8 Tahapan Facial A La Rumahan yang Bikin Kulitmu Sehalus Hasil Perawatan di Klinik Kecantikan

Punya kulit wajah yang cantik, cerah, dan halus sepertinya menjadi impian hampir seluruh cewek. Untuk mendapatkan kulit yang sempurna seperti itu, nggak jarang para cewek melakukan berbagai perawatan. Mulai dari menggunakan krim pagi dan malam, sampai facial di salon kecantikan.

Advertisement

Eh, tapi kamu tahu nggak? Facial nggak cuma bisa dilakukan di salon, lho! Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah, tanpa perlu ribet dan tanpa menggunakan banyak alat. Gimana caranya? Nih, Hipwee kasih tahu!

1. Tahap Pertama: Selalu Bersihkan Wajahmu Terlebih Dahulu

Cuci wajahmu terlebih dulu

Cuci wajahmu terlebih dulu via www.secret-beautysalon.ro

Apapun perawatan wajah yang akan kamu lakukan, membersihkan wajah adalah tahap pertama yang nggak boleh kamu lupakan. Wajah yang bersih ini akan memudahkan penyerapan vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh kulitmu.

Untuk facial, nggak ada pembersih khusus yang harus kamu gunakan. Pembersih jenis apapun bisa kamu gunakan, asalkan sesuai dengan kondisi wajahmu, ya.

Advertisement

2. Bersihkan Sel Kulit Wajahmu yang Sudah Mati Dengan Scrubbing

Scrub untuk menghilangkan sel kulit mati

Scrub untuk menghilangkan sel kulit mati via www.stylelist.com

Setelah membersihkan wajah, tahap berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah scrubbing. Scrubbing ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit wajahmu yang sudah mati supaya kulitmu bisa “bernapas” dan teregenerasi dengan baik.

Kamu nggak perlu bingung harus scrubbing menggunakan apa, soalnya saat ini sudah banyak face scrub yang dijual di toko kecantikan maupun supermarket—beberapa menggunakan nama lain peeling. Kalau mau yang lebih alami, kamu bisa membuatnya sendiri dari campuran gula pasir, air mawar, dan minya zaitun yang diblender. Hasilnya, wajahmu nggak hanya teregenerasi tetapi juga cerah merona.

3. Selanjutnya, Wajahmu Perlu Diuapi Untuk Membuka Pori-Pori

Advertisement
Face steaming untuk membuka pori-pori

Face steaming untuk membuka pori-pori via doterrablog.com

Langkah facial berikutnya adalah steaming atau penguapan. Langkah satu ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajahmu, sehingga memudahkan untuk mencari dan mengeluarkan komedo yang tersembunyi.

Di salon-salon, memang ada alat khusus untuk menguapi wajahmu. Tapi untuk di rumah, kamu hanya perlu baskom berukuran sedang dan air panas saja, kok. Dekatkan wajahmu sekitar 20 cm ke bibir baskom berisi air panas. Biarkan wajahmu terkena uap dari air tersebut selama 5-8 menit. Setelah itu, keringkan wajahmu secara perlahan menggunakan handuk halus atau tisu wajah kering.

4. Tahapan Facial Paling Seru: Mencari Komedo

Mencari komedo

Mencari komedo via www.acne.com

Nah, ini dia tahapan facial yang ditunggu-tunggu. Yap! Mencari dan mengeluarkan komedo bandel yang bersembunyi di balik kulit wajahmu.

Alat pencari komedo

Alat pencari komedo via homeremediesworld.com

Mencari komedo itu gampang-gampang-susah. Untuk sekitaran hidung, kamu bisa menggunakan bantuan pore pack yang banyak dijual di pasaran. Tapi untuk daerah wajahmu yang lain, kamu perlu menggunakan alat khusus. Tenang, banyak di jual di toko-toko kecantikan, kok. Saat komedonya sudah berhasil dikeluarkan, langsung di lap dengan tisu kering yang bersih, ya.

5. Bilas Wajahmu Dengan Air Untuk Menghilangkan Sisa-Sisa Kotoran Dari Komedo

Bilas wajahmu

Bilas wajahmu via www.howtogetridofacne.tips

Tahapan mengeluarkan komedo memang seru, tapi juga membuat wajahmu kotor lagi. Untuk itu, sebelum melanjutkan home facial-mu, kamu perlu membersihkan wajahmu lagi. Kali ini, kamu nggak perlu menggunakan sabun pembersih. Cukup dibilas dengan air saja dan biarkan airnya meresap ke dalam kulit untuk hidrasi.

6. Maskerlah Wajahmu Untuk Menutrisi dan Meremajakan Kulit

Masker wajahmu

Masker wajahmu via yourbellalife.com

Melakukan facial kurang afdal rasanya kalau belum dilengkapi dengan sesi masker wajah. Setelah sakit-sakitan mengeluarkan komedo, wajahmu disegarkan dengan masker dan kandungan yang ada di dalamnya.

Masker wajah ini memiliki manfaat untuk membuat kulit wajahmu tetap kencang, cerah, dan ternutrisi. Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah—kecuali mata dan bibir— dan lehermu. Untuk bagian mata, kamu bisa menutupnya dengan timun segar. Diamkan masker wajah ini selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Masker wajah ini sudah banyak yang tersedia dalam bentuk pasta siap pakai. Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu membuat sendiri dengan bahan yang lebih segar dan alami, ‘kan?

7. Tutup Pori-Pori Wajahmu Dengan Mengoleskan 1 Balok Kecil Es Batu

Oleskan es batu

Oleskan es batu via www.tourismandfood.com

Setelah bersih dari masker, berarti sekarang saatnya menyegarkan wajahmu. Caranya mudah kok dan nggak perlu produk kecantikan apapun. Yap! Kamu cuma butuh 1 balok kecil es batu saja.

Oleskan es batu ini ke seluruh wajahmu sampai habis. Setelah itu, biarkan airnya menyerap dengan sendiri ke dalam kulitmu tanpa perlu dilap dengan tisu. Air dingin ini nggak hanya memberikan kesegaran saja, tetapi membuat kulitmu tetap terhidrasi dan menutup pori-pori kulitmu.

8. Terakhir, Jangan Lupa Mengoleskan Serum dan Pelembab Supaya Kulitmu Nggak Kering

Jangan lupa serum dan pelembab

Jangan lupa serum dan pelembab via photos2.demandstudios.com

Walaupun wajahmu sudah segar, jangan lupa untuk menutup sesi home facial-mu ini dengan mengoleskan serum dan pelembab ke wajah cantikmu. Keadaan wajah yang segar ini dapat mempercepat penyerapan serum dan pelembab ke dalam kulitmu. Jadi, jangan sampai terlupa, ya!

Mudah, ‘kan? Kalau sudah bisa facial sendiri, nggak perlu ke salon lagi, deh!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I just love everything about food

56 Comments

  1. R Putri Andani berkata:

    besok yuuu Ajenk , Melly , girls day out :3

  2. Leny Setyawati berkata:

    infonya menarik untuk makin mepercantik diri secara alami. tidak kalah penting juga dari pancaran pesona aura. untuk bisa lebih terpancar dengan baik, silahkan pelajari di websitenya langsung auradankecantikan.com

  3. Ryzna Wati Dewi berkata:

    hey ladis2 yuk nyoba…

  4. Nice info, perawatan kulit di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di supermarket pastinya lebih menghemat biaya, dan kita bisa membuat sendiri lotion,massage oil, atau cream perawatan wajah dari ekstrak bahan alami tersebut agar mudah diaplikasikan dan digunakan kapan saja. 😀
    izin share nih,Kami Matahari Course
    akan membantu anda dalam membuka usaha bisnis yang sesuai dengan pilihan
    anda.Berbagai materi item lainnya bisa anda buat untuk keperluan
    sendiri atau sebagai lahan wirausaha anda.! (⊙.⊙(☉̃ₒ☉)⊙.⊙)
    Kursus
    membuat berbagai macam handicraft,kimia food,kimia industri,kimia
    kosmetik dan masih banyak lagi tentunya sangatlah mudah, hanya dengan
    menyiapkan beberapa bahan seperti : bahan aktif, bahan pelengkap dan
    bahan pendukung lainnya. Alat –alatnya pun sederhana loh, tanpa
    menggunakan peralatan mahal ataupun mesin dan hanya menggunakan
    peralatan manual yang sederhana.☜(ˆ▿ˆc)
    Jika anda berminat menjadi
    seorang pengusaha di bidang SkinCare,Massage & Body Treatment,
    produk kosmetik atau ingin mempelajari bagaimana membuat LOTION/DAY CREAM
    sendiri? Silahkan mempelajari website saya di http://www.MatahariCourse.com dan http://www.reflectionmassage.com .
    Karena kami memiliki ratusan materi yang berkualitas untuk dipelajari
    dan dijadikan sebagai produk usaha anda.ᕙ(`▿´)ᕗ

    Info lebih lanjut
    hubungi ke nomor HP : 081 5502 6593 atau Telp : 031-3538338 . Dapatkan
    segera paket-paket usaha yang menarik dan special! Jangan lupa subscribe
    dan bagikan ke teman anda

  5. kalaw gk ada alat buat pencari komedonya gmana ?

  6. Adhe berkata:

    Simple dan mudah tanpa mengeluarkan biaya yg byk hasil y wajah aku jd sehat bersih..☺

  7. Yuyun Rachma berkata:

    Hmm bukannya pemakaian serum dan pelembab akan lebih optimal ketika pori2 masih terbuka ya? Agar bahan aktifnya lebih meresap ke dalam kulit. Jadi setelah masker dibersihkan, basuh wajah dengan air hangat. Keringkan sebentar dengan handuk bersih, lalu langsung gunakan serum dan pelembab. Ga perlu oles es batu dulu. Itu kalo saya sih

  8. Nevi Sifroja Eka berkata:

    Kalo habis pake pure pack terus pake masker putih telur, dilanjutkan masker instan bisa kan ??
    Minta sarannya dooong kak

  9. Ary Kus berkata:

    Wah…penjelasannya jelas bgt…..bener2 simple dan tentunya hemat…..terima Kasih yaa……

CLOSE