Bicara soal pengeluaran, ada hal-hal tertentu yang perlu bijak dalam mengontrolnya. Dalam hal ini, kamu dianjurkan untuk berhemat demi memiliki kantong yang ‘sehat’. Tapi kenyataannya, beberapa hal memang membutuhkan pengeluaran yang nggak sedikit karena kebutuhan yang berbeda. Entah dirasa lebih berguna, kualitas yang lebih bagus atau karena kebutuhan momen.

Nah, kira-kira apa saja ya, pemborosan yang justru wajar dilakukan? Simak pemaparan Hipwee Tips berikut, biar kamu nggak ragu-ragu lagi untuk merogoh kocek yang dalam!

1. Apa artinya punya tabungan kalau kamu sakit-sakitan? Jangan ragu-ragu keluar banyak uang demi menunjang kesehatan

nge-gym dulu via www.theluxuryspot.com

Nggak diragukan lagi, kesehatan merupakan aspek kehidupan yang sangat penting. Kamu perlu menyisihkan sebagian pengeluaran bulanan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk makanan dan suplemen yang menunjang.

Misalnya, kamu lebih selektif dalam memilih makanan sehat dan berkualitas, melatih fisik dan berolahraga, pemeriksaan rutin ke dokter dan membeli suplemen untuk daya tahan tubuh.

Advertisement

Hal-hal ini akan membutuhkan biaya yang nggak sedikit memang. Tapi pemborosan satu ini jauh lebih bermanfaat ketimbang kamu harus membayar mahal saat kamu sakit dan butuh pengobatan, bukan?

2. Sekarang itu zamannya digital, jadi nggak perlu pelit untuk punya gadget berkualitas yang mahal

beli gadget via trisym.com

Gadget dan alat elektronik lain, merupakan barang yang nggak selalu harus kamu miliki dengan harga semurah mungkin. Kenapa? Harga murah justru mungkin menandakan kualitas dan spesifikasi produk yang nggak sesuai dengan kebutuhan.

Tipsnya, carilah gadget yang sesuai dengan kebutuhan, sekalipun harganya mungkin harus mahal. Coba bayangkan, kalau kamu sudah hidup di zaman digital tapi masih pakai HP jadul?

3. Buat yang sudah berpenghasilan, menyisihkan uang untuk kebutuhan orang tua juga bentuk dari kewajiban. Jangan pelit ah!

nafkahin ortu via www.dusit.com

Pengeluaran yang diperuntukkan untuk orang tua, baiknya jangan kamu batasi jumlahnya, justru harusnya kamu prioritaskan. Apalagi buat kamu yang sudah berpenghasilan, ngasih nafkah ke orang tua jangan sungkan-sungkan.

Misalnya nih, bulan ini kamu berikan uang bayar listrik dan air, bulan depan perbaiki perabot yang rusak, lalu bulan depannya lagi bantu kasih uang saku ke adikmu.

4. Boros untuk membantu sesama itu nggak apa-apa. Toh, menyenangkan dan berpahala

berbagi via www.incimages.com

Satu pemborosan yang paling layak kamu lakukan adalah memberi bantuan ke orang yang membutuhkan. Nggak perlu mewah, sedikit pemberian yang iklas dan terus menerus bakal bermanfaat banget buat mereka.

Misalnya, sesekali kamu traktir temanmu yang memang sedang bokek atau belum dapat jatah kiriman. Memberikan sebagian rejekimu untuk hal-hal yang  semacam ini nggak akan bikin kamu miskin, kok.

5. Liburan memang sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran, nggak ada salahnya boros untuk membeli pengalaman

liburan lah.. via hbr.org

Ingat kata pepatah? Kamu harus sesekali berpergian dan keluar dari zona nyaman untuk lebih kenal dunia. Karenanya, kamu butuh liburan.

Selain buat menghilangkan stres, liburan juga berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga hubungan dengan orang-orang yang kamu ajak berlibur bersama. Selain itu, pikiranmu akan lebih segar dan terbuka untuk melanjutkan pekerjaan setelah selesai berlibur dan menambah produktivitas. Jangan takut untuk keluar banyak biaya untuk meluangkan waktu berlibur ke destinasi yang kamu inginkan, minimal sekali dalam setahun.

6. Buat hobi, kenapa harus pelit? Kemampuan dan ketrampilanmu bakal berguna kelak

beli buku via www.daysoftheyear.com

Selain liburan, salah satu sarana untuk menghilangkan stres adalah dengan menjalankan hobi. Sisihkan sebagian pengeluaranmu untuk dapat menyalurkan hobi.

Kamu yang gemar baca buku, pastinya akan tergiur untuk membeli buku baru setiap bulannya. Maka sisihkan sebagian uangmu (dalam batas yang wajar) untuk membeli buku baru setiap bulan. Boros biarin, yang penting ada tujuan dan tahu batasan!

7. Punya idola jangan cuma puas lihat di layar kaca saja, rasakan pengalaman seru nonton langsung konsernya

nonton konser via kaltim-prokal.co

Kamu suka musik? Punya idola tapi belum bisa nonton langsung konsernya? Duh, kasian 🙁

Nah, ketika salah satu idola kalian berkesempatan untuk konser di Indonesia, jauh-jauh hari sebelumnya kumpulkan tabunganmu untuk bisa beli tiket konsernya. Meski terbilang mahal, nggak ada salahnya kan kamu buang-buang uang demi kesenangan? Belum tentu juga setahun sekali kamu bisa merasakan euforia nonton konser idola tercinta.

8. Makan di restoran mahal memang boros sih, tapi sekali dalam sebulan nggak masalah, ‘kan?

makan di restoran via eatingedinburgh.com

Seperti yang telah disebutkan, kamu berhak untuk mendapatkan makanan sehat berkualitas untuk menunjang kesehatan tubuhmu. Jika setiap hari kamu terbiasa untuk menghemat pengeluaran untuk makan, maka sempatkanlah untuk makan enak di restoran mahal, paling nggak sebulan sekali. Jangan kaya orang susah lah!

Nah, mulai sekarang kamu sudah tahu ‘kan, pengeluaran yang kamu bilang pemborosan ternyata juga ada perhitungannya. Tapi kamu juga harus ingat, bukan berarti kamu dibolehkan untuk buang-buang duit seenaknya, tetap harus kontrol dan sesuaikan kebutuhan, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!