Ibarat lorong waktu, foto bisa membuatmu menjelajah ke masa lalu. Saat melihatnya, kamu bisa kembali melewati kenangan yang telah terekam di situ. Maka, mengambil foto sudah menjadi kegiatan wajib di setiap kegiatan atau peristiwa yang kita lewati. Tak hanya saat momen penting, kejadian sehari-hari juga tak luput dari jepretan kamera. Karena dengan foto, kenangan yang tidak bisa diulang itu dapat tersimpan dengan baik sampai kapanpun.

Tak hanya menyimpan file foto dalam kartu memori, kamu juga harus mencetaknya agar fotomu tak hilang karena virus yang menyerang. Nah, foto edisi cetak juga tak melulu disimpan dalam album foto saja, tapi kertas cetak ini juga bisa mempercantik dinding rumahmu lho. Berikut ini, Hipwee berikan beberapa tips untuk menyimpan foto dengan cara yang unik. Simak artikel berikut, yuk!

1. Memajang foto dalam bentuk kalender tak hanya bisa membuatmu disiplin waktu, tapi juga membantu mengingat ulang tahun teman-temanmu.

Bikin fotomu jadi kalender via id.pinterest.com

Tak melulu memajang foto dalam pigura, sekarang kamu bisa mencetaknya menjadi kalender yang indah. Kamu bisa mengedit fotomu dalam kolom kalender dan mencetaknya di jasa percetakan. Cetaklah kalender itu pada kertas karton berukuran A3.

Selain menjadi media display, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai pengingat tanggal ulang tahun. Mungkin ibumu lahir pada bulan Mei, maka pasang fotonya menjadi latar gambar kalender bulan Mei. Kreasi foto seperti ini tak hanya bikin fotomu lebih terlihat menarik, kamu juga lebih irit karena tak perlu beli kalender lagi.  Kamu gak mau ‘kan merasa bersalah karena melewatkan hari penting kerabat dan sahabat dekatmu?

2. Daripada menghabiskan banyak uang untuk pigura, belanjakan saja uangmu untuk tali rotan. Foto-fotomu bisa digantung layaknya jemuran.

Advertisement

Pajang fotomu dengan tali via voyagesofthecreativevariety.blogspot.co.nz

Memanjang foto agar terlihat indah itu ada banyak caranya. Salah satunya, dengan menjejerkannya seperti alat jemuran. Daripada kamu belanjakan uangmu untuk membeli pigura, sekarang kamu memanfaatkannya untuk beli tali rotan. Biasanya, tali rotan dijual sepaket dengan jepitan kayu. Pasang keduanya di dinding rumah menggunakan paku. Setelah itu, jepitkan saja fotomu secara berjajar seperti jemuran.

Supaya lebih menarik, cetak saja foto dalam posisi portrait. Bentuk seperti ini akan memberikan komposisi yang artistik pada saat kamu menggantungkan foto-fotomu nantinya. Nah, walaupun hanya bermodalkan minimk, cara ini bisa membuat foto-fotomu akan terlihat makin cantik dan menarik.

3. Hanya dengan batu, kerang dan kawat, fotomu bersama orang-orang tercinta akan lebih artistik saat dilihat.

Manfaatkan batu untuk memajang fotomu via petapixel.com

Memandang foto orang-orang tercinta bisa membuat rasa bahagiamu berlipat-lipat. Karena itu, gak jarang kamu akan memajang foto mereka di meja kerja atau meja belajar. Jika sudah bosan dengan pigura yang itu-itu saja, manfaatkanlah batu dan kawat yang murah untuk memajangnya.

Caranya mudah kok! Pertama-tama, carilah batu yang berukuran agak besar. Lalu pasangkan sebuah kawat yang agak tebal. Setelah itu buatlah lekukan di kawat bagian atas untuk “menjepit” fotomu. Selain batu, kamu juga bisa gunakan kerang atau balok kayu. Nah, dengan cara ini, fotomu di meja kerja pasti akan lebih artistik dan menarik untuk dilirik. Tertarik untuk mencobanya?

4. Meski hanya pakai lem, fotomu yang tersusun dalam berbagai bentuk di dinding akan jauh lebih menarik dari sekadar memajangnya dalam bingkai.

Disusun sesuai pola via weheartit.com

Mungkin kamu lebih suka menempelkan fotomu secara langsung di dinding. Agar terlihat lebih menarik, susunlah foto-foto tersebut mengikuti sebuah pola yang telah kamu buat. Kamu bisa membuat pola segitiga, bentuk hati, menara Eiffel, atau bahkan inisial namamu sendiri. Caranya mudah kok, pertama-tama gambarlah pola pada dinding menggunakan pensil. Tidak perlu terlalu tebal, yang penting kamu bisa melihatnya dengan baik. Kemudian, mulailah susun foto-foto tercetak dengan mengikuti pola yang telah kamu buat. Lakukan dengan teliti supaya mendapat bentuk yang cantik.

Untuk membuat kolase ini, usahakan untuk selalu mencetak foto dalam berbagai ukuran dan posisi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyesuaikan letak foto sesuai dengan pola yang ada. Display seperti ini jauh lebih menarik dibandingkan hanya memasang fotomu di figura foto.

5. Layaknya barang dagangan, hasil jepretan yang dipajang di etalase kayu bisa mengundang perhatian banyak orang.

Pajang fotomu layaknya di etalase via www.popsugar.com

Tak hanya barang dagangan yang bisa berjajar di etalase, sekarang kamu juga bisa menata hasil jepretanmu seperti itu. Caranya mudah kok, pertama-tama kamu gunakan balok kayu yang tidak terlalu tebal. Lalu pasangkan douple tip busa di bagian belakang. Setelah itu, kamu tempelkan balok kayu pada dinding rumah. Double tip yang tebal ini akan membuat celah antara kayu dan tembok. Nah, celah ini kamu manfaatkan untuk meletakkan koleksi fotomu secara berjajar. Agar tidak mudah lepas, pastikan double tip  yang kamu gunakan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis ya. Menarik dan mudah dibuat ‘kan? Kamu pasti bisa mencobanya di rumah.

6. Sembari menyimpan memori indah, wall sticker yang dihiasi foto kenangan juga bisa membaut dinding rumahmu terlihat makin menawan.

Manfaatkan wall sticker via www.guidinghome.com

Selain menempelkan foto di dinding dalam berbagai bentuk, kamu bisa juga mengkreasikan foto-foto tersebut dengan wall stickerWall sticker ini mudah kamu dapatkan di berbagai toko dan supermarket terdekat. Harganya pun terjangkau, jadi kamu nggak perlu takut kantong jebol.

Nah, kamu bisa pilih wall sticker dengan motif pohon atau bingkai foto supaya lebih mudah menghiasnya. Lalu tempelkan foto-fotomu di setiap ujung dan bentuk ranting. Agar terlihat lebih indah, kamu lapisi fotomu dengan lakban hitam. Selain bisa menyimpan memori, kreasi ini juga membuat dinding rumahmu lebih cantik.

7. Jangan stuck dengan bingkai kayu. Botol sirup atau selai juga bisa menjadi media untuk memajang fotomu.

Gunakan botolmu sebagai media memajang fotomu via id.pinterest.com

Tak hanya bingkai kayu, sekarang kamu bisa manfaatkan botol bekas sirup atau selai sebagai media untuk memajang fotomu. Caranya mudah kok. Pertama-tama, cuci botolmu hingga bersih. Lalu cetak fotomu sesuai ukuran permukaan botol dan masukkan ke dalamnya menggunakan pinset. Agar lebih menarik, kamu bisa tambahkan pasir atau ranting-ranting pohon. Jadi deh!

Cara ini bisa membuat ruanganmu juga lebih apik dan fotomu terlihat lebih menarik. Nah, gampang ‘kan?

8. Buatlah wall of fame-mu sendiri dari potret hidupmu sejak masih kecil. Dijamin rumahmu terasa lebih “pribadi”.

Wall of fame via weheartit.com

Wall of fame tidak cuma punya artis-artis saja. Kamu sendiri pun bisa punya dan mengisinya dengan foto orang-orang tersayangmu. Caranya, sediakan satu sisi dinding kamarmu yang masih kosong, satu buah kanvas atau karton putih berukuran 40 x 50 cm. Cetaklah foto sebanyak mungkin dengan ukuran 4R.

Langkah berikutnya, letakkan kanvas atau karton putih tepat di titik tengah dinding tersebut. Kanvas atau karton putih ini akan berfungsi sebagai area tandatangan dari teman-teman yang pernah berkunjung ke kamarmu. Kemudian, kelilingi kanvas tersebut dengan foto-foto yang telah kamu cetak hingga menutup seluruh sisi dinding. Nah, dengan cara ini rumahmu akan terasa lebih “pribadi” dan punya kekhasan tersendiri.

8. Tak hanya ruang tengah yang bisa dihias dengan gambar kenangan, sudut ruangan juga bisa jadi tempat untuk menempelkan hasil jepretan.

Percantik sudut kamarmu via mery.jp

Jangan biarkan sudut ruanganmu kosong begitu saja. Jika dihias dengan apik, bagian sudut bisa menarik perhatian dan mempercantik rumahmu, lho. Salah satu cara menghiasnya adalah dengan menempel foto-foto kehidupanmu sehari-hari. Nah, supaya tidak membosankan, buatlah pola yang simetris jika terbagi 2. Kamu bisa menggunakan pola lingkaran, bentuk hati, atau juga inisial namamu.

Gambar pola tersebut di bagian sudut kamarmu. Pastikan pola tersebut akan ‘terpisah’ dengan baik di tengahnya ya. Setelah selesai menggambar, mulailah susun foto-foto tersebut sesuai dengan pola yang ada. Cetaklah foto dalam berbagai ukuran dan posisi agar kamu lebih mudah menyusunnya. Mudah ‘kan? Kamu pasti bisa membuatnya sendiri dirumah.

9.Momen penting dalam hidup tak akan terlupakan jika kamu mau memajang fotomu dengan bentuk rasi bintang.

Buat fotomu seperti rasi bintang via www.thecaldwellproject.com

Banyak foto-foto di momen berharga yang sayang kalau hanya di simpan di album. Gak ada salahnya kamu pajang saja di dindin rumah. Misalnya, dengan merangkai sepeti rasi bintang. Caranya mudah kok. Pertama-tama, kamu buat pola rasi bintang  kesukaanmu. Setelah itu pasanglah paku di setiap sudutnya. Lalu gunakan tali untuk menghubungkan antar titik. Jika rasi bintang dari tali sudah dibuat, saatnya kamu pasang fotomu menggunakan klip buku.

Nah, menarik ‘kan? Cara ini cukup mudah dibuat kok. Selain itu, kmau juga gak perlu mengeluarkan banyak uang untuk beli figura.

10. Jangan hanya menyimpan foto di file digital, sekarang saatnya kamu cetak dan memajangnya sebagai rangkuman perjalanan.

Jadikan sebagai jejak perjalananmu via pinterest.com

Kreasi kolase satu ini, cocok untuk kamu yang suka berplesir ke luar kota atau bahkan keliling dunia. Kamu hanya perlu menyediakan foto-foto perjalananmu dan peta dunia. Tandailah negara atau kota-kota yang telah kamu sambangi di peta dunia dengan foto perjalananmu. Tambahkan juga sedikit keterangan waktu dan tempat di mana foto tersebut diambil.

Untuk kamu yang belum pernah berplesir, bukan berarti tidak bisa membuat kolase foto ini. Kamu bisa tetap memanfaatkan ide ini dengan menandai kota atau negara yang ingin kamu kunjungi kelak. Tandailah dengan foto tempat-tempat menarik yang tidak ingin kamu lewatkan untuk didatangi.

Foto kenangan terlalu indah kalau hanya disimpan dalam file digital. Alangkah baikny kamu cetak agar foto itu tidak akan hilang. Tak melulu memajangnya dengan figura, sekarang kamu bisa menatanya menjadi hiasan rumah yang indah. Dan 10 cara ini bisa jadi inspirasinya.

Selamat mencoba.