“Orang ini… Kenapa sih dari tadi kayak cacing kepanasan?”

Kalian sudah pasti familiar dengan istilah “cacing kepanasan”, alias seseorang yang selalu bergerak dan menunjukkan perasaan gelisah. Istilah ini penuh konotasi negatif — makanya, kita sebisa mungkin akan bersikap tenang dan santai saat bertemu orang baru.

Advertisement

Tapi biarpun berusaha, banyak dari kita yang masih cukup kesulitan melakukannya. Nah, kalau kamu termasuk yang masih kesulitan, coba deh simak di bawah ini 9 gestur yang bisa kamu lakukan untuk membuat orang lain tertarik sementara kamu sendiri nyaman.

9 gestur apa saja ya yang bisa mulai kamu praktikkan? 😀

1. Nggak hanya lebar, pastikan juga senyum kamu luwes dan tulus

RAISA KUNJUNGI VIVANEWS.COM

Semanis senyumnya Mbak Raisa via wallpapersamazingfree.blogspot.co.id

Supaya terlihat tulus atau bahagia, nggak cukup hanya tersenyum lebar saja. Bayangkan wajah seseorang yang tersenyum lebar tapi mata dan raut wajahnya yang lain “cemberut”. Tentu, senyum lebarnya tetap terlihat kaku dan terpaksa.

Advertisement

Coba deh tersenyum dengan luwes dan tulus. Supaya terlihat luwes, tarik kedua sudut bibirmu dengan perlahan, dan jangan langsung tersenyum saat temanmu menyapa. Beri jeda beberapa detik antara sapaannya dan senyumanmu. Dengan ini, senyummu akan terasa lebih tulus dan tidak terpaksa.

2. Saat bicara, pastikan kamu menatap mata teman. Tapi jangan melotot juga ya

Serius banget Mbak!

Serius banget Mbak! via pixgood.com

Kontak mata penting untuk memberikan bukti kalau kamu memperhatikan lawan bicaramu, serta benar-benar tertarik pada ucapannya. Tapi pastikan juga kamu tidak melotot atau terus-terusan menatapnya, karena ini bisa membuat lawan bicaramu kurang nyaman. Gantian deh menatap lawan bicaramu dan sekeliling. Lakukan semuanya dengan proporsi yang pas, agar lawan bicaramu tahu kamu orang yang cerdas.

3. Gestur tubuh boleh, tapi jangan sampai mendistraksi omonganmu. Yang terpenting dalam obrolan tetap omonganmu itu!

Gigitin jari! via sarahcharlina.tumblr.com

Meremas-remas jari tanpa sebab, memainkan ujung kuku terus menerus, atau menyentuh wajah seperti menggaruk: ini membuatmu tampak layaknya cacing kepanasan. Orang yang melihatmu bisa merasa terganggu. Karena itu, ada baiknya kamu menggerakkan tangan beserta jarimu seperlunya, dan pastikan juga gerakannya dilakukan dengan percaya diri. Jangan berlebihan, agar orang pun memandang kamu sebagai pribadi yang dapat dipercaya.

4. Jangan menyilangkan lengan. Sampirkan tanganmu di kedua sisi tubuh saja — supaya terlihat ramah dan terbuka

Natural beauty portrait of young blonde woman

Natural beauty portrait of young blonde woman via i.huffpost.com

Biarkan kedua tangan kamu tetap terbuka. Jangan menyilangkan keduanya, karena itu memperlihatkan sikap angkuh, dan seperti memberi batasan atau menutup diri dari lawan bicara. Jangan sampai juga orang mengira kamu kedinginan loh, ya!

5. Sikap kamu duduk pun sebisa mungkin tegap. Kalaupun ingin bersandar, jangan terlalu sering

Jangan membungkuk, pastikan posisi dudukmu cukup tegak. Kalaupun ingin bersandar, jangan terlalu sering. Karena kalau kamu duduk membungkuk orang akan menilai kamu pribadi yang lemah. Sedangkan terlalu banyak bersandar sama halnya dengan melipat tangan, mengesankan kamu angkuh dan berjarak.

6. Jangan menunduk. Kamu akan terlihat pemalu dan tidak percaya diri

Nunduk terus, emang di bawah adda recehan? via trendyfeeds.com

Kebanyakan orang suka dengan dengan pribadi yang percaya diri dan tegas. Kalau kamu kebanyakan menunduk, yang ada kamu seperti terlihat mengindar karena gugup dan merasa tidak senang.

7. Sesekali mengangguklah ketika dia berbicara. Artinya, kamu mendengar dan memperhatikan ucapannya

Sesekali mengangguk seolah mengiyakan ucapan lawan bicaramu itu penting. Karena dengan begitu, dia akan merasa didengar dan diperhatikan olehmu. Cobalah untuk mengangguk sesekali, terutama saat dia mengutarakan poin-poin menarik. Kamu pun akan terlihat seperti teman bicara yang asyik.

8. Pastikan semua gerakanmu sedikit diperlambat, seperti kamu menikmatinya. Mereka yang melihat pun akan merasa hal yang sama

Lambatkan gerakan

Lambatkan gerakan via www.romanceways.com

Kamu memang bukan seorang puteri atau penari, tapi tidak ada salahnya kalau kamu melakukan semua gerakan dengan perlahan. Bukan demi terlihat lembut, melainkan demi membuatmu tampak tenang dan percaya diri.

9. Jangan lupa untuk terus mempertahankan sikap yang baik itu

Terakhir tapi tak kalah penting, kamu perlu mempertahankan semua sikap positif di atas dengan baik. Bahasa tubuh yang terbuka dan santai bagian dari modal agar orang tertarik dan kagum denganmu. Percuma juga kalau cara bicaramu baik, tapi sikap atau bahasa tubuhmu justru tidak mencerminkannya. Iya nggak?

Nah, selamat mencoba 9 gerakan di atas ya. Nggak perlu khawatir duluan kalau berinteraksi dengan orang yang belum kamu kenal. Dengan 9 bahasa tubuh di atas, kamu bisa terlihat cerdas, asyik, ramah, dan percaya diri. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya