Nggak banyak orang yang menyukai rumah sempit. Apalagi jika tujuannya adalah untuk ditinggali bersama keluarga yang lebih dari satu anak saja. Bagi mereka, rumah yang longgar dengan banyak ruang dirasa lebih leluasa.

Namun siapa sangka, beberapa rumah dengan desain arsitektur yang unik dan kreatif ini mampu mengakali sempitnya lahan yang tersedia. Bentuknya memang nggak umum dan masih jarang ada di Indonesia, tapi bisa membuka wawasanmu bahwa rumah sempit pun masih layak untuk dihuni. Simak ulasan Hipwee Tips berikut.

1. The shaft house, hunian dua setengah lantai yang dibangun di antara dua bangunan yang ada di lahan selebar 6 meter

kontras dengan bangunan sampingnya via www.homedit.com

desainnya lurus dengan sudut yang jelas via www.homedit.com

interiornya lapang via www.homedit.com

Advertisement

Rumah ini adalah proyek Atelier rzlbd yang dibangun pertama kali di Toronto, Kanada, pada 2010 silam. Desainnya sangat sederhana dan modern dengan garis dan sudut yang kontras dengan bangunan tetangga. Meski sempit, the shaft house ini punya ruang interior yang lapang dan cerah.

2. The narrow house di Nada, Jepang, ini luasnya 36,95 meter persegi. Hampir sama kayak rumah tipe 36 namun dibangun menjulang ke atas dengan arsitektur yang unik

penampakan luar bersama rumah tetangga via www.homedit.com

punya beberapa jendela dan celah via www.homedit.com

tampak dalam rumah via www.homedit.com

Rumah tinggi dan sempit rancangan seorang arsitek bernama Fujiwarramuro ini punya banyak celah dan beberapa jendela kecil untuk jalan masuk cahaya. Karenanya, bagian dalam rumah tampak cerah dan terbuka. Di dalamnya dipenuhi tangga-tangga untuk menghubungkan rumah bagian bawah dan atas.

3. The promenade house oleh Kouichi Kimura di Shiga, Jepang, ini berdiri di atas lahan yang hanya 3 meter lebarnya. Namun luas keseluruhan rumahnya menjadi 124,3 meter persegi. Keren, kan?

luas lahannya cuma 3 meter via www.homedit.com

bagan dalam rumah via www.homedit.com

4. The Tokyo House lebih ngenes lagi, dibangun di atas lahan 2,3 meter lebarnya, namun menawarkan privasi pada penghuninya tanpa merasa kesempitan

tampak luar rumah via www.homedit.com

didominasi warna gelap via www.homedit.com

Dirancang oleh arsitektur YUUA dengan bangunan rumah yang tingginya 11 meter. Untuk kenyamanan, YUUA menggunakan warna-warna gelap dan memperbanyak unsur kayu. Rumah ini juga menggunakan jendela kaca besar di bagian muka untuk kesan bangunan yang lebih luas dan memungkinkan penghuni untuk melihat pemandangan di luar rumah dengan leluasa.

5. The brooklin house di Sao Paulo, Brazil, dibangun di atas lahan dengan lebar 5,5 meter. Bagian bawah rumah ini dibangun terbuka untuk memberi kesan lega dan ramah

tampak luar via www.homedit.com

bagian atas dan bawah yang kontras via www.homedit.com

konsep terbuka di lantai dasar via www.homedit.com

Advertisement

Dirancang oleh Galeria Arquitetos pada tahun 2008, rumah ini punya lantai dasar dengan konsep terbuka agar lebih bersatu dengan alam juga terkesan lega. Sedang bagian atas rumahnya dibuat kontras dengan membubuhkan material kayu dengan jendela di bagian tengah. Seru banget!

6. Rumah OH hasil rancangan Atelier Tekuto dibangun dengan bentuk yang nggak teratur yang lantai dasarnya ada di basemen. Eksterior bernuansa hitamnya kontras dengan interior yang bernuansa putih

eksterior nuansa hitam via www.homedit.com

lantai dasarnya ada di basemen via www.homedit.com

interior dominan cerah via www.homedit.com

7. The three-story home di Toronto ini juga dibangun di sebidang lahan sempit antara dua bangunan. Rancangan Donald Chong Studio ini punya keunikannya sendiri, bisa nemu di sebelah mananya?

bagian luar rumah via www.homedit.com

bagian dalam rumah via www.homedit.com

8. Awalnya hunian berkonsep bungalo ini dibangun di atas lahan selebar 6 meter, namun diperluas oleh Phil Harris menjadi bentuk hunian yang asimetris dengan tambahan sebuah kamar tidur dan kamar mandi

bagian belakang rumah dengan kolam renang via www.homedit.com

desain asimetris via www.homedit.com

Kalau sudah melihat beberapa desain rumah sempit yang dibangun dengan arsitektur yang spektakuler di atas, semoga kamu jadi terinspirasi untuk membangun rumah dengan kreatif. Lahan yang sempit bukan berarti nggak layak dibikin rumah tinggal, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya