5 Trik Menata Rumah Paviliun Agar Tampak Lebih Luas. Serasa Tinggal di Vila Milik Pribadi

agar paviliun terlihat luas

Mengingat harga rumah dan sewa yang semakin mahal, kini mulai banyak pasangan muda yang menempati paviliun sebagai rumah tinggal. Paviliun merupakan sebuah bangunan kecil mirip rumah yang biasanya terdapat di samping atau di depan rumah induk. Sayangnya, karena bentuknya yang kecil, kadang paviliun nggak dimanfaatkan dengan maksimal. Padahal, paviliun bisa lo kamu manfaatkan untuk menjadi ruangan yang lebih fungsional, seperti tempat bekerja, musala, bahkan kos-kosan atau rumah tinggal.

Advertisement

Agar paviliun tampak lebih luas dan fungsional, Hipwee Tips akan membagikan trik menata paviliunmu yang sempit agar tampak lebih luas. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya!

1. Agar tampak lebih luas, kamu bisa mengecat dinding paviliun dengan warna yang serba putih

Serba putih via jurnal.maskoolin.com

Warna putih pada dinding akan membuat ruangan terkesan lebih rapi dan bersih. Selain itu, ruangan juga akan tampak lebih luas karena terasa lebih terang. Perabotan dengan warna serupa akan semakin mendukung ruangan agar tampak lega. Biar nggak terkesan monoton, kamu bisa menambahkan pernak-pernik atau dekorasi yang cantik.

2. Selain cat putih, cermin yang kamu letakkan di dinding juga akan membuat ruangan tampak lebih luas lo!

Cermin di dinding via jurnal.maskoolin.com

Kamu bisa menyontek rumah makan atau toko perbelanjaan yang menempatkan cermin di sekitar dinding untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Gantung cermin berukuran sedang di beberapa sudut paviliunmu. Kreasikan bingkai cermin dengan warna yang senada untuk mempercantik dekorasi ruangan dan membuatnya tampak lebih lega.

Advertisement

3. Agar dapat dimanfatkan dengan maksimal, kamu bisa memilih perabotan atau furnitur multifungsi dengan bentuk yang sederhana

Furniture multifungsi via magazine.banananina.co.id

Hindari menggunakan furnitur besar agar ruanganmu nggak tampak sempit dan sesak. Pilih perabotan berbentuk sederhana, berukuran kecil, dan pastinya multifungsi. Dengan memanfaatkan perabot multifungsi, kamu akan menghemat ruang pada paviliun kecilmu.

4. Karpet berpola besar bisa kamu pilih sebagai alas dalam paviliun kecilmu. Cara ini akan memberi ilusi ruangan jadi lebih luas lo!

gunakan karpet berpola besar via renovasi-rumah.net

Tempatkan karpet di bawah meja ruang tamumu untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Pilih karpet berpola yang berbeda untuk alas furnitur lainnya untuk memberi ilusi bahwa kamu sedang berada di ruang yang berbeda.

5. Kamu bisa menghias paviliun dengan tirai yang dipasang di langit-langit. Biarkan bagian bawahnya menyentuh lantai agar ruangan tampak lebih tinggi

Advertisement

Tirai tinggi via login.aliexpress.com

Tirai yang terlalu pendek akan membuat langit-langit paviliunmu tampak lebih rendah. Selain itu, kamu juga perlu menghindari tirai yang menyentuh langit dengan aksen lipatan agar nggak menambah kesan berat pada ruangan. Pilihlah tirai dengan warna-warna solid atau tembus pandang agar ruang kecilmu tampak lebih luas.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat rumah paviliunmu yang sempit tampak jadi lebih luas. Nah, dengan ruangan yang tampak lega seperti ini, kamu juga akan makin nyaman beraktivitas, bukan? Hmm, serasa tinggal di vila milik pribadi nih~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE