6 Trik Pengamanan Agar Akun Medsosmu Nggak Kena Hack. Bikin Password yang Rumit Belum Cukup

Agar medsos nggak kena hack

Beberapa dari kamu mungkin beranggapan bahwa medsosmu bakal aman-aman saja karena nggak memiliki rahasia apapun. Sayangnya ini bukan jaminan. Kadang, para hacker pun nggak peduli status sosial jika ingin meretas akun medsos seseorang.

Nah, kalau sudah kena retas, informasi pribadimu bisa saja beredar luas di jejaring internet. Supaya aman dari retasan hacker, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Lebih baik jaga-jaga dari awal, kan?

1. Buatlah password yang rumit agar nggak mudah terdeteksi, tapi hafalkan atau catat baik-baik

bikin password rumit via www.wikihow.tech

Advertisement

Kunci media sosial yang aman pada pada kerumitan kata sandinya. Usahakan untuk nggak bikin kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama, atau alamat. Buatlah kata sandi yang sulit ditebak ditambah dengan kombinasi angka dan huruf besar kecil.

2. Selain bikin password yang rumit, juga sering-seringlah menggantinya

rutin diganti via www.computerhope.com

Usahakan untuk membuat kata sandi yang mirip atau hampir sama dengan sebelumnya. Untuk mengecek kekuatan kata sandi, kamu bisa membuka laman rumkin.com. Situs ini bisa memberitahumu apakah kata sandi yang dipakai aman digunakan atau nggak.

3. Sebelum memakai aplikasi pihak ketiga, bacalah ketentuannya dengan teliti lebih dulu

aplikasi pihak ketiga via www.solopos.com

Kalau memang mau pakai aplikasi pihak ketiga, pastikan bahwa kamu merupakan satu-satunya orang yang punya otoritas untuk mendapatkan akses. Beberapa aplikasi biasanya memerlukan izin ketika ingin mengunggah konten, pastikan kamu sudah membaca semua ketentuannya, ya!

4. Pastikan juga kamu telah mengaktifkan verifikasi keamanan dua langkah

verifikasi keamanan via www.androidpolice.com

Advertisement

Beberapa medsos seperti Google, Twitter, dan Facebook sudah memiliki verifikasi keamanan ini. Jika fitur ini diaktifkan, kamu akan mendapatkan notifikasi SMS yang berisikan kode untuk masuk ke akunmu. Nah, kamu pun perlu memasukkan kode ini ketika proses login supaya akun medsosmu lebih aman.

5. Jangan pula menyimpan password di browser meski ada pada ponselmu sendiri

jangan simpan password di browser via www.thewindowsclub.com

Kalau kamu sering memakai Google Chrome, pasti di awal kamu akan diminta untuk mengisi kata sandi. Biasanya browser akan menawarkan untuk menyimpan kata sandi secara otomatis. Memang bisa memudahkan untuk kembali masuk ke akses, tapi ini juga rentan kena aksi peretasan lo!

6. Setelah surfing pada medsos tertentu, usahakan untuk langsung log out akunmu

log out akunmu via www.guidingtech.com

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa nggak ada jejak yang bisa dipakai untuk meretas akunmu. Selain itu, jika ponselmu hilang, orang lain pun juga nggak akan bisa mengakes medsos milikmu. Nggak cuma menghindari peretas, cara ini pun bisa membuat mobile data lebih awet kok.

Nggak hanya itu, jika kamu tiba-tiba mendapati SMS atau kiriman mencurigakan yang mengharuskanmu untuk mengklik sebuah link, baiknya jangan dilakukan, ya! Bisa-bisa ini juga merupakan salah satu ulah peretas untuk mengakses seluruh data di ponselmu. Yuk, lebih hati-hati dan waspada!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE