Belajar menghafal sesuatu yang sifatnya continue memang gampang-gampang susah, Juz Amma contohnya. Di balik kesibukan dan waktu bersantai yang minim, sering membuat kita lupa bahwa menghafal Juz Amma atau lebih tepatnya surat-surat pendek di dalamnya itu penting dan sangat di perlukan. Ketika sholat misalnya, tentunya kita ingin membaca surat-surat pendek yang tidak hanya itu-itu saja bukan? Hati ini lebih tenang rasanya kalau bisa menghafal banyak surat pendek yang manfaatnya segudang itu.

Nah, karena tak hanya Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas dan An Naas saja yang harusnya kamu lafalkan saat sholat, Hipwee akan membagikan beberapa tips dan trik jitu menghafal Juz Amma hanya dalam waktu 30 hari saja! Here we go…

1. Mulailah dengan niat. Tak perlu menyiksa diri dengan ‘melahap’ banyak surat pendek. Baca dan konsistenlah dengan surat yang mudah dulu.

mulailah dari surat pendek yang termudah via android.brothersoft.com

“Kalau kamu nggak mendasari diri dengan niat dan konsistensi, step selanjutnya akan percuma saja, lho.”

Dasari dirimu dulu dengan niat dan konsistensi yang tinggi sebelum kamu memulai langkah selanjutnya. Tak harus menyiksa diri dengan membaca seluruh bagian Juz Amma, kamu bisa memulainya dengan surat-surat pendek yang dianggap paling mudah dan bacalah berulang-ulang agar lebih efektif.

Advertisement

Pelajari juga letak harokat serta tajwid yang benar supaya kamu nggak asal baca. Bila perlu, minta tolonglah pada teman atau guru mengaji yang lebih mumpuni dalam hal ini.

2. Targetkan mengganti surat pendek di setiap rakaat shalat. Biar hasil hapalanmu nggak menguap ke udara

saat sholat, baca surat yang berbeda via boutislam.dot.net

“Kalau waktu Sholat Subuh kamu membaca surat An Naas atau Al-Ikhlas, coba baca surat At Taariq atau surat Al Kautsar saat Sholat Dzuhur dan seterusnya, ya.”

“Dapat dan hafalkan 1 sampai 2 surat dalam sehari dan raih 30-60 surat dalam sebulan.”

Dalam langkah ini kamu juga nggak perlu memaksakan kemampuanmu dalam menghafal surat-surat pendek, kok. Ganti saja bacaan surat-surat pendek yang sekiranya kamu bisa ketika Sholat dan targetkan dirimu untuk segera bisa bukan malah berleha-leha. Dengan begini, kamu akan terpacu untuk terus belajar Juz Amma dengan serius dan makin khusyu’ dalam sholat. Good luck!

3. Mulai sekarang, coba unduh aplikasi bacaan-bacaan Juz Amma di laptop atau gadget-mu supaya kamu bisa berlatih kapan dan di mana saja

jangan cuma lagu-lagu galau doang! via tentarakecilku.blogspot.com

Di era modern yang serba ada ini, kamu nggak perlu susah-susah untuk membawa Juz Amma kemana-mana jika ingin cepat menghafal surat-surat pendek di dalamnya. Unduh saja aplikasi Juz Amma di internet dan simpan pada laptp atau gadgetmu supaya makin mudah mengaksesnya kapan dan di mana saja. Buka, baca dan pelajarilah di kala sempat supaya kamu nggak cuma stalking account mantan melulu.

“Udah serba gampang gini masih males aja buat belajar dan meghafal Juz Amma?”

4. Download MP3 surat-surat pendek lalu dengarkan. Biar kamu nggak muak harus membaca hapalan

pakai headset oke juga via educology.com

Jangan cuma lagu-lagu galau aja yang jadi koleksi MP3 mu, bacaan-bacaan Juz Amma juga bisa kamu simpan demi tahap menghafal yang lebih efektif serta bisa kamu lakukan kapan saja. Lakukan langkah ini sebelum tidur atau waktu santaimu di rumah supaya tetap fokus dan nggak terganggu aktivitas di luar yang membuyarkan.

5. Manfaatkan 5-15 menit waktu tengah malammu untuk terjaga. Ulang lagi hapalanmu di waktu yang tenang ini

sisakan waktu dalam sehari buat membaca via members.scouts.org.uk

Seperti saat menjalani Ujian Nasional dulu, bangun tengah malam sudah seperti kewajiban demi mendapat nilai yang bagus dan memuaskan saat lulus. Kantuk dan lelah yang menyerang seolah tak ada artinya ketika bayang-bayang kelulusan sudah di depan mata. Nah, sama halnya dengan bangun tengah malam untuk menghafal Juz Amma ini, kamu bisa melakukannya tanpa keterpaksaan demi menambah kekayaan bacaan surat-surat pendekmu. Gimana? Siap nggak?

6. Bikin post it notes berisi ayat yang sedang kamu hapalkan. Tempelkan di spot yang mudah terlihat mata

tempel surat-surat dalam Juz Amma di dinding kamar! via memorytrainingcourse.com

Dengan menuliskannya di kertas lalu ditempel di tempat-tempat favoritmu, memorimu akan terasah dan lama kelamaan akan cepat hafal dengan sendirinya. Meskipun hanya melihat sekilas, kamu akan terus menerus mengingat serta otomatis membacanya meski hanya 5 menit sehari. Gampang banget nggak sih?

7. Penting juga buatmu punya diary hapalan. Biar kamu lebih gampang tracking kemajuan

menghafal berulang-ulang via virtualmosque.com

“Paling tidak, kamu harus sudah menghafal 30 surat dalam 30 hari atau 60 surat dalam 60 hari dan seterusnya supaya pengetahuanmu makin kaya.”

Catat dalam buku harianmu, progress-progress apa sajakah yang telah kamu dapat selama 30 hari menghafal. Paling tidak, 30 surat pendek yang telah kamu kuasai dan pahami secara seksama itu bisa diaplikasikan dalam sholat 5 waktu saja sudah cukup berhasil, kok.

Well, lakukan semua langkah-langkah tadi dengan tertib dan konsisten, ya guys! Nggak perlu ‘ngoyo’ tapi continue saja demi memperkaya bacaan-bacaan Juz Amma yang selama ini masih sering kamu sepelekan. Selamat mencoba!

Kredit Feature Images by http://member.scouts.org.uk