Belajar tak harus selalu di sekolah. Apalagi jika yang dipelajari tentang ilmu-ilmu tidak pasti seperti cara mengasuh buah hati. Karena tak ada sekolah khusus untuk persiapan menjadi  ibu, banyak alternatif yang bisa dilakukan. Seperti membaca buku, ikut seminar parenting, atau yang lebih sederhana seperti menjadikan pengalaman mengasuh anak pertama untuk diterapkan di anak kedua.

Namun bagaimana jika kamu baru akan memiliki anak untuk pertama kali? Membaca buku dan ikut seminar sih masih bisa dilakukan. Tapi tak bisa setiap hari dilakukan. Banyak pekerjaan lain yang mengantre untuk diselesaikan. Bersyukur kita semua hidup di zaman yang serba dipermudah dengan adanya kecanggihan teknologi. Beruntung pula media sosial sudah ditemukan saat ini. Sebab salah satu keuntungannya kamu bisa menimba ilmu tentang parenting dari sini.

Advertisement

Biar tak salah mendapatkan informasi tentang ilmu parenting ini, berikut Hipwee berikan daftar beberapa akun Instagram yang memang khusus untuk para mama muda dan calon ibu. Sebagian besar merupakan komunitas sosial dan beberapa di antaranya merupakan ahli di bidang parenting. Apa aja akunnya? Yuk cek di sini!

1. Dearmoms.id, sebuah akun yang didedikasikan untuk calon ibu atau ibu muda di era kekinian

Dearmoms.id via www.instagram.com

Buat kamu yang sebentar lagi menjadi ibu atau yang sudah memiliki anak, akun ini dibuat khusus untukmu. Akun ini dibentuk atas inisiasi dari Vendryana Larasati, seorang content creator dan ibu muda dua tahun belakangan. Di akun Dearmoms.id ini ada berbagai macam konten yang berhubungan dengan parenting ala kekinian. Seperti info parenting, tips, keluh kesah, yang dikemas dalam beberapa kategori, di antaranya #DIYM: Do It Yourself, Moms!, #TalksToMom: Sesi sharing untuk kita, para ibu!, dan #TIPS: Tips-tips untuk mempermudah hidup kita ke depannya. Oh iya, Dearmoms.id ini juga melebarkan sayap ke Youtube Channel juga. Di sana kamu bisa menonton video-video parenting dan film pendek dengan tema ibu. Wah, komplit ya!

2. Haloibu.id, akun Instagram yang tak hanya berisi konten visual, tapi juga dilengkapi vlog dan blog tentang parenting

Haloibu.id via www.instagram.com

Akun @haloibu.id ini digagas oleh seorang ibu muda bernama Ashtra Effendy. Awalnya Haloibu merupakan sebuah akun Youtube yang bertujuan untuk memberdayakan para ibu di Indonesia. Lalu Haloibu mengembangkan sayapnya dengan membuat sebuah blog dan kemudian akun Instagram dengan nama yang sama. Di akun Haloibu.id ini kamu nggak hanya bisa belajar tentang ilmu parenting, tapi juga kegiatan menarik yang kaya manfaat serta review buku terkait dengan parenting.

3. Paguyuban Bayi Langsing, sebuah komunitas yang mempertemukan para ibu yang memiliki anak dengan berat badan kurang

Kumpulan ibu dengan anak yang memiliki berat badan kurang/kurus via www.googaga.co

Advertisement

Memiliki anak dengan tubuh yang langsing atau berat badan yang kurang memang mengkhawatirkan. Untuk itu, beberapa ibu berinisiatif membentuk sebuah paguyuban bernama Paguyuban Bayi Langsing ini. Tujuan dibentuknya paguyuban ini adalah untuk menjalin hubungan sesama ibu dengan anak bertubuh langsing sehingga dapat saling bertukar pikiran, informasi dan hal-hal bermanfaat lain untuk tumbuh kembang anak. Tak hanya menghubungkan sesama ibu, tapi kamu juga bisa mengikuti serangkaian kegiatan seperti talkshow dan sharing bersama ahli yang diadakan paguyuban ini.

4. Circleofmoms_id, sebuah akun yang cakupannya lebih luas lagi. Tak hanya para ibu atau calon ibu, tapi juga bayi dan balita

Circleofmoms_id via www.instagram.com

Akun Instagram yang satu ini lebih konsen ke informasi untuk ibu, bayi hingga anak balita. Informasi tersebut dikemas secara apik dan menarik. Kamu bisa menemukan informasi dari Circleofmoms_id ini dengan beberapa tagar tertentu seperti, #houseofcircleofmoms #circleofmomsdays #circleofmomspreloved #comsmartmommies. Hampir sama seperti akun parenting lainnya, Circleofmoms_id juga sering mengadakan kegiatan bersama seperti sharing session, kelas parenting ataupun talkshow.

5. Whatsupmoms, merupakan akun parenting global yang juga layak kamu ikuti. Nggak hanya konten visual, tapi konten videonya juga apik dan juara!

Akun parenting dalam skala global via www.instagram.com

Kalau akun-akun sebelumnya terpusat untuk ibu-ibu di Indonesia, akun yang satu ini menyediakan konten yang lebih universal dan bisa dinikmati berbagai kalangan ibu. Berawal dari Youtube Channel, Whatsupmoms mengembangkan sayapnya ke akun Instagram dengan nama yang sama. Di akun ini, selain informasi parenting, kamu juga bisa mendapatkan resep makanan untuk di kecil.

6. Tiga Generasi, akun Instagram seputar perkembangan anak, keluarga, pasangan, serta pengembangan diri

Dalam akun ini terdapat konten yang langsung diisini para psikolog via www.instagram.com

Sudah baca buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 tahun yang hits itu? Kalau sudah, berarti kamu taka sing lagi dengan Tiga Generasi ini. Tiga Generasi merupakan pusat informasi dan konsultasi mengenai perkembangan diri, anak, dan juga keluarga di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2015. Akun Instagram Tiga Generasi sendiri akan memperkaya pengetahuanmu tentang banyak hal. Nilai lebih dari akun Instagram ini adalah setiap konten yang diunggah merupakan hasil kolaborasi dengan psikolog. Jadi kamu tak perlu meragukan isinya lagi.

7. Ingin besok punya kegiatan asik dengan anak sendiri? Coba deh ikuti akun Creative4moms ini

Berbagai kegiatan seru bersama anak ada di sini! via www.instagram.com

Melakukan kegiatan berdua dengan anak memang menyenangkan. Agar tak hanya senang-senang tapi juga punya manfaat, kegiatan yang dilakukan tak boleh sembarangan. Buat kamu yang bingung mencari jenis kegiatan tersebut, kamu bisa lho mengikuti akun Cerative4moms ini. Akun Instagram ini tak hanya berisi kegiatan biasa, tapi kegiatan yang memiliki manfaat pada tumbuh kembang anak. Seperti bermain dengan warna dan masih banyak lagi.

8. Buat kamu yang ingin belajar soal Baby Led Weaning untuk anakmu nanti, kini saatnya ikuti akun Cerita BLW ini

Hayo yang ingin menimba ilmu tentang BLW untuk si buah hati via www.instagram.com

Baby Led Weaning atau BLW ini merupakan sebuah metode memberi makan bayi dengan membiarkan bayi memilih makanannya sendiri. Mungkin terdengar seram bagi kamu yang baru akan memiliki bayi. Namun beberapa ahli mengatakan bahwa metode ini cukup aman dilakukan. Untukmu yang ingin belajar dan membaca kisah serta curhatan para ibu tentang BLW ini, kamu bisa mengikuti akun Instagram Cerita BLW ini. Nggak hanya curhatan dan informasi BLW saja, tapi di akun ini kamu juga akan menemukan resep makanan untuk bayi yang beragam variasinya.

9. Siapa bilang ilmu tentang parenting hanya calon mama yang harus pelajari. Coba kasih tahu suamimu untuk mengikuti akun Ayah ASI Indonesia ini

Ayah juga perlu belajar lho via www.instagram.com

Memiliki anak memang perlu kerjasama antara kedua belah pihak. Nggak bisa jika hanya ibu saja yang melakukan parenting, sementara ayah hanya mengikuti dengan alasan tak punya ilmu apa-apa. Nih, ada akun parenting khusus untuk ayah yang mungkin suamimu butuhkan. Nggak apa-apa kalau kamu duluan yang mengikuti akun ini. Lalu pada tiap unggahannya kamu tag suamimu biar dia juga turut belajar. Akun ini sedikit berbeda dari akun-akun parenting di atas, karena semua kontennya dari sudut pandang para suami.

Sebab di dunia ini nggak ada yang instan. Termasuk ilmu parenting yang hanya bisa didapatkan secara bertahap dengan belajar dan praktik langsung. Selamat belajar ya buat kamu calon mama atau mama muda!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya