5 Alat Musik dari Barang Bekas. Kreatif, Bermodal Sampah Rumah Tangga!

Alat musik dari barang bekas

Barang-barang yang tidak terpakai di rumah jika dibiarkan hanya akan menjadi sampah yang tidak berguna. Padahal, ada beragam cara memanfaatkan barang bekas, di antaranya membuat alat musik kreatif dari barang bekas. Dengan membuat alat musik dari barang bekas, kita tidak perlu membeli alat musik yang mahal harganya, tetapi justru bisa memanfaatkan barang yang tidak berguna. Tak hanya itu, cara ini juga cocok digunakan untuk bahan edukasi kepada anak-anak untuk berkreasi dan berimajinasi

Advertisement

Ada banyak macam alat musik dari barang bekas yang mudah dibuat, di antaranya gitar, marakas, dan drum mini. Semua alat musik itu dibuat dengan barang bekas yang hampir selalu ada di rumah, seperti kardus dan botol bekas. Seperti apa alat musik yang dari barang bekas tersebut dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Alat musik gitar bisa dibuat dengan kotak kardus bekas yang ada di rumahmu

Gitar dari kardus | Credit: Youtube Ria Official

Jika gitar biasanya dibanderol dengan harga yang fantastis, maka tidak ada salahnya kamu membuat gitar dari kardus ini terlebih dahulu. Alat musik kontemporer yang satu ini bisa dibuat dari barang bekas yaitu kardus dan benang jahit. Alat yang kamu butuhkan adalah pensil, gunting, dan lem.

Pertama-tama, kamu perlu membuat dua pola gitar pada kardus dengan menggunakan pensil, lalu gunting pola sesuai gambar. Kemudian, tempelkan kardus yang sudah kamu potong sesuai pola dengan lem sampai membentuk gitar. Setelah itu, kamu perlu membuat senar gitar dengan benang dan jarum. Caranya, masukkan benang dalam jarum, lalu tusukkan jarum ke dalam pola. Jadilah gitar dari kardus bekas yang cantik dan unik.

Advertisement

2. Sangat praktis, alat musik marakas bisa dibuat dari botol bekas yang diisi beras

Marakas dari botol bekas | Credit: Youtube Raisya Playtime

Alat musik marakas biasanya dimainkan dengan cara dikocok hingga menimbulkan bunyi tertentu. Untuk membuatya, kamu hanya memerlukan botol bekas yang diisi dengan berbagai macam isian. Macam-macam isian itu di antaranya makaroni, beras, kacang, atau pasir. Kamu bisa mengisi botol seperempat dari ruang yang tersedia. Setelah isian dimasukkan, tangkupkan atau tutup botol supaya isian tidak berjatuhan. Jika ingin menghias, kamu bisa menggunakan kertas warna-warni atau pita yang mengelilingi botol.

3. Jarang ditemui, alat musik kastanyet yang dimainkan dengan ibu jari bisa dibuat dari tutup botol kaca

Kastanyet dari tutup botol kaca | Credit: education.com

Contoh alat musik sederhana yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan barang bekas asalah kastanyet. Alat musik ini biasa dimainkan dengan ibu jari untuk mengiringi tarian yang berasal dari Spanyol. Sangat mudah, alat musik ini hanya membutuhkan kardus bekas dan tutup botol kaca sebagai bahan pembuatannya.

Caranya, gunting kardus berbentuk persegi panjang atau oval yang memanjang, lalu lipat secara horizontal. Setelah itu, tempelkan tutup botol kaca pada kardus yang sudah kamu potong dengan menggunakan lem tembak. Kalau sudah, kastanyet pun bisa kamu mainkan.

Advertisement

4. Alat musik drum mini bisa dengan mudah kamu buat dengan kaleng atau botol bekas

Drum mini | Credit: Youtube ACB Cora Chord

Kaleng bekas sarden, susu, atau botol bekas air mineral biasanya selalu tertumpuk di rumah. Alih-alih langsung dibuang, kaleng atau botol itu bisa digunakan untuk membuat alat musik drum mini. Cara membuat alat musik perkusif  dari botol atau kaleng bekas ini cukup mudah, yaitu dengan menambahkan balon di atas lubangnya. Alat yang kamu perlukan cukup dengan gunting, selotip, pita, dan lem tembak.

Caranya, potong balon dengan gunting, regangkan balon di atas kaleng, kemudian tempelkan dengan selotip agar menempel di kaleng. Untuk menghiasnya, kamu bisa melilitkan kertas pita di pinggir balon.

5. Alat musik perkusi tamborin bisa dibuat dengan mudah dengan tambahan lonceng kecil

Tamborin piring kertas | Credit: Youtube Majalah Mombi

Alat musik dari barang bekas yang bisa kamu buat selanjutnya adalah tamborin. Alat musik perkusif ini bisa memanfaatkan piring kertas bekas yang ada di rumahmu.

Siapkan alat dan bahan, yaitu pembolong kertas, benang, lonceng, dan gunting. Kalau sudah siap, kamu bisa memulai dengan mendekorasi bagian depan dan belakang piring sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu, potong benang menjadi kecil-kecil sekitar 8 cm sesuai jumlah lonceng. Buat lubang di sekeliling piring kertas dan masukkan lonceng di setiap lubangnya. Setelah dimasukkan ke dalam lubang, ikat lonceng dengan benang dan tamborin pun bisa digunakan.

Itu dia beberapa contoh alat musik kreasi barang bekas yang bisa kalian jadikan ide untuk mengisi waktu bersama anak-anak. Selain bisa memanfaatkan barang bekas, alat musik ini juga bisa mengeluarkan bunyi unik yang bisa menghibur mereka, lo. Kalau di antara kelima alat musik di atas, mana kreasi yang paling unik menurutmu, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE