Merayakan ulang tahun kurang rasanya kalau tanpa kue. Memang sih, kue ulang tahun bisa digantikan dengan makanan lain seperti yang pernah Hipwee tulis, tapi tetap saja, kue ulang tahun dengan hiasan di sekelilingnya itu yang jadi syarat sah di kebanyakan perayaan.

Misalnya nih, sewaktu-waktu kamu pengen bikin sendiri kue ulang tahunmu, atau pacarmu, atau orangtuamu, atau buah hatimu kelak, kira-kira bakal dihias dengan bahan apa sih? Berikut Hipwee berikan inspirasi bahan untuk menghias kue ulang tahun yang tampilannya menarik, dan pastinya nggak sayang buat dimakan nanti.

1. Bahan hiasan pertama dan yang paling populer dan mudah dibuat adalah butter cream

butter cream via lovingitvegan.com

Advertisement

Butter cream ini dibuat dengan mengocok halus campuran gula pasir dan mentega putih. Nggak hanya sebagai hiasan, bahan ini juga menambahkan rasa manis dan lembut pada kue. Butter cream biasanya dipakai untuk menutupi seluruh permukaan kue sebelum dihias dengan karakter atau bunga-bunga kecil yang dibuat dengan spuit. Nah, penggunaan butter cream baru-baru ini lebih minimalis dan nggak dibuat penuh dengan hiasan di atasnya.

2. Cokelat yang dicairkan atau cokelat blok juga favorit dijadikan bahan hiasan kue ultah

cokelat leleh + irisan cokelat blok via www.splendidtable.org

Umumnya, cokelat yang digunakan untuk melapisi kue harus ditim dulu, baru disiramkan ke atas kue setelah cair, lalu tunggu sampai mengering kembali. Kamu pun bisa menggunakan cokelat blok dengan memotongnya tipis-tipis. Tapi kamu harus mengoles kue dengan butter cream dulu sebelum ditempeli cokelat blok. Ada juga istilah cokelat modeling yang menggunakan adonan campuran dari cairan glukosa dan tepung maizena.

3. Kalau kamu pengen hiasan yang mudah dibentuk karena teksturnya yang elastis, bisa coba menggunakan bahan fondan

Fondan atau plastic icing terbuat dari campuran gula, air , glukosa, gelatin, dan gliserin. Teksturnya yang elastis jadi keunggulan bahan ini sehingga mudah untuk dibentuk jadi ornamen atau sebagai lapisan dasar kue ulang tahun. Fondan cocok banget digunakan untuk menghias kue ultah anak-anak yang menginginkan kue ultahnya dipenuhi dengan detail karakter-karakter unik. Teksturnya pun akan tetap lembut setelah didiamkan.

4. Kalau kamu udah terbiasa menghias kue, bisa coba pakai royal icing yang akan mengeras dalam waktu singkat setelah diaplikasikan

royal icing via www.bbc.com

Advertisement

Royal icing adalah lapisan gula putih yang akan mengeras dengan halus setelah diaplikasikan. Dibuat dari campuran putih telur, gula halus, dan sedikit perasan air lemon. Karena warnanya yang cantik ini, royal icing sering dipakai untuk menghias kue pernikahan juga lo. Biasanya, royal icing dipakai untuk menghias bagian pinggiran kue dengan menggunakan berbagai macam spuit.

5. Mirip fondan, bedanya gum paste akan mengeras setelah didiamkan

gum paste via www.cakecentral.com

Gum paste biasanya hanya digunakan untuk membuat ornamen tertentu saja seperti bunga, daun, boneka, dan pernak-pernik lainnya. Pengaplikasiannya juga di atas permukaan kue yang telah dilapisi bahan pelapis kue. Bahan yang digunakan untuk membuat gum paste adalah gelatin, air, gula halus, glukosa, dan tepung maizena.

6. Marzipan hampir mirip dengan fondan, hanya saja hasil warnanya kekuningan

marzipan via eatsmarter.com

Bahan ini juga digunakan untuk melapisi permukaan kue. Perbedaan yang mencolok antara marzipan dan fondan adalah dari bahan dan hasil akhir warnanya. Marzipan dibuat dari gula halus, kacang almon yang telah dihaluskan, telur, air jeruk lemon, dan gliserin, sepintas mirip dengan adonan pie. Hasil akhirnya lebih kekuningan setelah diaplikasikan.

7. Ada juga yang paling modern, yakni menggunakan edible image yang dicetak dengan printer khusus. Tinggal tempel aja!

edible image via www.thecaker.com

Mungkin bahan hiasan ini jadi yang paling canggih di antara semuanya. Namanya edible image, terbuat dari lembaran adonan gula yang dicetak dengan printer khusus, sehingga gambar yang dihasilkan lebih nyata dan terkesan hidup.

Menghias kue memang butuh ketekunan dan ketelatenan. Tapi kalau dicoba terus dan terus, kelak kamu juga bakal berhasil menghias kue sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, bahan mana dulu nih yang akan dipakai untuk latihan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya