Minyak kelapa sudah lama dikenal di mata dunia dengan segala macam manfaatnya. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, minyak kelapa ternyata juga bisa kamu campurkan ke minuman latte-mu, menjadi campuran tumis kangkung, mouisturizer kulit, dan masih banyak lagi.

Kandungan yang ada di dalam minyak kelapa mudah dikonversi menjadi energi oleh tubuh, juga dapat meningkatkan fungsi otak dan kekebalan tubuh.

Advertisement

Tidak seperti minyak lainnya, kelapa dapat dikonsumsi untuk pemakaian dalam misalnya mengobati sakit tenggorokan maupun pemakaian luar untuk mengobati kulit kering. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak ulasan Hipwee Tips berikut ini, ya!

1. Tanpa perlu perawatan mahal, jerawatmu bisa diatasi dengan minyak kelapa yang murah dijual

Bye jerawat!

Bye jerawat! via bustle.com

Jerawat adalah masalah wajah terbesar yang membuat banyak orang frustasi dan semua jerawatmu bisa diatasi minyak kelapa. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, jerawat biasanya terjadi pada kulit berminyak dan kenapa malah kita menambahkan minyak ke wajah?

Tenang, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kulit agar tetap bersih, tidak seperti bahan kimia yang justru mengikis nutrisi-nutrisi penting dalam kulit.

2. Untuk mengangkat make up sampai bersih sempurna, serahkan aja ke minyak kelapa yang oke punya

Pasti bersih sempurna

Pasti bersih sempurna via communitytable.parade.com

Advertisement

Banyak penghilang make up yang berbahan dasar kimia justru membuat kulitmu terkelupas dan menghilangkan minyak alami yang dimiliki wajah. Berbeda dengan minyak kelapa, ia akan menghapus make up-mu dengan lembut sekaligus membaut kulitmu segar dan bersinar.

Cukup letakkan minyak kelapa pada kapas dan sapukan ke wajah, lalu bilas dengan air. Minyak kelapa dapat bekerja sangat baik untuk menghilangkan riasan mata. Bisa untuk membersihkan make up brush-mu juga, lho!

3. Minyak kelapa juga bisa jadi masker rambut, buat kamu yang pengen punya rambut sekinclong Mbak Raline

Bisa tuh jadi kayak Raline

Bisa tuh jadi kayak Raline via menujutkp.com

Cocok nih buat kamu yang pengen punya rambut indah kayak di iklan sampo. Minyak kelapa kaya akan vitamin E yang mampu mencegah rambut kering serta sedikit meluruskan rambut keriting. Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut untuk melembabkan atau cukup oleskan pada ujung rambut untuk mencegah rambut bercabang.

Kandungan vitamin E-nya juga dapat menghilangkan ketombe karena tak ada lagi kulit kepala yang kering, jadi ucapkan selamat datang pada rambut kuat terawat!

4. Luka goresan kecil mah nggak perlu obat-obatan, minyak kelapa doang udah cukup kok buat memulihkan

Luka gores doang mah bisa pakai minyak kelapa

Luka gores doang mah bisa pakai minyak kelapa via theheartysoul.com

Sifat antibakteri dan anti jamur pada minyak kelapa dapat menjadi obat untuk goresan-goresan kecil. Misalnya saat kamu memasak lalu tidak sengaja menggoreskan luka di jarimu, minyak kelapa bisa mengobatinya.

Caranya bersihkan dulu luka tersebut dengan air dan hidrogen peroksida baru setelah itu menggunakan minyak kelapa. Untuk luka yang lebih besar kamu sebaiknya menggunakan obat lain, minyak kelapa cukup untuk luka gores saja.

5. Buat kamu yang lagi diet, minyak kelapa bisa lebih meningkatkan metabolisme tubuh

Campurkan minyak kelapa ke makanan

Campurkan minyak kelapa ke makanan via theblueroom.bupa.com.

Ingin mengurangi lemak tapi kok malah mengonsumsi minyak? Berbeda dengan minyak lainnya, minyak kelapa rantai lemaknya sedang dan mudah dicerna sehingga dapat diubah menjadi energi dengan sangat cepat.

Minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme dengan merangsang pembakaran lemak tubuh, kamu bisa menambahkan minyak kelapa ke menu makananmu tiap harinya misalnya ditambahkan ke bubur saat sarapan, salad, atau ke resep-resep kue yang akan kamu buat.

6. Hebatnya, minyak kelapa juga berfungsi dobel sebagai body scrub. Wah, kudu dicoba nih

Body scrub minyak kelapa

Body scrub minyak kelapa via mscooksalot.wordpress.com

Campurkan minyak kelapa yang sudah dilelehkan dengan gula pasir. Lalu tambahkan minyak esensial favoritmu, oleskan pada tubuh sebagai scrub dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu. Tidak hanya membuat kulitmu menjadi sangat halus, minyak kelapa juga akan berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuhmu. Yang paling penting sih bisa hemat anggaran buat beli body scrub tiap bulannya.

7. Sakit tenggorokan sama mata panda pun bisa kamu tangani dengan minyak kelapa. Nggak percaya?

mata panda, bye!

mata panda, bye! via virainfections.info

Caranya cukup campurkan minyak kelapa dengan sedikit madu. Kamu yang sering begadang juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk mencegah lingkaran hitam di sekitar mata dan kantung mata yang semakin membesar. Hebat, ‘kan?

Dengan segudang manfaat ini, yakin masih nggak mau nyimpen minyak kelapa di rumah atau kostmu mulai sekarang?

Sebelum protes, pastikan minyak kelapa yang kamu pakai itu yang murni, ya. Jangan cuma murah atau sebatas penasaran saja. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya