Dewasa ini, kayaknya jarang ada orang yang nggak punya laptop dan dan memanfaatkannya untuk mempermudah hidup, bahkan menjadi teman setia saat mulai kesepian. Jika kamu juga tergolong orang yang demikian, sebaiknya kamu berhati-hati untuk senantiasa menjaga kondisi laptop, terlebih baterainya agar tetap baik dan prima. Sayang ‘kan kalau harus keluar uang hanya gara-gara kurang hati-hati?

Sebenarnya sudah banyak cara merawat baterai laptop, tapi pasti belum banyak yang tahu kalau ‘bantuan’ dari benda-benda semacam alkohol pun bisa memperpanjang umurnya. Tak hanya itu, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai selesai supaya lebih jeli dalam merawat laptop beserta perangkatmu!

1. Jangan biarkan bateraimu habis tanpa tersisa, paling tidak sisakan 5 persen saja

jangan sampai 0 via insider.razerzone.com

Membiarkannya hingga benar-benar habis akan membuat baterai laptopmu semakin lemah. Kalau cuma sekali dua kali sih mungkin nggak masalah, tapi kalau keterusan akan menyebabkan bateraimu tak lagi awet. Saat kamu tidak akan memakai laptopmu dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu juga harus memastikan bateraimu paling tidak setengah penuh. Biar nggak kelewatan habisnya, pakai saja cara-cara ini :

Klik start > type power > power options > change plan settings > change advanced power settings > battery option > critical battery level > buat jadi 5 persen (artinya laptopmu akan mati setiap baterainya tinggal 5 persen, aman kalau udah gini)

2. Jaga laptopmu agar tetap dingin, agar kinerja baterainya tak terganggu. Beli kipas laptop, misalnya

Advertisement

Pakai pendingin via officesupplygeek.com

Laptop yang panas akan menghancurkan kinerja baterai laptopmu. Ketika kamu menggunakan laptopmu, pastikan juga bahwa kipasnya tidak terblok. Caranya, jangan gunakan alas seperti bantal atau sofa, kamu juga bisa membeli alat yang bisa mendinginkan laptopmu. Harganya nggak mahal kok! Jangan lupa untuk membersihkan kipas laptopmu secara rutin, ya..

3. Bukan cuma kamu yang sering merasakan penat, laptopmu juga butuh istirahat

Istirahatkan laptopmu via pexels.com

Jangan biarkan laptopmu terpakai terus menerus dan jika kamu harus melakukannya, maka sebaiknya bateraimu dilepas saja, tapi jangan dilepas saat keadaan laptopnya ON, ya! Mungkin akan ada sedikit gangguan sih terhadap pekerjaanmu terutama kalau mati lampu. Cara amannya, cukup pastikan kalau kamu tidak men-charge bateraimu setiap saat. Jadi saat penuh dilepas dan saat akan habis baru dicharge.

4. Bersihkan logam yang ada di baterai laptop menggunakan alkohol secara rutin. Ampuh bikin awet nih

Harus dilap pakai alkohol via en.wikipedia.org

Lepaskan bateraimu dan bersihkan menggunakan alkohol dengan cara mengelapnya. Idealnya sih setiap dua bulan sekali kamu melakukan ini, gunanya untuk memastikan bahwa transfer antara laptop dan baterainya sudah sangat efisien. Oh ya, jangan lupa untuk mengeringkan bateraimu sebelum kamu memasangnya lagi ke laptopmu.

5. Sudah pernah men-defragment hard drive? Kamu harus melakukannya demi daya baterai yang tahan lama

Defragment hard drive via windowscentral.com

Sistem operasimu akan bekerja lebih efisien kalau kamu men-defragment hard drivemu secara rutin. Lakukan selama dua bulan sekali dan sistem operasi yang bekerja di laptopmu akan membuat waktu pencarian file berjalan lebih cepat. Artinya, waktu yang dilakukan hard drive untuk spinning saat mencari file juga akan berkurang dan penggunaan baterainya pun akan lebih sedikit.

Klik start > all programs > accessories > system tools > disk defragmenter > analyze disk > tunggu hingga selesai.

6. Turunkan kecerahan laptopmu seminimal mungkin, supaya penggunaan baterai lebih hemat sekaligus awet

Turunkan kecerahan via pexels.com

Penggunaan baterai paling besar dalam sebuah device adalah untuk display atau tampilan. Menurunkan kecerahan layar laptopmu adalah cara paling sederhana untuk menurunkan penggunaan baterai. Jangan lupa juga untuk mengatur agar layar otomatis mati ketika kamu tinggal selama beberapa waktu.

7. Disable device serta port yang tidak digunakan, terutama bluetooth dan wifi yang tidak dipakai

matikan dulu yang nggak perlu via blog.photowhoa.com

Setiap komponen yang ada di dalam laptopmu membutuhkan power untuk menjalankan fungsinya. Nah, daripada menghabiskan baterai untuk hal-hal yang sebenarnya nggak kamu pakai, sebaiknya kamu disable saja kalau memang sedang tidak digunakan. Device yang paling besar penggunaan baterainya dan harus kamu matikan kalau tidak sedang digunakan adalah wifi dan bluetooth.

Intinya, jangan di-charge baterai laptopmu melebihi 80% dan jangan biarkan dayanya berkurang sampai 20%. Good luck!