Apakah Sikat Gigi Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Ulama

Sebagai seorang muslim yang berakal, baligh dan sehat maka sudah kewajiban untuk ikut menjalankan ibadah puasa. Berpuasa memang identik dengan menahan lapar dan haus.  Namun, esensi puasa justru terletak pada proses menahan nafsu duniawi. 

Advertisement

Ada berbagai hal yang dapat membatalkan puasa, misalnya makan atau minum saat siang hari. Selain itu, hal lain yang membatalkan yaitu sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, hidung, mulut atau telinga. 

Tak menampik, saat berpuasa bau mulut memang menjadi kurang sedap karena produksi air liur yang berkurang. Bau mulut yang kurang sedap berimbas pada menurunnya rasa kepercayaan diri orang. Tidak heran jika banyak yang menggosok gigi sekalipun sedang berpuasa. Apa hukum  menyikat gigi saat puasa?

Hukum menyikat gigi saat puasa

hukum menyikat gigi saat puasa

menyikat gigi | Foto oleh Miriam Alonso dari Pexels

Dalam sebuah buku karya Muhammad Anis Sumaji, sikat gigi tidak membatalkan puasa. Mengapa demikian? Karena konteks membatalkan puasa adalah memasukkan suatu benda ke dalam rongga tubuh dengan sengaja. Sedangkan sikat gigi hanya memasukkan benda di permukaan saja dan dengan tujuan membersihkan gigi.

Advertisement

Jadi, menyikat gigi dan berkumur tidak membatalkan puasa, ya. 

Namun, lain cerita jika orang yang sikat gigi, kemudian sisa pasta gigi tertelan. Maka hal ini dapat membuat puasa kamu batal. Lalu, apakah berkumur membatalkan puasa? Begitu juga saat berkumur, sebaiknya tidak berlebihan akan mengurangi resiko tertelan.  

Advertisement

Kapan boleh sikat gigi saat berpuasa? Nah waktu yang tepat menyikat gigi ketika bulan Ramadhan adalah sebelum Dhuhur. Tepatnya setelah Subuh hingga sebelum adzan Dhuhur berkumandang.

Sebab, ketika masuk waktu Dhuhur, hukum menyikat gigi saat berpuasa menjadi makruh. Meskipun tidak ada larangan, namun sebaiknya kamu hindari. Karena khawatir ada benda-benda yang ikut tertelan saat berkumur atau menyikat gigi. 

Tips sikat gigi saat puasa

Agar tetap dapat menjaga kesehatan gigi di bulan Ramadhan, maka perhatikan beberapa tips berikut ini!

  • Pastikan menggosok semua bagian gigi dengan sikat
  • Hindari kebiasaan langsung berkumur, sebaiknya tunggu 5-10 menit
  • Menggunakan benang gigi
  • Memakai obat kumur

Ringkasnya, itulah hukum apakah sikat gigi membatalkan puasa. Semoga informasi bermanfaat, ya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE