Otak adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling penting. Ia adalah organ paling vital daripada organ-organ tubuh lainnya. Semakin bertambah umur seseorang, kemampuan otak akan semakin berkurang. Apalagi jika tak dibarengi dengan gaya hidup sehat dan seimbang.

Seperti bagian tubuh lainnya, otak juga memerlukan latihan agar bisa terjaga ketajamannya serta berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan memancing otak agar bisa selalu berpikir sehingga tak menjadi tumpul nantinya.

Advertisement

Dalam artikel kali ini, Hipwee ingin menunjukkan beberapa aplikasi yang dapat membantu mengasah otakmu agar tetap tajam. Hmmm apa saja ya?

1. Mengerjakan soal matematika akan terasa menyenangkan dengan game yang bernama Brain Trainer

Tampilan tiga dimensi

Tampilan tiga dimensi via computerhoy.com

Terdiri dari 9 jenis permainan berbeda yang akan meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingatmu. Sebagai contoh, kamu akan melihat beberapa buah kubus yang beterbangan, dan diatasnya tercetak angka dari 0 sampai 9. Lalu setelahnya kamu disuruh untuk menjumlahkan angka-angka yang tercetak diatas kubus tersebut. Selain itu, ada juga permainan yang menyuruhmu untuk menghafal beberapa nomor telepon dari beberapa orang berbeda.

2. Berkompetisi kecerdasan dengan orang lain dapat kamu lakukan dengan aplikasi Lumosity

Aplikasi Lumosity

Aplikasi Lumosity via www.cnet.com

Lumosity adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mempertajam ingatan, meningkatkan perhatian, pemecahan masalah, serta kecepatan mengakses suatu informasi kebebasan berpikir.

Advertisement

Cara memainkan game ini adalah dengan mengerjakan beberapa permainan sederhana, dengan penghitungan waktu berbeda yang akan berubah setiap waktu. Pihak pengembang mengatakan bahwa dengan memainkan satu sesi permainan ini, pengguna dapat  melihat kemajuannya serta membandingkan hasilnya dengan orang lain.

3. Fit Brain merupakan aplikasi game yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Fit Brain

Fit Brain via www.fitbrains.com

Dikembangkan oleh Dr. Paul Nussbaum, yang merupakan seorang bidang Neuropsychologist dan spesialis kesehatan otak. Aplikasi ini berisi beberapa permainan yang dapat mengasah konsentrasi, pemecahan masalah, mempertajam ingatan, serta kemampuan berbahasa.

Aplikasi ini cukup lengkap karena menyertakan diagram serta grafik yang menunjukkan seberapa jauh peningkatan kemampuan berpikir kita. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Namun untuk membuka segala fiturnya, kamu perlu membayar biaya bulanan yang cukup mahal.

4. Tak hanya otot yang perlu dilatih agar kuat, otakpun perlu latihan agar senantiasa bugar. Cognifit Brain Fitness ada untuk membantu mewujudkan otak agar senantiasa bugar

Cognifit Brain Fitness

Cognifit Brain Fitness via www.vizz.co

Permainan ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti memori dan konsentrasi dengan cara yang sederhana sekaligus menyenangkan yang didesain oleh para ahli syaraf. Seperti pada aplikasi lainnya, aplikasi ini juga dapat memberikan track record untuk memperlihatkan sejauh mana kemajuanmu.

Pihak pengembang juga mengatakan bahwa aplikasi ini akan merekomendasikan jenis permainan dan tingkat kesulitan kepadamu sesuai dengan hasil yang kamu dapatkan. Aplikasi ini juga memungkinakanmu untuk berkompetisi dengan orang lain. Jika kamu ingin memperoleh fasilitas secara penuh, kamu bisa mengeluarkan uang sebanyak $13 per bulan maupun $120.

5. Melakukan nostalgia pelajaran mencongak di waktu SD dengan memanfaatkan Math Workout

Belajar matematika lagi

Belajar matematika lagi via www.topapps.net

Melakukan hitung-hitungan matematika sederhana memang amat sangat mudah dilakukan. Namun banyak orang yang jarang melakukan latihan otak ini, sehingga kemampuan otak mereka-pun semakin menurun. Math Workout hadir untuk membantu kamu untuk kembali menyegarkan otakmu.

Math Workout berisi tentang hitung-hitungan matematika sederhana yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang dibagi dalam 3 tingkatan berbeda yaitu Easy, Medium, dan Hard. Kamu dituntut untuk bisa menjawab soal-soal sederhana ini secepat mungkin tanpa adanya kesalahan.

6. Positive Activity Jackpot dapat membuat otak dan perasaanmu lebih bahagia

Cocok untuk kamu yang sedang sedih

Cocok untuk kamu yang sedang sedih via bluegape.com

Aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk bisa mengatasi stres dan depresi. Bekerja menggunakan GPS pada ponsel, dan merekomendasikan tempat-tempat terdekat yang dapat dikunjungi untuk menghibur diri. Namun jika kamu tak tahu apa yang harus dilakukan, kamu dapat menekan tombol “pull the lever” dan biarkan aplikasi ini untuk menentukan pilihan yang tepat untuk kamu.

7. Buat dirimu agar lebih bisa bersyukur serta behagia dengan memanfaatkan aplikasi Happify

Aplikasi untuk menambah rasa syukur

Aplikasi untuk menambah rasa syukur via www.kylewhitedesign.com

Happify adalah sebuah aplikasi yang bisa membuat dirimu menjadi lebih bahagia. Dalam aplikasi ini, kamu diharuskan untuk menuliskan kejadian-kejadian positif yang kita alami saban harinya. Menuliskan sesuatu yang bikin kamu senang, bahagia, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih dengan apa yang telah kamu dapat di hari itu. Bisa dikatakan aplikasi ini mirip seperti sebuah buku harian digital.

Diharapkan dengan menuliskan hal-hal positif yang kamu alami, kamu dapat menaklukkan pikiran-pikiran negatif, membuat kamu lebih bisa bersyukur, mengendalikan stres, serta lebih bisa memiliki rasa empati. Dimana semua hal itu adalah kombinasi untuk mewujudkan kehidupan yang bahagia. Aplikasi ini bisa kalian install untuk pengguna Android dan iOs.

Itulah beberapa aplikasi yang memungkinkanmu dapat meningkatka ketajaman dan melatih otakmu agar senantiasa muda dan tak mudah lupa. Selain latihan, tentunya kamu juga harus mengatur pola makan dan latihan fisik agar hasilnya bisa terlihat secara maksimal. Jadi, tak ada alasan lain lagi untuk tak belajar bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya