Belakangan popularitas kue tradisional bernama imut – kue cubit, semakin meningkat tajam. Makanan yang tadinya hanya dikenal sebagai jajanan anak-anak Sekolah Dasar ini naik kasta, menjadi hidangan di kafe-kafe kekinian. Bahkan nggak sedikit usaha bisnis rumah makan yang menu-nya dibuat khusus untuk menghidangkan kue cubit loh! Harganya juga semakin menanjak tajam seiring dengan pamornya, membuat kudapan sederhana ini jadi lumayan mahal.

Kamu pengen bisa puas makan kue cubit yang modern dan enak tapi nggak mau boros jajan di luar? Kenapa nggak kamu coba sendiri resep kue cubit ini di rumah. Selain belajar masak, hasilnya juga bisa dibagikan ke keluarga atau buat pacar kamu, biar dia tambah sayang. Langsung simak, yuk!

1. Kue Cubit Apa Adanya Adalah Resep Pertama yang Wajib Kamu Coba

Resep-kue-cubit

Kue cubit rasa original via masakanlezat.com

Advertisement

Maksudnya pertama-tama Hipwee mau membagi resep kue cubit rasa original. Kue cubit yang belum dimodifikasi macam-macam, yang masih polos seperti resep aslinya. Resep ‘Apa Adanya’ ini nantinya akan menjadi dasar resep untuk membuat aneka kue cubit yang lebih modern. Yuk kita lihat cara buatnya!

Alat yang kamu butuhkan:

  • Loyang/wajan cetakan khusus untuk kue cubit (bisa dicari di pasar)
Advertisement

Bahan yang kamu perlukan:

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram mentega yang dilelehkan
  • 1 bungkus ekstrak vanila
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder

Cara membuatnya nih:

  1. Masukkan telur dan gula dalam satu baskom, lalu kocok hingga mengembang menggunakan kocokan tangan atau mixer. Tentu saja dengan mixer bakal lebih cepat ya.
  2. Sedikit demi sedikit masukkan tepung terigu ke dalam kocokan tadi sambil diaduk-aduk hingga rata. Setelah terigunya masuk semua, tuangkan mentega yang sudah dilelehkan dan aduk juga hingga rata.
  3. Setelah itu masukkan baking powder, soda kue, dan ekstrak vanilla.
  4. Sabar dulu, jangan langsung dimasak. Sebaiknya adonan ini didiamkan dulu selama paling tidak lima menit ya guys. Soalnya, dengan begitu adonan kue cubit kamu bakal lebih ngembang dan berisi saat di masak. Hasilnya bakal lebih cantik.
  5. Nah baru deh sekarang kamu siap memasaknya. Panaskan dahulu loyang cetakan kue cubit yang sudah dilapisi mentega di atas kompor dengan api kecil. Tuangkan adonan dan masak hingga tingkat kematangan yang sesuai selera. Yang lagi model sih yang bagian atasnya masih basah-basah, agak setengah mateng gitu…

2. Setelah Sukses Dengan Resep yang Pertama, Kamu Bisa Menjajal Resep Kue Cubit Green Tea yang Rasanya Lebih Menggoda

079752300_1423218855-image3

Green tea khas Jepang berpadu apik dengan Cubit khas Indonesia via lifestyle.liputan6.com

Setahun, dua tahun belakangan ini seperti diketahui bersama adalah era-nya green tea. Semua makanan yang sedang populer diberi embel-embel green tea. Green tea cake, green tea latte, green tea ice cream… serba green tea! Kue cubit rupanya juga nggak mau kalah, varian green tea cubit adalah salah satu menu paling populer di kafe-kafe yang menawarkan hidangan ini.

Resep untuk ‘Green Tea Cubitz’ dari Hipwee ini pada dasarnya adalah resep ‘Kue Cubit Apa Adanya’ yang ditambahi satu langkah ekstra.

“Setelah soda kue, baking powder dan vanila masuk, tambahkan juga larutan bubuk greentea yang terbuat dari 1/2 sdt bubuk green tea (atau matcha powder) yang dilarutkan dengan 3 sdm air panas. Aduk semua hingga rata.”

Sisanya adalah proses yang sama. Kue cubit green tea emang terbukti enak sih, guys. Rasa green tea yang pahit-pahit seger itu pas banget disandingkan sama legitnya adonan dasar kue cubit. Jadinya adalah kudapan manis yang nggak eneg. Topping paling yahud untuk kue cubit varian ini sih kit-kat green tea, coklat putih, atau marshmallow.

3. Resep Kue Cubit Taro yang Punya Aroma dan Tampilan Menggugah Selera Juga Bisa Kamu Coba

Taro itu semacam ubi, disandingkan begini jadi enak banget

Taro itu semacam ubi, disandingkan dengan kue cubit begini jadi enak banget via letsgoeat.info

Nggak hanya cocok dengan bubble tea atau milk tea, rasa gurih Taro juga ternyata oke digabungkan dengan kue cubit! Cara buatnya seperti membuat kue cubit green tea, namun cukup mengganti bubuk green tea-nya dengan bubuk rasa Taro saja.

“Proses relatif sama dengan resep kue cubit green tea, hanya cukup mengganti bubuk green tea dengan bubuk taro saja.”

Seperti bubuk green tea/matcha powder yang dipakai untuk resep ‘Green Tea Cubitz’, bubuk Taro juga sudah banyak ditawarkan di pasaran. Jadi kamu nggak usah panik dan bingung. Kalau pun belum ada di toko bahan makanan terdekat, sudah banyak kok toko online yang menawarkannya.

Rasa taro ini juga nggak kalah unik sama green tea; taro yang pada dasarnya sejenis ubi ini memiliki wangi yang khas dan menggugah selera. Rasanya juga gurih-gurih manis, sehingga nggak bikin kamu bosan. Cobain deh! Topping yang paling pas buat rasa taro adalah Nutella, rainbow sprinkles, dan coklat putih. Tapi topping-topping lain juga oke kok.

4. Tak Hanya Tersedia Di Restoran Mewah, Kue Cubit Red Velvet Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

IMG_9310

Red velvet selama ini idientik sebagai cake enak nan mahal. Rasanya yang penuh dan kaya rasa memang menghadirkan kesan mewah. Ternyata jajan pasar seperti kue cubit juga bisa begitu loh. Masih dengan resep dasar yang sama, kali ini kamu gunakan bubuk red velvet latte yang juga sudah dijual bebas di pasaran.

Rasa red velvet yang legit tapi tidak terlalu manis ini rupanya mantap banget digabungkan dengan kue cubit yang empuk-empuk dan lumer di mulut. Topping paling enak menurut Hipwee sih, keju parut, karena paduan cake red velvet selama ini biasanya kan cream cheese. Tapi Oreo atau Nutella dan parutan coklat juga cocok kok dengan Cubitz Red Velvet ini!

5. Pengen Menjajal Kreasi yang Berbeda? Coba Saja Resep Kue Cubit Bubble Gum!

Screen-Shot-2015-01-12-at-6.09.12-PM

warna yang nggemesin, rasa yang ngagetin

Warnanya yang lucu dan aromanya yang sedap, bikin kamu bakal penasaran setengah mati sama kue cubit rasa bubble gum ini. Perkembangan dunia kuliner sudah mempermudah kita untuk bereksperimen dengan berbagai rasa yang susah dibayangkan sebelumnya. Dulu sih bubble gum ya cuma buat rasa permen karet atau manisan saja, sekarang bisa buat kue cubit juga!

Masih dengan proses yang sama, kamu hanya harus mengganti bubuk perisa resep Kue Cubit dari Green tea atau Taro atau Red Velvet menjadi bubuk/pasta makanan berperisa bubble gum. Ekstrak perisa ini juga sudah ramai dijual, dan bisa digunakan juga untuk makanan-makanan manis lain seperti pudding atau cake.

Rasa bubble gum yang lain dari yang lain ini cocok buat kamu yang suka mencoba hal-hal baru dan gampang bosan. Karena Cubitz Bubble Gum dan rasanya yang nggak konvensional bisa memberikan kamu tantangan saat memasak maupun menyantapnya. Topping paling cocok buat kue cubit rasa ini adalah marshmallow, coklat, rainbow sprinkles atau sereal rasa buah-buahan. Tapi sekali lagi, sebenarnya topping itu sesuai selera kamu saja.

Jadi kira-kira kamu sudah mutusin belom, mau nyoba masak resep yang mana terlebih dahulu? Atau kamu memutuskan untuk bikin semua varian sekaligus?

cap cip cup, favoritmu rasa apa?

cap cip cup, favoritmu rasa apa? via instagram.com

Semoga resep dari Hipwee ini membantu kamu untuk memenuhi keinginanmu agar bisa masak kue cubit sendiri sepuasnya. Oh iya, kalau kamu sudah berhasil membuat kue cubit kreasimu sendiri, Hipwee ngga nolak kok kalau hasilnya kamu kirim kemari! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya