“Liburan ke luar negeri? Hadeeeh, mau ke Bali aja masih mikir-mikir nih…”

Agak nyesek sih melihat temanmu bisa liburan ke luar negeri. Apalagi sekarang dengan ada media sosial, foto-foto indahnya liburan pun kian gampang tersebar. Gimana kamu nggak makin mupeng coba? Mereka bisa berfoto di patung Merlion di Singapura, Gyeongbokgung Palace di Korea Selatan, bahkan juga berpose di Shibuya, sementara kamu masih terjebak di balik meja kerja setiap harinya.

Sungguh menyesakkan. Namun liburan ke luar negeri memang sedikit sulit diwujudkan, apalagi karena gajimu masih pas-pasan. Tapi jangan sedih, sebab sebenarnya ada cara agar tahun depan kamu bisa liburan ke luar negeri dengan biaya yang lebih hemat. Yuk, simak tips and trick dari Hipwee dan AirAsia ini.

1. Bikin itinerary yang pas di budget-mu. Mulai dari mau main ke mana aja sampai waktunya harus dipikir dengan matang ya

Jangan gampang kepincut destinasi hits lho ya via www.pexels.com

Salah satu kesalahan orang-orang yang jalan-jalan ke luar negeri adalah ketidaksiapan mereka dalam membuat itinenary. Jangan asal tergoda dengan lokasi yang lagi hits di Instagram. Cari tahu dulu seputar tempat yang ingin kamu kunjungi jauh-jauh hari. Agar liburanmu lebih efisien dan ekonomis. Bukan apa-apa, karena pengetahuanmu seputar negara tujuan masih minim, kamu wajib riset terlebih dahulu biar anggaranmu nggak jebol tapi liburanmu tetap berkesan. Bikinlah itinerary yang padat dan teliti. Agar bujet juga bisa disiapkan dengan tepat.

2. Memang butuh usaha untuk mewujudkan wacana liburan. Salah satunya rajin menyelesaikan pekerjaan biar cuti nggak terhalang approval atasan

Selesaikan pekerjaan via www.123rf.com

Kamu pasti nggak mau dong liburanmu diganggu urusan kerjaan. Saat lagi seru-serunya hunting foto di Jepang atau Korea, tiba-tiba ada surel atau bahkan telpon masuk dari klien. Atau saat sudah dekat dengan waktunya liburan, eh izin cuti belum di tangan karena kamu masih punya banyak tanggungan. Demi terwujudnya rencana liburan dengan tenang dan bahagia, ayo jangan malas-malasan! Selesaikan tanggunganmu mulai dari sekarang!

3. Menabung jelas perlu, mulai dari sekarang ketatkan pengeluaran. Masih ada waktu beberapa bulan

Rencanakan liburanmu dari jauh-jauh hari biar bisa nabung via www.123rf.com

Ini adalah hal yang wajib kamu lakukan! Bila kamu bukan orang kaya yang setiap bulan bingung bagaimana menghabiskan gajinya, kamu perlu waktu untuk menabung sejak jauh-jauh hari. Ingat ‘kan bahwa liburan ke luar negeri butuh biaya yang tidak sedikit? Sembari menyelesaikan pekerjaan, menyiapkan cuti, dan membuat itinenary, mulai juga menabung dari saat ini. Biar tahun depan, biaya sudah bukan lagi halangan.

4. Ke luar negeri nggak sama seperti liburan ke Bali atau Jogja. Ingat juga bahwa kamu perlu paspor dan visa

Nyiapin paspor dan visa itu perlu~ via 123rf.com

Ini juga penting untuk kamu urus. Jangan sampai kamu kelupaan. Pasalnya kamu nggak akan bisa masuk ke negara lain kalau nggak paspor. Belum lagi ngurusin visa. Banyak lho negara yang membutuhkan visa untuk bisa masuk ke dalamnya. Untuk mengurus keduanya, kamu perlu nabung dan butuh waktu juga. Nggak bisa sehari jadi. Karena itu, ada baiknya kamu mulai bersiap dari sekarang. Biar nanti-nanti nggak terganjal soal dokumen perjalanan.

5. Karena tiket pesawat mahal, kamu wajib rajin-rajin nyari promo! Ini penting buat mengurangi beban biayamu

Rajin cari promo tiket via www.123rf.com

Salah satu kunci liburan yang HQQ adalah promo pesawat! Apalagi kalau niatmu adalah liburan ke luar negeri. Karena itu kamu wajib gerilya nyari promo. Mulai dari sering-seringlah browsing di Internet, pantengin terus web penyedia jasa tiket untuk promo terbaru mereka serta jangan lupa follow akun-akun media sosial yang bisa memberi info tiket promo!

Eh, ngomong-ngomong soal promo tiket pesawat, di AirAsia sedang ada promo Kursi Gratis AirAsia nih. Cocok banget buat kamu yang merencanakan liburan tahun depan, terutama yang ingin mengambil destinasi negara-negara Asia seperti Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, Mumbay, Tokyo, Macau, dan lain sebagainya. AirAsia menyediakan tiket dengan harga yang super murah untuk periode penerbangan 7 Mei 2018 – Januari 2019.

Harga tiket Indonesia – Malaysia mulai dari Rp75.ooo saja. Apa nggak kurang murah? Bahkan jika kamu memesan sekaligus dengan Hotel atau penginapan, kamu bisa mendapatkan tiket penerbangan AirAsia secara cuma-cuma. Yah, namanya juga kursi gratis. Bisa dibooking dari sekarang lho, karena masa pemesanan hanya sampai tanggal 19 November 2017. Jangan khawatir untuk kamu yang ingin liburan dalam negeri saja. Promo yang sama bisa kamu dapatkan untuk liburan ke Bali dan Yogyakarta kok. Untuk info selengkapnya, langsung cek ke Kursi Gratis AirAsia!

6. Atau ajak teman-temanmu lagi aja buat main ke sana. Kan kalau rame-rame bisa banget tuh meringankan biaya…

Ngajak teman juga biar ada yang motoin sih hahaha via www.pexels.com

Trik yang satu ini juga bisa lho kamu coba. Kalau kamu malas atau nggak yakin untuk berangkat jalan-jalan sendiri, kamu bisa ajak juga temanmu. Selain karena kamu jadi nggak sendirian kalau nyasar, kalau ada teman kan biaya makan dan nginap bisa dibagi dua. Dengan begitu, nabungmu pun jadi lebih ringan. Kamu jadi nggak malas-malasan lagi deh buat mempersiapkan jalan-jalanmu ke luar negeri di tahun depan!

7. Bila penghasilanmu terlalu mepet, mulai cari sampingan dari sekarang. Misalnya buka jastip alias jasa titip untuk menambah uang jajan selama di sana

Kreatif! via www.pexels.com

Kalau kamu mau repot, kamu juga bisa lho bikin usaha jastip selama kamu liburan. Bikin usaha jastip ini lagi ngetren di kalangan anak muda. Apalagi rencana liburanmu ke luar negeri, pasti banyak yang tertarik buat pesen barang via kamu. Urusan keuntungan, kamu bisa tambahkan sedikit biaya buat keuntunganmu sendiri. Misalkan harga barangnya 300 ribu, kamu bisa kenakan tambahan biaya jadi 350 ribu atau 375 ribu. Kan lumayan tuh keuntungannya buat nambahin biaya jalan-jalanmu. Yah buat tambahan biaya makan atau beli oleh-oleh buat orang rumah juga bisa lho… Heuheu

 

Jangan takut buat bermimpi jalan-jalan ke luar negeri di tahun depan. Toh selama kamu beneran niat, pasti ada jalan! Apalagi kalau kamu ikutan promo Kursi Gratis AirAsia, lumayan banget tuh buat minimalisir pengeluaran.

Siap jalan-jalan ke luar negeri tahun depan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya