Pernahkah tenggorokanmu tersangkut duri atau tulang ikan saat sedang asyik-asyiknya makan?

Kondisi yang sering disebut ketulangan ini memang seringnya terjadi secara nggak sengaja. Tapi kenyataannya sangat mengganggu dan menjengkelkan. Apalagi kalau dialami oleh anak kecil. Tenggorokan tentu jadi sakit dan sulit menelan. Bahkan kalau nggak ditangani dengan segera, ketulangan bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan di area tenggorokan.

Advertisement

Berikut beberapa cara yang sudah Hipwee Tips himpun yang bisa kamu lakukan ketika nggak sengaja menelan duri atau tulang ikan.

NB: Jangan sekali-kali mengakali duri atau tulang ikan dengan tangan karena justru bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan.

1. Cobalah untuk batuk kencang untuk mengeluarkan duri atau tulang ikan yang terjebak dalam tenggorokan

batuk yang kencang via fish%20spines%20in%20the%20throat

Kedengarannya memang ekstrim. Tapi dalam beberapa kasus, batuk yang kencang akan membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan. Memang diperlukan untuk batuk kencang, tapi pelan-pelan saja, jangan sampai malah jadi makin masuk durinya.

2. Banyak minum air putih, atau air hangat yang dicampur dengan sejumput garam jika perlu

minum banyak air via www.healthination.com

Advertisement

Jika batuk nggak membantu, cobalah minum air putih yang banyak dengan harapan duri ikan tersebut terdorong dan segera lepas dari tenggorokan. Kalau belum berhasil juga, ambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Lalu berkumurlah (yang diarahkan ke kerongkongan) atau minum air campuran garam tersebut. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

3. Buatlah kepalan-kepalan kecil nasi hangat lalu telan bulat-bulat

makan bola-bola nasi via www.archanaskitchen.com

Ambil segenggam nasi hangat, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Lalu telan bola-bola nasi tersebut tanpa dikunyah. Ingat, jangan terlalu besar untuk mengurangi risiko tersedak. Jangan lupa siapkan segelas air untuk membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

4. Selain nasi, kamu juga bisa menelan marshmallow untuk membantu mendorong duri masuk ke saluran pencernaan

makan marshmallow via www.ladybehindthecurtain.com

Isi mulutmu dengan beberapa marshmallow, lalu kunyahlah, tapi jangan sampai halus, kemudian telan. Tekstur yang tebal dan kenyal dari marshmallow ketika terkena air liur berubah menjadi lengket. Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

5. Makan pisang yang sudah dipotong-potong ukuran sedang, lalu telan bulat-bulat

telan irisan pisang via racheerachheats.blogspot.com

Siapkan beberapa pisang yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sedang, lalu masukkan ke dalam mulut. Setelah cukup lembab, perlahan-lahan telanlah pisang bulat-bulat. Segeralah minum segelas air untuk menghindari tersedak. Kelengketan pisang diharapkan bisa menarik duri atau tulang ikan sehingga memungkinkan terlepas dari kerongkongan.

6. Berikan pelumasan dalam tenggorokan dengan meminum air hangat yang dicampur dengan minyak zaitun

air dan minyak zaitun via www.dailymotion.com

Hal lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah. Minyak zaitun memungkinkan untuk memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat duri melunak dan terlepas.

7. Kalau cara-cara di atas nggak membantu, segeralah temui dokter THT untuk penanganan lebih lanjut

cek ke dokter THT via wellnesskeen.com

Ketika kamu sudah melakukan cara-cara di atas namun nggak berhasil menghilangkan ketulangan di daerah tenggorokan, segera konsultasi ke dokter THT. Terlebih jika ketulangan yang kamu alami menimbulkan beragam keluhan, seperti rasa sakit yang nggak kunjung sembuh atau pun pembengkakan di daerah tenggorokan.

Demikian beberapa kiat untuk menyingkirkan duri atau tulang ikan yang tersedak di tenggorokan. Meski seringnya nggak sengaja, lain kali lebih hati-hati lagi saat makan ikan yang banyak durinya, ya. Semoga membantu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya