Air minum dalam kemasan botol jadi barang yang lazim mendampingi kita dalam aktivitas sehari-hari. Atas nama kepraktisan, kita lebih sering memilih membeli air dalam kemasan macam ini daripada harus membawa botol air minum sendiri. Akhirnya, botol yang sudah kosong segera terbuang begitu saja. Begitu pula tutup botolnya.

Sementara tangan kita ringan membuang tutup botol yang nampaknya tidak terpakai lagi, sebenarnya banyak kreasi menarik lho yang bisa diciptakan dari barang yang satu ini. Apa saja dan bagaimana cara membuatnya? Berikut sudah Hipwee siapkan uraiannya!

1. Sulap botol bekas berbahan metal jadi hiasan gantung. Gemericik khas yang tercipta dijamin bisa memanjakan telinga

Buat tutup botol menjadi hiasan

Buat tutup botol menjadi hiasan via www.etsy.com

Advertisement

Daripada hanya membiarkan tutup botol bekas tergeletak begitu saja dan bikin rumah makin sumpek, gak ada salahnya kamu manfaatkan saja untuk membuat hiasan yang mempercantik ruangan. Salah satunya adalah hiasan gantung. Caranya mudah, bikin lubang di tepi tutup botol menggunakan paku dan palu lalu rangkailah beberapa peniti menggunakan peniti atau kawat. Setelah itu, gunakan wadah pulpen sebagai dasar gantungan agar lebih kuat. Kemudian pasang di tempat terbuka. Dengan dorongan angin, suara gemericik ala pantai bikin rumahmu makin asyik.

2. Mempercantik penampilan gak harus pakai perhiasan mahal. Kalung tutup botol yang mudah dibuat membuat penampilanmu kian total

Kalung dari tutup botol

Kalung dari tutup botol via www.craftionary.net

Tutup botol adalah salah satu sampah yang susah diolah atau dibakar. Jadi kamu harus menggunakannya lagi untuk menyelamatkan lingkungan, misalnya dengan memanfaatkannya demi jadi perhiasan.

Caranya mudah kok, pertama-tama cuci bersih tutup botol yang akan kamu gunakan. Lalu tempelkan manik-manik di bagian lekukan menggunakan lem yang kuat seperti mod podge. Setelah itu lubangi bagian tepi dengan paku, lalu pasangi tali kalung.

Advertisement

Nah, mudah ‘kan? Tanpa harus mengeluarkan banyak uang, penampilanmu akan terlihat lebih menawan dengan perhiasan.

3.  Dengan menempelkan magnet di belakang dan foto di bagian dalam, tutup botol bisa disulap jadi hiasan kulkas yang menyimpan banyak kenangan

Sulap tutup botol menjadi figura

Sulap tutup botol menjadi figura via www.positivelysplendid.com

Tutup botol seringkali dibuang begitu saja karena dianggap tak ada harganya, padahal benda satu ini bisa disulap jadi sesuatu yang indah hanya dengan sedikit kreativitas lho. Kamu bisa menggunakannya sebagai hiasan kulkas sembari menyimpan foto kenangan.

Caranya mudah kok. Pertama-tama, kamu bersihkan tutup botol, lalu sedikit penyokkan dengan palu. Setelah itu warnai dengan cat semprot dan tempelkan foto orang-orang tercinta di bagian tengah. Kemudian kamu kamu pasang kepingan magnet di bagian belakang dengan lem kuat seperti E-6000. Pigura tutup botol siap dipasangkan di kulkas. Nah, jika kamu ingin membuat Pigura dengan bentuk layaknya bunga, pasang saja kawat sebagai tangkai dengan lem yang sama. Mudah ‘kan?

4. Tutup botol bekas yang digabungkan dengan kumpulan rotan bukan hanya menyelamatkan lingkungan, tapi juga bikin pintu rumahmu jadi menawan.

Tutup botol untuk hiasan pintu

Tutup botol untuk hiasan pintu via www.etsy.com

Bikin rumah yang indah tak harus beli properti yang mahal, tutup botol bekas bisa kamu andalkan. Caranya, buat  hiasan pintu berbentuk lingkaran dari kayu dan rotan. Ikat menggunakan kawat agar lebih kencang. Setelah itu, tempelkan beberapa tutup botol di bagian permukaan dengan lem yang kuat. Pastikan kamu memasangkanya dengan rapi ya.

Agar bisa dengan mudah digantung di depan rumah tambahkan pula gantungan dari tali rotan di bagian atasnya. Nah jadi deh. Mudah ‘kan? Tamu rumahmu pasti akan penasaran dengan hiasan yang menyambut mereka di depan rumah.

5. Daripada tutup botol hanya terbuang sia-sia, gunakan saja jadi lilin hiasan hanya dengan tambahan krayon sebagai alasnya.

Tutup botol sebagai tempat lilin

Tutup botol sebagai tempat lilin via www.craftionary.net

Daripada tutup botol sia-sia atau terbuang begitu saja, manfaatkanlah untuk alas lilin yang indah. Caranya membuatnya gampang kok. Cairkan crayon dengan memasukkannya dalam kaleng, lalu dipanaskan di atas api. Setelah itu, masukkan dalam tutup botol yang sudah di cuci bersih. Kemudian pasanglah sumbu lilin kecil di bagian tengahnya. Pilih warna krayon yang cerah dan berbeda.

Nah sekarang lilin hias ini bisa kamu gunakan saat pesta atau candle light dinner di rumah.

6. Bingung memanfaatkan tutup botol yang menumpuk? Jadikan mereka hiasan rumah dengan memanfaatkan cat semprot dan beberapa utas tali

Pemanfaatan tutup botol

Pemanfaatan tutup botol via seilifestyle.blogspot.ca

Kamu jenuh dengan sampah tutup botol yang bikin rumah jadi berantakan? Tenang, buat saja jadi hiasan yang indah dipandang. Caranya mudah kok. Pertama bersihkan tutup botol, lalu warnai dengan cat semprot agar lebih indah. Setelah itu, gunting kertas karton membentuk lingkaran dan gambar sebuah huruf dengan spidol. Tempelkan guntingan karton pada permukaan tutup. Buat lubang di bagian atas dan pasang tali. Kemudian kamu rangkai menjadi sebuah tulisan. Nah, jadi deh.

Kreasi ini bisa dipasang di dinding kamar sebagai hiasan atau ditempelkan sebagai hiasan mading kampus agar lebih menarik untuk dilihat. Mudah dan murah ‘kan?

7. Daripada tutup botol dibuang begitu saja di tempat sampah, bawa dia naik kelas jadi penghias jam dinding di rumah

Tutup botol untuk jam dinding

Tutup botol untuk jam dinding via www.etsy.com

Daripada tutup botol sia-sia begitu saja, mendingan kamu manfaatkan untuk membuat hiasan jam dinding. Cara membuatnya mudah kok, pertama tempelkan tutup botol di bagian tepi jam dinding dengan lem yang kuat. Atau kamu juga bisa menempelkannya di dalam bingkai jam sebagai pengganti penunjuk angka. Nah, mudah ‘kan? Jam dindingmu bisa terlihat unik dan berbeda dari yang lainnya.

8. Sekarang kamu tak harus beli lukisan untuk menghiasi dinding rumah. Bikin saja sendiri dari tutup botol dan aluminium foil. Tak kalah indah kok!

Manfaatkan tutup botol sebagai hiasan

Manfaatkan tutup botol sebagai hiasan via www.etsy.com

Rumah yang indah memang identik dengan lukisan dan hiasan mewah. Tak melulu kudu beli dengan harga mahal, sekarang kemewahan itu bisa kamu ciptakan sendiri dari barang bekas. Salah satunya hiasan pohon yang terbuat dari tutup botol.

Langkahnya mudah. Siapkan papan kayu berbentuk persegi empat ukuran 50 x 50 cm. Lalu buatlah pola gambar pohon dengan pensil. Kemudian tempelkan gulungan aluminium foil pada pola gambar sebagai batang. Pastikan kamu gunakan lem perekat yang kuat ya, misalnya E 6000.

Untuk ranting, gunakan saja kawat kecil kemudian tempelkan tutup botol sebagai bunga menggunakan lem dan palu. Nah, mudah ‘kan? Sekarang hiasan indah bisa kamu buat sendiri tanpa hanya mengeluarkan banyak uang lagi.

Semakin besarnya kebutuhkan manusia akan minuman kemasan, sampah tutup botol semakin melimpah. Nah, daripada bingung sampah tutup botol mau diapakan, sekarang kamu bisa membuat 8 kreasi ini darinya. Selain ikut menyelamatkan lingkungan, barang indah juga bisa kamu hasilkan.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya