Siapa sih yang nggak kenal permen karet? Permen yang manis dengan teksturnya yang kenyal ini, biasanya dikonsumsi saat bosan bahkan teman perjalanan. Pada umumnya, setiap orang beranggapan bahwa mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang nggak baik. Apalagi kalau sampai tertelan, beuh bisa gawat! Tapi, ternyata nggak gini lho faktanya.

Setelah dilakukan penelitian, ternyata permen karet punya banyak manfaat. Penasaran apa saja?

1. Mengunyah permen karet bagus untuk kerja otak, efeknya meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

kamu akan lebih konsentrasi dalam belajar

kamu akan lebih konsentrasi dalam belajar via www.rmit.edu.au

Advertisement

Percaya atau nggak, ternyata dengan mengunyah permen karet kita jadi lebih berkonsentrasi. Hal itu disebabkan karena ketika mengunyah permen karet, rongga mulut melakukan gerakan berulang-ulang, di mana gerakan itu memperlancar aliran darah.

Darah inilah yang membawa asupan oksigen ke otak sehingga akan memperbaiki daya ingat. Selain itu, kamu nggak akan bengong, karena mengunyah permen karet juga meningkatkan kewaspadaan. Jadi, permen karet baik dikonsumsi saat belajar dan sedang dalam perjalanan.

2. Saat perutmu rewel, kunyahlah permen karet untuk menahan lapar

kunyah permen karet bisa tahan lapar

kunyah permen karet bisa menahan lapar via i.huffpost.com

Proses mengunyah permen karet akan menahan rasa lapar, karena membantu mengontrol nafsu makan. Permen karet merupakan salah satu jenis camilan yang rendah kalori, sehingga baik buat kamu yang sedang melakukan program diet.

Advertisement

Biasanya, kita mengkonsumsi camilan hanya untuk sekedar membuat mulut kita sibuk saja. Nah dengan makan permen karet, maka mulut kamu akan sibuk mengunyah, sama seperti ketika mengkonsumsi camilan.

3. Mengunyah permen karet dapat memperkuat gigi dan gusi, wah kok bisa ya?

gigi dan gusi lebih sehat

gigi dan gusi lebih sehat via www.freakingnews.com

American Dental Association merekomendasikan mengunyah permen karet tanpa rasa 20 menit setelah makan karena terbukti bisa mengurangi karang gigi, melindungi enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan menurunkan radang gusi.

Dengan mengunyah permen karet, maka aliran ludahakan meningkat kemudian menurunkan jumlah zat asam penyebab gigi keropos yang ada dalam mulut. Tapi ingat, permen karet yang disarankan adalah permen tanpa rasa. Permen karet yang mengandung gula justru akan menambah jumlah zat asam.

Permen karet yang mengandung xylitol juga diperlukan, karena bisa menurunkan jumlah bakteri penyebab gigi keropos.

4. Kamu gugup? Kunyah permen karet gih!

kamu lebih tenang

kamu lebih tenang via www.cosmopolitan.co.id

Mengunyah permen karet adalah cara terbaik untuk mengurangi kecemasan, depresi atau stress. Hormon kortisol, yakni hormon pemicu stress akan turun kadarnya jika kamu mengunyah permen karet.

5. Nggak perlu buang-buang uang ke dokter kulit, kulit wajahmu bisa kencang dengan mengunyah permen karet

wajah lebih kencang

wajah lebih kencang via cdn.klimg.com

Penelitian menyebutkan bahwa ketika mengunyah permen karet, maka aliran darah ke wajah akan menjadi lebih lancar.

Dengan lancarnya aliran darah ke wajah ini, maka akan berpengaruh terhadap kondisi wajah kamu. Wajah akan terlihat lebih cerah, bersih dan sehat, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, otot-otot wajah juga bergerak ketika mengunyah permen karet. Hal ini dapat mengencangkan kulit wajah sehingga memperlambat pengeriputan.

6. Mual bisa diatasi dengan mengunyah permen karet, obat-obatan herbal? Lewaaatt…

kunyah permen karet kurangi mual

kunyah permen karet kurangi mual via csdnews.com

Mengunyah permen karet setelah makan bisa membantu mengurangi asam dalam kerongkongan. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat sehingga bisa membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan. Karena sering mengeluarkan banyak liur dan membuat kamu sering menelan, maka air liur yang turun ke dalam perut akan mencegah terjadinya asam lambung.

7. Kalau lupa belum gosok gigi, segera kunyah permen karet maka mulut akan segar kembali

nafas kembali segar

nafas kembali segar via www.sehatfresh.com

Untuk menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet. Bakteri penyebab bau mulut berkembang ketika mulut dalam keadaan kering. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur sehingga mulut anda menjadi basah.

Dengan demikian perkembangan bakteri di mulut terhambat. Permen karet rasa cinnamon adalah pilihan terbaik yang bisa membuat napas segar sekaligus mematikan bakteri dalam mulut.

8. Dan… mengunyah permen karet juga mengurangi sakit telinga ketika ‘terbang’, ajaib bukan?

kunyah permen karet saat kamu terbang

kunyah permen karet saat kamu terbang via www.wikihow.com

Sakit telinga karena perubahan tekanan udara saat terbang dan mendarat membuat orang merasa nggak nyaman. Cara terbaik untuk menghilangkan rasanya adalah dengan mengunyah permen karet. Sekali lagi, dengan mengunyah permen karet akan memicu produksi air liur sehingga kamu banyak melakukan gerakan menelan. Gerakan menelan ini akan menyamakan tekanan udara pada telinga.

Manfaat di atas dapat kamu peroleh jika kamu mengkonsumsi permen karet dalam jumlah dan jenis yang benar. Kalau kamu berlebihan dan cuma asal-asalan, maka yang kamu dapat hanyalah kerugian. Selamat mempraktikkan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya