“Eeeh..eeeh..ehhh..jangan pulang dulu! Selfie dulu kita, buat di post di Instagram dan Path.” “Bentar. bentar. Bagus nih tempatnya, selfie dulu ya?”

Kegiatan selfie sekarang sudah jadi seperti nafas. Setiap pergi ke tempat yang menarik, foto-foto wajib hukumnya. Selain sebagai modal utama untuk posting di sosial media, selfie yang apik juga memudahkan kita mengingat apa saja yang sudah terjadi sebelumnya. Namun sayang, tidak semua orang punya muka fotogenik nan sempurna yang membuat mereka tampil oke dalam setiap selfie nya. Tapi walau tidak sefotogenik Raisa tentu ada cara dong agar bisa punya selfie yang oke? Di sini Hipwee dan Samsung J 5 & J 7 akan memberikan caranya.    

1.Gerakkan badan untuk angle yang berbeda. Mengambil selfie cuma dari depan bikin muka sedatar nasi kotakan

28183726_no1 Saat sudah siap mengambil selfie, jangan malas menggerakkan badan ke kanan atau ke kiri. Lewat upaya ini wajahmu akan terlihat lebih berkontur dan bervolume. Setiap orang punya angle terbaik yang layak diekspos. Dan ini tidak akan bisa dimengerti kalau tidak dijajal setiap ada kesempatan. Geser badan sedikit ke kanan atau ke kiri dan lihat, sisi mana yang lebih oke. Yang jelas jangan mengekspos muka secara frontal cuma dari depan. Cara ini akan membuat mukamu tampak besar dan sedatar nasi kotakan.  

2. Lighting menentukan prestasi. Pastikan kamu mengambil foto dengan pencahayaan mumpuni

32105391_no2 Apa bagusnya foto yang backlight sampai tidak terlihat jelas apa yang diekspos di dalamnya? Kita-kita ini cuma sering clumsy saja menentukan arah pengambilan foto yang paling oke cahayanya. Sebenarnya mendapatkan foto yang apik tidak sesulit yang dikira. Pastikan saja kamu mendapatkan cahaya yang tidak berlebihan, tapi tetap cukup untuk menerangi frame yang diinginkan. Salah satu cara gampangnya ya dengan pakai Samsung J 5 & J 7 yang punya flash di kamera depan khusus buat penyuka selfie. Dengan cara ini kamu gak perlu khawatir foto terlalu gelap atau backlight. Dijamin pas!     3. Terapkan 5 cara ini biar full body selfie mu terlihat lebih proporsional   Menurut Chrissele Lim ada 5 cara untuk membuatmu terlihat lebih tinggi-langsing-dan proporsional tanpa harus pakai Photoshop:

  • Ambil foto dari angle yang rendah
  • Pastikan seluruh badanmu masuk dalam frame foto
  • Demi kaki yang terlihat lebih jenjang, letakkan satu kaki di depan kaki lain saat difoto
  • Pilih celana dengan potongan pinggang yang tinggi (high waisted bottom)
  • Ambil langkah panjang saat mengambil foto dengan pose berjalan. Cara ini akan membuat kakimu terlihat jauh lebih panjang daripada aslinya.

4. Senyum di foto itu penting. Tapi pastikan senyummu ikhlas dan gak garing

27463551_no4 Apalah guna senyum di foto kalau tidak dilakukan dengan ikhlas? Yang ada malah kelihatan awkward, bukannya ramah. Demi senyum yang terlihat lebih ikhlas dan lepas, ada caranya kok!

  • Tutup mata
  • Ambil nafas panjang
  • Buka mata sebelum shutter kamera berbunyi, atau tepat sebelum jarimu memencet tombol “capture”
  • Tersenyumlah!

5. Momen selfie terbaik tak ada yang tahu. Untuk itu set quick access ke kamera di ponselmu  

31999176_no5 Bisa saja kamu sedang menyetir lalu tiba-tiba cahaya matahari senja tampak cantik sekali. Atau saat pergi ke festival kecil di kotamu, ada dekorasi unik yang cocok untuk jadi background foto. Semua momen ini tidak bisa diduga datangnya. Kita harus pintar-pintar mengambil momen agar tidak kehilangan keelokannya. Nah, penting juga buatmu untuk setting quick access ke kamera. Seperti yang Samsung J 5 & J 7 punya. Tinggal pencet tombol quick access di layar depan, kamera langsung terbuka.      

6. Stop bilang “Cheese” saat difoto. Ucapkan “Money” biar senyummu tampak segurih kuah soto

29245040_no6

 

Kalau selama ini kamu terbiasa menciptakan senyum dengan berteriak, “Cheese” sekarang kebiasaan ini harus dipensiunkan. Stop menggunakan kata “Cheese”, karena“Money” has come to the rescue.  Huruf “E” yang tegas pada kata “Money” membawa sisi kanan-kiri bibirmu ke atas sembari membuat matamu sedikit menyipit secara kasual. Dua cara ini bisa memberimu ilusi senyum yang natural. Jauh lebih baik dari ucapan “Cheese” yang memberimu ilusi senyum nan datar.     See? Gak susah ‘kan demi menciptakan foto yang lebih cantik? Mau dari sananya fotogenik atau tidak, trik-trik mudah ini bisa membantumu

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya