Foto di malam hari selalu butuh effort yang lebih karena minimnya pencahayaan. Seringnya foto jadi blur atau terkena efek “mata merah”. Padahal ada banyak acara keren di malam yang pasti pengin banget diabadikan. Misalnya night fest atau destinasi wisata yang memang kerennya di malam hari. Sebel banget nggak sih kalau hasil fotonya malah nggak banget karena minimnya cahaya?

Biar hasil fotomu nggak mengecewakan, ada baiknya kepoin tips fotografi yang tepat saat minim cahaya. Meski pakai kamera ponsel sekalipun, foto-fotomu tetap keren nantinya. Yuk, simak enam tips fotografi agar foto tetap keren meski diambil malam hari dan minim cahaya.

1. Hindari flash karena bisa menimbulkan bercak-bercak pada foto

hindari Flash via www.istockphoto.com

Sebenarnya flash dibuat untuk membantu menerangi objek saat kita memotret minim cahaya. Tapi seringnya flash malah memunculkan bercak-bercak dan fotomu jadi burem. Jangan heran kalau fotomu jadi berminyak banget dan mata berkilau. Nah, karena itu sebisa mungkin hindari pemakaian flash yaa.

2. Gunakan Night Modeagar foto di kamera bisa secara otomatis disesuaikan dengan pencahayaan terbaik

Ultra Night Mode (doc: OPPO F11 Pro)

Foto di malam hari gunakan ponsel tetap bisa menghasilkan hasil yang bagus lo. Caranya, kamu dapat manfaatkan fitur night mode yang biasanya ada dalam smartphone. Fitur Night Mode ini akan langsung menyesuaikan tampilan kamera terbaik meski minim cahaya. Beberapa smartphone bahkan dibekali fitur night mode super untuk mendukung foto pada malam hari, misalnya OPPO F11 Pro. Nggak hanya punya kamera belakang ganda 48MP+5MP, tapi juga fitur Ultra Night Mode yang akan membuat foto portrait tetap sempurna meski diambil dalam kondisi minim cahaya sehingga menghasilkan fokus wajah yang baik serta warna yang tetap terang.

3. Seminim apapun cahaya di sekitar, kamu bisa memanfaatkannya jadi nuansa tersendiri dalam gambar

manfaatkan cahaya sekitar via unsplash.com

Dibanding pakai flash, kamu lebih baik manfaatkan cahaya-cahaya sekitar objek foto. Seminim apapun cahayanya itu, walau cuma kelap-kelip lampu jalanan atau lampu dari kendaraan ketika macet di jalan raya. Karena hasilnya jadi lebih indah tanpa terlalu terang atau terlihat aneh lo. Malah sering kali cahaya-cahaya alami ini bikin fotomu terlihat lebih artsy dan menarik.

4. Pakai tripod dan timer. Biar bisa atur cahayanya tanpa ribet dan nggak blur

Ultra Night Mode (doc: OPPO F11 Pro)

Daripada repot memegang ponsel untuk hasil foto yang keren, mendingan kamu pakai tripod dan timer. Kamu jadi lebih luwes buat ngatur cahaya di ponsel tanpa harus menahan gerakan. Pastikan tripod sudah kamu atur dengan benar pada kamera dan gunakan timer ya biar nggak blur kalau ada objek yang bergerak. Seperti halnya OPPO F11 Pro yang sudah dibenamkan Optical Image Stabilization mampu menghasilkan gambar tanpa blur dan tajam sehingga kualitas gambar lebih tajam.

5. Hindari zoom karena bisa membuat objek foto pecah dan makin nggak jelas terlihat

jangan di-zoom via unsplash.com

Karena minim cahaya, maka sebaiknya kamu hindari zoom biar hasil fotonya terlihat jelas. Kalau sudah minim cahaya lalu kamu menggunakan zoom, maka fotonya jadi burem lo. Coba cek sendiri deh kalau masih nggak percaya. Jadi untuk mengakalinya, kamu harus pintar-pintar mengatur jarak objek dengan kamera.

6. Manfaatkan fitur potret supaya fotomu makin terlihat artsy

manfaatkan tipe portrait (doc: OPPO F11 Pro)

Salah satu tips fotografi kekinian yang wajib banget kamu manfaatkan adalah potret atau portrait mode yang bisa menghasilkan foto bokeh yang menarik. Biasanya fitur ini ada di kamera digital. Tapi sekarang sih sudah banyak smartphone yang bisa potret juga. Potret sangat berguna kalau kamu sedang berada di tempat keramaian seperti night fest atau berdiri di jalan raya dengan penerangan yang temaram. Biar foto portraitmu fokus hanya pada wajahmu sebagai objek utama, mending belakangnya diblur saja ya.

Meski fotografi nggak hanya soal kamera bagus tapi juga skill, kualitas kamera tetap nggak bisa disangkal lo. Untuk foto keren meski minim cahaya, kamu butuh smartphone seperti OPPO F11 Pro yang punya fitur Ultra Night Mode. Saat kamu mengambil foto potret malam hari, sistem akan membedakan objek foto dengan latar belakang, dan menyesuaikan warna kulit sehingga menghidupkan efek foto secara keseluruhan. Selain itu mode ini juga bisa mengurangi noise, menekan highlight, meningkatkan jangkauan dinamis, dan meningkatkan kecerahan sehingga pemotretan malam hari jadi lebih terang dan jelas.

Selain kamera belakangnya yang super canggih, ada juga kamera depan 16MP dengan AI Beauty 2.1, yang mampu memindari 296 titik spesifik pada wajah dan memberikan 8 juta kombinasi skema beautification, sehingga hasil fotomu lebih natural. Pokoknya kalau pakai OPPO F11 Pro foto pas gelap-gelapan nggak susah deh~

Selain kameranya yang bikin kamu nggak ragu foto di malam hari, OPPO F11 Pro juga dilengkapi dengan teknologi flash charging termutakhir VOOC 3.0 yang menjadikan durasi pengisian daya 20% lebih cepat dari sistem pengisian daya cepat versi sebelumnya. OPPO F11 Pro pun dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 4000mAh dan konsumsi daya lebih rendah, sehingga daya tahan baterainya lebih lama. Ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu Thunder Black dan Aurora Blue yang masing-masing terdiri dari gradasi tiga warna terbaru yang memberikan pengalaman berbeda lewat tampilan warna yang lebih nyata.

Jangan lupa enam tips fotografi tadi kamu terapkan supaya hasil foto di malam hari dan minim cahaya tetap bagus. Nggak lagi blur, burem, apalagi ada mata merah. Berminat punya OPPO F11 Pro? Ikuti Pre Ordernya di sini~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya