Nggak setiap kali kesempatan bersenang-senang membutuhkan uang. Ada juga banyak hal yang bisa jadi mood booster tanpa kamu perlu mengeluarkan sepeserpun dari kantong. Tentu saja kamu harus mengeluarkan usaha lebih untuk mencari kegiatan menyenangkan yang gratis. Tapi jangan khawatir, karena 12 hal di bawah ini bisa jadi inspirasi!

1. Cek jadwal acara hiburan di kotamu. Pilih festival yang bisa ditonton tanpa tiket masuk alias gratis!

nonton festival gratisan

nonton festival gratisan via luchiabee.blogspot.com

Pada akhir pekan, biasanya banyak acara atau festival yang diselenggarakan dengan tema beragam mulai dari musik hingga hobi sehari-hari. Kabar baiknya lagi, acara atau festival tersebut sering tidak memungut biaya tiket masuk alias GRATIS.

Advertisement

Walaupun gratis, tapi acaranya dikemas dengan baik lho. Pengisi acaranya juga tidak main-main. Pokoknya, kamu tinggal datang dan menikmati saja suguhan acara ini. Pas banget ‘kan untuk mengisi malam minggu di akhir bulanmu?

2. Bosan dengan suasana kamar yang itu-itu saja? Kenapa tidak mendekorasinya jadi lebih berwarna?

Kalau kamarnya senyaman ini, siapa yang tidak betah?

Kalau kamarnya senyaman ini, siapa yang tidak betah? via blog.builddirect.com

Suasana kamar tidur dapat mempengaruhi suasana hati dan produktivitasmu. Kalau kamarmu rapi, kamu akan merasa nyaman dan betah di dalam kamar. Tetapi kalau berantakan, untuk masuk kamar saja rasanya malas. Nah mumpung sedang akhir pekan — yang juga akhir bulan — dibanding bingung mau melakukan apa ayo ubah suasana kamar tidurmu menjadi lebih kondusif untuk belajar dan nyaman untuk istirahat.

Tidak perlu didekorasi berlebihan, ubah posisi dan rapikan saja barang-barang di kamarmu. Kalau tadinya kasurmu menghadap ke utara, coba ubah posisinya menjadi menghadap ke timur; begitu juga dengan lemari, meja, dan barang-barang lainnya. Walaupun hanya mengubah posisi, tapi cara ini cukup ampuh untuk membuat kamarmu menjadi seperti baru lagi.

3. Daripada malam minggu terasa suntuk, lebih baik baca koleksi buku yang masih menumpuk

Koleksi bukumu menumpuk

Koleksi bukumu menumpuk via samhainpublishing.com

Advertisement

Karena kesibukan yang padat, banyak buku yang sudah terbeli namun belum sempat kamu selesaikan. Nah, daripada tidak punya tujuan akan ke mana, lebih baik kamu habiskan saja dengan membaca buku-buku yang masih menumpuk itu. Siapa tahu di antara buku-buku itu ada yang akan menjadi buku favoritmu.

4. Demi mengisi waktu, kunjungi rumah atau tempat kostteman yang sudah jarang bertemu

Temuilah teman dekatmu

Temuilah teman dekatmu via comicvine.com

Kesibukanmu akhir-akhir ini membuatmu jarang bertemu dan berkumpul bersama teman-teman terdekat. Bahkan terkadang untuk sekadar bertegur sapa lewat pesan instan, kamu merasa tidak sempat. Bisa-bisa pertemanan akrab kalian menjadi renggang lho karena kesibukan ini.

Untuk menebus waktu berkumpul kalian yang hilang ditelan kesibukan, luangkan waktu di akhir pekan ini dan berkunjunglah ke rumah atau tempat kost temanmu itu. Habiskan waktumu dengan bersenda gurau dengannya. Jangan lupa bawa makanan dan minuman ringan supaya obrolan kalian semakin menyenangkan.

5. Kenapa tak mencoba menyusun agenda untuk bulan depan? Kamu bisa semangat lagi karena membayangkan apa saja yang bisa kamu lakukan

Susun agenda untuk bulan depan

Susun agenda untuk bulan depan via creativeoperationgallery.blogspot.com

Bulan ini sudah sampai di penghujungnya. Daripada semakin menipiskan dompet, lebih baik manfaatkan akhir pekan terakhirmu di bulan ini dengan hal yang bisa menunjang produktivitasmu bulan depan. Ingat apa saja yang tidak berhasil kamu capai bulan ini dan masukkan ke daftar pencapaianmu bulan depan.

Catat juga hal-hal penting yang terjadi dan akan dilakukan olehmu di bulan berikutnya. Kalau kamu patuhi seluruh agendamu, yakin deh nanti akan semakin banyak yang bisa kamu capai.

6. Kedekatan dengan keluarga harus tetap dijaga. Mumpung akhir bulan, kunjungi rumah saudara dan jangan menolak diajak makan bersama

Coba main ke tempat saudaramu

Coba main ke tempat saudaramu via lifestyle.kompasiana.com

Kapan terakhir kali kamu berkunjung ke rumah sepupumu? Mungkin hampir sebagian besar menjawab terakhir berkunjung pada saat libur sekolah atau libur Lebaran lalu. Nah, mengapa kesempatan ini tidak kamu manfaatkan saja untuk berkunjung ke rumah sepupumu itu. Selain bisa bersilaturahmi juga dengan paman dan bibimu, kamu yang anak kos juga bisa mendapat makan malam gratis, lho!

7. Supaya produktivitasmu semakin prima, kenapa nggak mencicil mengerjakan tugas yang masih tertunda?

Cicil tugasmu

Cicil tugasmu via kickstarter.com

Kalau banyak tugas sekolah atau kuliah yang menumpuk, jangan tunggu sampai mendekati deadline untuk mengerjakannya. Daripada keluar, cobalah mulai mencicil tugas yang makin menggunung itu. Tidak perlu terburu-buru untuk selesai. Manfaatkan saja malam yang panjang tersebut untuk mengerjakan tugas sebaik mungkin. Walaupun banyak yang bilang semakin dekat deadline otak semakin lancar berpikir, tapi kerja yang matang akan memberikan hasil yang lebih baik.

8. Demi bisa bertahan hingga akhir bulan, membuka garage sale bisa jadi cara menambah pemasukan

Rampingkan lemarimu

Rampingkan lemarimu via scribblesscriptsandsuch.blogspot.com

Buat kamu yang cewek, sering sadar nggak sih kalau isi lemarimu penuh dengan baju yang jarang terpakai? Di akhir bulan ini, kenapa tidak kamu manfaatkan waktu luangmu untuk membongkar dan menata ulang isi lemari? Pisahkan mana yang masih terpakai dan mana yang tidak.

Baju-baju yang tidak terpakai bisa kamu jual saja lewat garage sale! Kamu bisa menitipkannya ke acara garage sale yang sedang berlangsung di kotamu atau adakan saja sendiri supaya untungnya lebih banyak. Lumayan ‘kan untuk menambah uang sakumu di akhir bulan?

9. Kamu bisa menikmati malam dengan gowes keliling kota, gak butuh dana tapi cukup modal tenaga

Ajak teman-teman supaya lebih seru

Ajak teman-teman supaya lebih seru via travel.detik.com

Jangan hanya menikmati keindahan kota di siang hari saja. Malam ini, coba ambil sepedamu dan berkelilinglah menikmati indahnya malam di kota tempat tinggalmu. Sepanjang jalan kamu akan menemukan banyak hal yang tidak kamu temukan di siang hari, seperti warung jajanan malam dan lampu-lampu kota yang begitu indah. Tidak perlu mengayuh terlalu jauh, sekuatmu saja. Nikmati malammu di jalan sembari berolahraga dan melihat keindahan kota.

10. Relakan kamarmu jadi tempat nongkrong supaya kamu nggak nelangsa dan kesepian

Ajak teman-teman berkunjung ke tempatmu

Ajak teman-teman berkunjung ke tempatmu via kpopselca.com

Apakah kamu biasa menghabiskan waktu bersama teman-teman dengan berkumpul di kafe atau restoran? Wah, kalau begini terus, bisa-bisa esok harinya kamu hanya menyantap mie instan saja setiap hari.

Coba lakukan rutinitas yang berbeda kali ini. Pindahkan tempat berkumpul kalian dari ke kafe ke tempat tinggalmu dan habiskan malam dengan bermain kartu, PlayStation, atau memasak kreasi mie instan bersama untuk makan malam. Berkumpul dengan teman tidak harus selalu boros ‘kan?

11. Harimu bisa tetap seru, selama ada laptop dan koleksi film yang setia menemanimu

Nonton film via laptop

Nonton film via laptop via ikeahackers.net

Selain berkumpul bersama teman-teman, menonton di bioskop adalah rutinitas yang paling populer untuk anak muda. Tapi harga tiket menonton bioskop termasuk mahal. Kalau sering ke sana, di akhir bulan mau menabung pakai apa?

Kalau tetap ingin menonton film, manfaatkan saja fitur pemutar media yang ada di laptopmu untuk menonton. Sewalah beberapa film yang ingin kamu tonton atau manfaatkan saja situs penyedia film yang memberikan fasilitas streaming film secara gratis. Kamu bisa pilih film dengan genre favoritmu atau genre lain jika ingin merasakan sensasi menonton yang berbeda.

12. Waktu yang menyenangkan bukan perkara pergi ke mana, Tapi dengan siapa kamu menghabiskannya!

Kamu tetap bisa pacaran dengan menyenangkan

Kamu tetap bisa pacaran dengan menyenangkan via www.straitstimes.com

Bagi yang punya pacar, menghabiskan waktu bersama sepertinya sudah menjadi agenda rutin ya. Saking rutinnya, kamu dan pacarmu sering merasa bingung ingin melakukan apalagi selain makan dan menonton. Kalau sudah begitu, lebih baik kalian baca artikel Hipwee tentang kencan murah dan menyenangkan ini, deh. Dijamin kencan kali ini akan berbeda dan menyenangkan untuk kalian berdua.

Jadi, kira-kira yang mana yang akan kamu lakukan? Semoga bisa membantumu memiliki waktu yang menyenangkan tanpa harus keluar uang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya