Kalau pas puasa, rasanya makanan-makanan sederhana bisa terlihat sangat menggoda. Lihat gambar air putih saja kadang terlihat seperti es teler. Lihat kerupuk di meja seolah kayak lihat seloyang pizza. Duh, bedug masih lama ya?

Mungkin itu yang bikin kita sering khilaf saat berbuka puasa. Ini dan itu pengin dimakan semua, seolah balas dendam setelah menahan lapar seharian. Padahal itu yang jadi perut terasa begah. Akibatnya pas salat tarawih jadi nggak konsen karena perut terasa nggak nyaman. Demi perut tetap “tenang” dan nggak begah, coba deh buka puasanya pakai tahap-tahap berikut ini.

1. Awali air putih, supaya cairan yang hilang kembali terisi

minum air putih dulu via www.pexels.com

Minuman favoritmu untuk berbuka apa nih? Es teh? Es buah? Kolak? Yah, walaupun minuman-minuman itu lezat, tapi sebenarnya berbuka puasa dengan air putih lebih menyehatkan lo. Setelah berpuasa kurang lebih 12 jam, tubuh kita perlu segera isi ulang cairan tubuh. Nah, air putih adalah teman yang paling pas untuk berbuka. Karena kalau minum yang manis-manis juga, yang ada kamu justru semakin haus.

Oh ya, tubuh butuh asupan air minimal 8 gelas sehari. Untuk menyiasati hal ini, selama puasa kamu bisa minum dengan pola minum AQUA 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur. Untuk kemurnian Ramadan, pilih air mineral paling berkualitas seperti AQUA. Selama lebih dari 45 tahun AQUA menyajikan 100% air mineral pegunungan yang mengalami proses mineralisasi alami. Kemurniannya nggak perlu diragukan karena setiap proses AQUA memastikan kebaikan alaminya tetap terjaga dan tidak tersentuh sampai di tangan kamu. Yuk jalani kemurnian Ramadan dengan kemurnian AQUA~

2. Lanjutkan dengan dengan kurma, buah dengan segudang keajaiban untuk tubuh kita

makan kurma via www.pexels.com

Buah yang satu ini selalu populer di bulan puasa. Buah manis dan awet ini memang punya segudang kebaikan untuk tubuh, terutama setelah berpuasa seharian. Pertama, 100 gram buah kurma mengandung 277 kalori lho. Jadi mengonsumsi kurma saat berbuka puasa akan segera mengisi ulang tenagamu setelah seharian berpuasa. Kedua, kurma juga bisa melancarkan BAB untuk beberapa orang sering mengalami sembelit saat puasa, karena asupan air dan makanan yang berkurang drastis. Selain itu, masih banyak lagi manfaatnya. Pokoknya sayang banget kalau kamu lewatkan kurma sebagai menu pembuka. Bersama air putih, kurma bisa jadi duet yang tepat untuk berbuka puasa.

3. Jangan dulu makan berat, makan buah dan sayur dulu untuk penuhi kebutuhan serat

sayur dan buah via www.pexels.com

Setelah kurma dan air putih, yuk kita beralih ke makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah. Kamu bisa memilih menu salad sayur. Yang jelas sayur itu kaya serat, mineral, dan segala nutrisi yang dibutuhin sama tubuh kita. Oh ya, ini juga cocok dengan yang ingin sekalian diet nih sambil berpuasa. Dengan banyak makan sayur dan buah, akan membuat kita kenyang, sehingga konsumsi nasi dan yang berlemak-lemak bisa dikurangi nih. Oh ya, sebelum makan sayur dan buah kamu bisa makan sup dulu ya. Bisa sup tomat, sup jagung, atau sup apapun yang mengandung banyak air dan nutrisi.

4. Salat Magrib dulu, baru dilanjut makanan berat dan karbohidrat

baru makan nasi via www.pexels.com

Air putih, kurma, sayur, dan buah sudah semua. Makan beratnya kapan? Tenang dulu. Kamu bisa salat Magrib dulu supaya ada jeda dan pencernaannmu nggak seolah dibombardir terus padahal sebelumnya kosong. Kamu sendiri kalau biasanya nganggur tiba-tiba ada banyak kerjaan pasti kaget kan? Nah, untuk makan nasi dan yang berat-berat kamu bisa ambil waktu setelah salat Magrib atau sekalian setelah tarawih. Senyamannya perutmu saja deh. Oh ya, untuk menunya, hindari yang pedas dan berminyak ya supaya perutmu nggak berulah.

5. Sebagai tambahan, kunyah semua makanan secara perlahan ya biar pencernaanmu terbiasa

dikunyah perlahan via www.pexels.com

Nah, selain tahapan, cara makan juga mempengaruhi lho. Mungkin karena saking lapernya, kita sering makan dengan terburu-buru saat berbuka puasa. Kunyah sebentar, langsung telan. Padahal mesin-mesin pencernaanmu masih dalam tahap pemanasan setelah seharian nggak ngapa-ngapain. Itulah yang sering membuat perut terasa begah setelah buka puasa. Jadi, cara untuk menghindarinya adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Dengan begitu, beban di organ pencernaanmu nggak akan terlalu berat.

Itu dia beberapa tips berbuka puasa agar perut nggak terasa begah dan jadi nggak nyaman saat Salat Tarawih. Kalau perut nyaman, ibadah juga semakin lancar kan. Dan tentu saja jangan sampai lupa memperhatikan asupan air mineralmu sebagai kebutuhan utama tubuh. Jangan sampai tubuh jadi dehidrasi karena kurang cairan. Yuk, kita terapkan pola minum AQUA 2-4-2.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya