement

Membeli smartphone bukan hal yang mudah, apalagi sekarang banyak sekali pilihan smartphone bagus dari berbagai macam merek. Pengennya sih dapat smartphone yang awet, tapi kadang juga ingin mengikuti tren terkini. Misalnya sekarang pas lagi rame main pokemon, kamu yang HPnya belum support jadi pengen beli lagi ‘kan?

Pokoknya, jangan buru-buru memutuskan, ikuti tips-tips ini dulu sebelum memutuskan untuk memilih smartphone mana yang akan kamu beli.

1. Demi kenyamanan, pilih ukuran yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan

Ukuran

Ukuran via youtube.com

Setiap orang memiliki ukuran jari-jari dan telapak tangan yang berbeda karena itulah ukuran smartphone yang nyaman untuk setiap orang juga berbeda. Selain itu, ukuran juga menentukan seberapa banyak aplikasi yang bisa kamu pasang. Besar kecilnya layar juga mempengaruhi daya baterai ponsel itu. Pertimbangkan juga apakah ponsel itu bisa dimasukkan ke saku dan tasmu atau tidak.

Advertisement

2. Jangan cuma lihat warna atau bentuknya yang lucu, tapi cek juga prosesornya

Prosesornya perhatiin

Prosesornya perhatiin via digitaltrends.com

Mungkin kamu tidak terlalu paham prosesor itu apa. Ibarat tubuh manusia, ponsel pun memiliki otak yaitu prosesor yang akan menentukan seberapa cepat sebuah informasi diproses di sana. Ada dua hal mengenai prosesor yang perlu kamu perhatikan yaitu, jumlah core dan kecepatan clock. Pilih smartphone yang prosesornya memiliki beberpa core dan untuk kecepatan clock biasanya dicantumkan dalam satuan MHz.

3. Kalau kamu hobi download dan nge-game, penting untuk memperhatikan RAM dan memori internalnya

Pilih yang ini?

Pilih yang ini? via reference.com

RAM berguna untuk menyimpan informasi dan menyimpan data pada program yang sedang berjalan. Ukuran RAM bisa kamu temukan dalam ukuran gigabyte (GB), semakin besar berarti semakin bagus karena bisa muat lebih banyak. Kecuali kamu nggak butuh memasang banyak aplikasi, RAM-nya kecil juga nggak papa.

Kapasitas memori internal juga harus kamu perhatikan juga karena ada beberapa aplikasi yang nggak bisa disimpan di memori eksternal.

Advertisement

4. Cari tahu tentang sistem operasi dan aplikasi yang tersedia di dalamnya

Sistem operasinya apa?

Sistem operasinya apa? via youtube.com

iOS memiliki sistem operasi yang sederhana dan dikenal dengan kemudahan penggunaannya. iOS dikenal pula mampu menggunakan sumber daya dengan baik sehingga iPhone RAM-nya kurang dan CPU-nya lebih lemah dari perangkat lain. Kelemahan iOS adalah pada keterbatasannya, misalnya untuk memainkan musik kamu hanya bisa menggunakan iTunes.

Berbeda dengan Android yang jauh lebih populer di Indonesia, penggunaannya mudah dan aplikasi yang bisa kamu unduh di playstore juga beragam. Buat kamu yang khawatir dengan privasi dan informasimu, maka merk blackberry jadi pilihan yang paling aman untukmu.

5. Rajin-rajin lah mencari tahu tentang ponsel incaranmu di internet, atau tanya-tanya ke orang yang lebih paham

Minta pendapat temen yang pakai itu

Minta pendapat temen yang pakai itu via lifehacker.com.au

Kalau kamu lihat di website-website e-commerce biasanya akan ada ulasan dari para pembeli smartphone jenis tersebut. Kamu juga bisa tanya ke teman-temanmu yang kebetulan memakai jenis smartphone yang sama. Tujuannya, biar kamu tahu apakah para penggunananya puas atau menemui kesulitan saat mengoperasikan smartphone tersebut atau tidak. Mungkin kamu juga akan menemukan kebutuhan yang sama dengan salah satu pengulas.

6. Pengen yang bagus-bagus semuanya itu pasti, tapi ingat juga berapa budget atau uang yang kamu miliki

Inget uang yang kamu punya

Inget uang yang kamu punya via wired.com

Sistem operasi yang bagus, RAM yang besar, dan berbagai macam pendukung kece lainnya pasti kamu inginkan. Tapi jangan lupa dengan kondisi kantong, apalah arti smartphone bagus kalau hutang atau kreditan. Mending kamu nabung-nabung dulu aja atau beli yang memang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jadi nggak ada tuh namanya beban hutang yang besar cuma gara-gara pengen dapet HP model terkini.

Banyak yang belum tahu kalau mengganti atau membeli smartphone itu tak semudah, tapi juga tak sesulit kelihatannya. Kamu juga harus paham, bahwa smartphone yang bermanfaat adalah, ‘dia’ yang senantiasa memudahkan hidupmu.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

9 Comments

  1. Ren Na berkata:

    DAPATKAN DISKON PEMBELIAN BULAN INI!!!

    SERIAL TERBARU,FILM SEMI LUAR DAN LAIN LAIN.

    Melayani Pembelian Dalam Media Sperti
    -DVD DISK
    -FLASHDISK
    -MEMORY CARD
    -HARDISK

    Call Center :
    pin bb: 2850B372
    SMS : 0822 8295 6667

    -(PETUNJUK/ CARA PEMESANAN)-
    NAMA :
    ALAMAT LENGKAP :
    NO.HP :
    BENTUK MEDIA :

    CONTOH
    nama : bagus wijaya
    alamat : jln.melati no12 blok g1 perum asri permai,kabupaten malang,prov jatim
    no hp :081 123 456 789
    kode pesanan : AK1,AK2,AK3 ,AA1,AA2,AI4,AI7,BT4,BT6 (dst)
    bentuk media : (dvd disk) /jika anda ingin pesan dalam bentuk flashdisk,memory atau hardisk tinggal sebutkan saja di format pemesanan
    setelah itu kami akan membalas dengan total biaya yg harus anda transferkan
    respon cepat
    silahkan order via sms/bbm
    rekening pembayaran: BRI – BNI-BCA-MANDIRI

    -(SISTEM PENGIRIMAN)-
    -DEAL
    -TRANSFER
    -KIRIM

    Call Center :
    pin bb: 2850B372
    SMS : 0822 8295 6667

    Melayani pengiriman keseluruh kota di Indonesia maupun luar negeri,

    JAMINAN MUTU & KWALITAS TERBAIK
    KEPUASAN ANDA ADALAH KEBAHAGIAAN KAMI

  2. Angelica Chang berkata:

    hii…all , numpang promo yahhh ^_^
    mari segera bergabung bersama kami di agen U-p-d-a-t-e_B-e-t-t-i-n-g…
    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya 😀
    ditunggu yahhh kehadiran anda 😀
    terima kasih yahhh… 🙂

  3. Kemal Meoliawan berkata:

    2. Menentukan processor device yang akan dipilih tidak hanya dari jumlah core dan clock speed saja. Arsitektur core yang digunakan juga menentukan kinerja dari prosesor. Ada yang menggunakan arsitektur sendiri (seperti Qualcomn Snapdragon seri 8xx dan Apple Ax) dan ada juga yang menggunakan arsitektur dari ARM (Cortex Axx). Biasanya yang menggunakan arsitektur custom kinerjanya lebih tinggi dari yang menggunakan arsitektur dari ARM, tapi harganya juga lebih tinggi.

    3. Makin banyak RAM ≠ makin bagus karena tidak semua RAM digunakan untuk menyimpan aplikasi yang berjalan. Ada juga yang disimpan oleh sistem untuk menjalankan sistem. Masalahnya beberapa pabrikan sering menyelipkan app bawaan sistem yang tidak berguna/jarang dipakai (bloatware) di OSnya sehingga RAM yang tersisa untuk aplikasi tidak terlalu banyak. Untuk ini lebih baik pilih hape yang ROM/OSnya terkenal bagus dalam manajemen RAM dan bersih dari bloatware ketimbang membeli hape dengan RAM yang besar tapi OSnya memakan RAM cukup banyak.

CLOSE