Siapa sih yang nggak mau jadi orang yang lebih baik setiap harinya? Soalnya kan kalau hari ini sama saja dengan kemarin rasanya percuma, nggak ada pencapaian. Apalagi di bulan Ramadan ini, pastinya setiap orang berlomba-lomba menjadi lebih baik dibanding pada Ramadan sebelumnya.

Tapi tentunya nggak harus dengan menjadi alim dalam sekejap. Ada banyak cara, salah satunya adalah lakukan kegiatan-kegiatan yang lebih positif dari sebelumnya. Jika dilakukan terus, sebenarnya kamu sudah punya pencapaian, yaitu menjadi lebih baik dibanding Ramadan sebelumnya. Apa saja ya? Yuk, simak selengkapnya~

1. Dulu masih suka gibahin orang pas jam istirahat. Sekarang pilih baca buku saja biar berfaedah

baca buku biar berfaedah via unsplash.com

Godaan paling sulit saat puasa adalah menahan untuk nggak gibahin orang ketika jam istirahat. Ya nggak sih? Rasanya ada saja yang dapat dijadikan bahan obrolan. Daripada terus lakukan hal nggak berfaedah yang jelas-jelas mengurangi pahala puasa, mendingan pilih baca buku saja. Kamu jadi bisa punya waktu buat me time seru dengan bacaan kesayangan.

2. Dulu suka bete lihat pengemis/peminta sumbangan karena khawatir cuma fiktif saat mau beramal. Sekarang tinggal berikan tip ke ojek online, semoga berpahala

berikan tip saja via unsplash.com

Jujur saja kalau mau beramal dengan berikan uang ke pengemis atau peminta sumbangan gitu masih suka diliputi rasa ragu. Lantaran banyak berita yang mengungkap bisnis pengemis dan peminta sumbangan fiktif yang sebenarnya lebih kaya dari kamu. Namun kini kamu lebih suka beramal lewat berikan tip ke ojek online saja yang sudah jelas telah berikan jasanya ke kamu. Benar nggak? Tip 2 ribu sampai 10 ribu lumayan lo, semoga berpahala dan berkah buat kamu ya.

3. Dulu pas kena macet di jalan langsung kzl dan marah-marah di medsos. Sekarang kalem aja, sambil baca Al Quran online

sambil baca Al Quran online via unsplash.com

Macet menjadi salah satu cobaan yang begitu berarti di bulan Ramadan. Panas, pusing, dan sudah lelah seharian kerja rasanya. Hal itu pasti bikin kamu langsung kzl dan marah-marah di medsos. Tapi kamu sadar nggak kalau itu cuma buang-buang kuota? Kuota internetmu jadi mubazir begitu saja lo. Kalau sekarang sih lebih baik atasi kekesalan gara-gara macet dengan kalem saja sambil baca Al Quran online pakai ponsel. Lebih bermanfaat dan mendatangkan pahala. Karena kamu tahu bahwa Ramadan adalah waktunya #kuotakanyangbaik.

4. Dulu nunggu bedug sambil scrolling gosip artis. Sekarang sih sambil nonton channel-channel ilmu pengetahuan

nonton channel ilmu pengetahuan via unsplash.com

Konten YouTube yang beragam memudahkanmu cari berbagai informasi di sana. Misalnya saja banyak channel ilmu pengetahuan yang bikin kamu jadi tahu tentang hal-hal baru. Dibanding dulu saat nunggu bedug malah scrolling gosip artis, tentunya nontonin channel-channel YouTube yang berisi ilmu pengetahuan jelas lebih bermanfaat. Dengan begitu, kuota internetmu bisa bermanfaat dan memberimu ilmu baru. Bukan cuma gosip-gosip artis yang nggak ada hubungannya dengan hidupmu. Nah biar nonton YouTubenya makin lancar kamu bisa pakai Smartfren Super 4G kuota dengan 60rb aja kamu udah dapat 30Gb jadi bisa streaming sepuasnya.

5. Dulu masih peduli sama diri sendiri saja ketika mau nyebrang. Sekarang bisa sambil bantu lansia biar sekalian nyebrang jalan

bantu nyebrang jalan via www.pexels.com

Masa-masa dulu itu bisa dibilang kamu masih cuek sama sekitar. Pokoknya masih fokus sama diri sendiri doang, seperti saat sedang mau nyebrang. Tapi makin dewasa kamu jadi tambah sadar akan kepekaan sosial. Sekarang kalau ada lansia nyebrang jalan, kamu bantu biar mereka bisa nyebrang dengan aman. Sederhana dan bermakna ya!

6. Dulu paling malas terima titipan kalau mau pergi ke luar. Sekarang malah menanyakan ada yang mau dititip atau nggak, duh senang deh bisa bantu sesama

terima titipan via www.pexels.com

Setuju nggak kalau kamu dulu bakal langsung malas saat ada kerabat yang nitip ketika mau pergi ke luar? Entah nitip dibelikan makanan atau minta tolong ambilkan sesuatu di luar rumah misalnya. Namun sekarang kamu malah senang menawarkan bantuan satu ini. Kalimat tanya kayak “ada yang mau nitip atau nggak?” jika dipikir lama-lama bikin hati senang juga karena bisa bantu sesama.

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Perbanyak pahala tak hanya lewat cara mendadak alim saja kok, toh masih banyak cara lain yang bantu hidupmu serba positif. Kebetulan banget di bulan Ramadan ini Smartfren mengajak kamu untuk ikutan campaign #kuotakanyangbaik dengan cara membagikan kisah-kisah kebaikan di media sosialmu, dengan menyertakan tagar #Super4GKuota #KuotakanMaumu #KuotakanYangBaik serta Mention @smartfrenworld dan 3 orang temanmu. Ada berbagai hadiah seru yang sudah menantimu, seperti Samsung Galaxy S10e, Realme 3, Xiaomi Redmi 6A, Smartfren MiFi M6, dan voucher MAP. Untuk info selengkapnya bisa kamu cek di sini ya.

Yuk, jadikan Ramadan tahun ini lebih baik dari tahun lalu 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya