Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan Quipper Video. Tempatmu bisa jadi pintar dengan tetap fun

Ujian sering jadi momok yang membuat kepala kita terasa berat. Momen-momen sebelum ujian memaksa kita jadi zombie — harus belajar sampai pagi, menghapal banyak materi yang selama ini sudah dipelajari. Belum lagi kalau harus menghadapi ujian besar macam UN atau SBMPTN. Tegang, deg-degan, dan rasa ingin memberikan yang terbaik bercampur aduk dalam hati.

Tapi yang namanya ujian tentu akan terus dihadapi ‘kan? Daripada pusing, kenapa kita gak mempersiapkan diri? Ada kok trik yang bisa dilakukan agar hasil ujianmu selalu memuaskan.

1. Buat catatan belajarmu. Membayangkan catatan belajar ini dibaca orang lain akan menambah semangatmu

Flickr / Wikimedia Commons

Flickr / Wikimedia Commons via www.flickr.com

Oke, kamu boleh sudah punya catatan ysng didapat dari sekolah atau tempat les. Tapi tahukah kamu kalau mkenulis ulang materi yang sudah dipelajari akan membantumu belajar dengan lebih baik lagi? Sebelum menghadapi ujian, gak ada salahnya menciptakan catatan belajar sendiri. Tangan yang bergerak saat menciptakan catatan ini akan memorimu tertancap lebih kuat.

Ingin lebih bersemangat? Bayangkan catatan belajar ini akan dibaca orang lain. Jadi kamu harus memberikan usaha terbaik.

2. Setiap bosan, bawa bukumu ke tempat belajar baru. Cafe, perpustakaan, bahkan rumah teman — your call!

Belajar di tempat baru

Belajar di tempat baru via Something-brighter.tumblr.com

Selalu belajar di tempat yang sama ternyata tidak selalu membawa kebaikan untukmu. Riset membuktikan bahwa berganti suasana akan membantumu menemukan semangat belajar. Otakmu jadi lebih fresh karena suasana baru.

Kalau rasa bosan belajar datang jangan buru-buru stop dan tenggelam dalam distraksi. Coba deh kemas barang-barangmu dan segera pergi ke tempat baru. Cafe, perpustakaan, bahkan belajar di rumah teman bisa menyegarkan otakmu.

3. Susah konsentrasi? Download app untuk blok situs-situs yang jadi sumber distraksi

Blok situs tak berfaedah

Blok situs tak berfaedah via Thatyoutuberino.tumblr.com

Hari gini selain semangat belajar yang kadang entah di mana, rasa malas belajar juga sering timbul karena distraksi dari mana-mana. Pegang HP atau buka browser sedikit udah langsung buka socmed, atau bahkan streaming film. Ya gimana mau sukses ujian kalau begini?

Kalau mau hasil ujian yang memuaskan, coba deh blok situs-situs yang sering jadi godaan. Dengan aplikasi yang tersedia gratis di pasaran konsentrasimu bisa diselamatkan.

4. Mengunyah permen karet sambil belajar juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi

Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet via Day-and-moonlightdreaming.tumblr.com

Riset dari British Psychological Society menunjukkan bahwa menguyah permen karet bisa membantu fokusmu bertahan lebih lama. Dalam riset tersebut, subjek yang tidak mengunyah permen karet tampak mengalami kesulitan mempertahankan fokusnya dalam jangka waktu panjang. Sementara mereka yang mengunyah permen karet lebih bisa bertahan.

Jadi mulai sekarang, setiap musim ujian datang permen karet bisa jadi kawan baik dong ya?

5. Belajar lewat Quipper Video gak akan bikin kamu ngantuk. Malah materi akan mudah masuk

Quipper Video. Tempat tutor terbaik

Quipper Video. Tempat tutor terbaik via video.quipper.com

Yeah, mari kita akui saja kalau belajar dengan membaca catatan atau menghafalkan materi lewat buku itu membosankan. Terlebih buat generasi digital macam kita ini. Materi dengan visual yang baik akan jauh lebih menggoda.

Kalau proses mempersiapkan ujian buatmu membosankan, kenapa gak coba belajar dengan sesuatu yang baru? Quipper Video bisa jadi salah satu opsinya. Di sini kamu akan belajar via video dengan tutor-tutor yang gak cuma profesional, tapi juga asyik. Latihan soal juga tersedia di Quipper. Semuanya bisa kamu pelajari lewat gadget kesayanganmu. Dijamin gak membosankan lagi dong ya kalau begini?

6. Catat materi yang susah di post it notes lalu tempelkan di dindingmu. Waktu lupa atau bingung kamu tinggal lihat ke situ

Flickr / Creative Commons

Flickr / Creative Commons via flickr.com

Ucapkan selamat tinggal pada acara buka-buka catatan waktu kamu melupakan sesuatu. Kan materi yang sulit sudah kamu catat di post it notes dan ditempel di dekat dinding meja belajarmu. Lupa? Tinggal lirik ke situ…

7. Dengarkan musik istrumental atau musik yang belum kamu kenal. Kalau dengar lagu favorit konsentrasimu malah terpental

Dengar musik!

Dengar musik! via Picslist.com

Niatnya sih ingin dengar lagu favorit biar tambah semangat. Tapi apa daya, lagu favorit malah bikin span konsentrasimu makin sempit. Alih-alih fokus ke materi, kamu malah sibuk mendengarkan dan asyik bernyanyi.

Gak ada salahnya kalau kamu mau mendengarkan musik. Tapi lebih baik kalau musik yang kamu dengarkan itu musik instrumental atau musik asing yang belum begitu kamu kenal. Secara tidak langsung cara ini memaksamu fokus pada materi yang ada di depanmu.

8. Tetapkan waktu istirahat setiap 20 menit sekali. Lumayan, buat ambil nafas biar makin konsentrasi

Istirahat dulu

Istirahat dulu via jeffluker.com

Terus-terusan menggeber otak untuk belajar juga tidak baik. Otakmu toh bukan mesin yang tidak mengenal kata lelah. Untuk itu, ada baiknya kamu tetap memberi jeda dalam setiap sesi belajar. Jeda 20 menit sekali terasa cukup rasional. Batasi waktu istirahatmu selama 10-15 menity untuk sekadar ngemil, bikin minuman, atau mengintip lini masa di media sosial.

Setelah itu? Wajib fokus dan duduk manis lagi dong!

Semoga dengan 8 cara yang Hipwee dan Quipper Video beri ini persiapan ujianmu terasa lebih ringan dijalani, ya. Selamat mencoba. Semoga sukses!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya