8 Aplikasi To Do List untuk Rapikan Jadwal Harian. Tak Perlu Catat Manual

Aplikasi to do list

Semenjak sekolah berubah menjadi school from home dan para karyawan juga work from home, banyak yang mumet dengan segudang tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya. Bahkan saking banyaknya, kadang ada tugas yang terlewat dikerjakan karena kamu cuma mengingat-ingat saja tapi nggak mencatatnya.

Advertisement

Supaya nggak keburu pusing dengan daftar pekerjaan yang banyak, kamu bisa lo mencatatnya dengan rapi dan atur jadwal tenggat pengumpulan tugas atau pekerjaanmu melalui aplikasi to do list berikut ini~

1. Aplikasi TickTick adalah salah satu aplikasi pencatatan yang paling baru dan dikenal karena fitur kalendernya

TickTick | Credit: ticktick.com

Aplikasi TickTick tergolong masih baru, meski begitu, aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur seperti kalender yang bisa kamu gunakan untuk mengatur tenggat tugas atau pekerjaanmu. Aplikasi ini memiliki dua opsi pemakaian yaitu secara gratis dan berbayar. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan di semua perangkat mulai dari pengguna iOS, Android, dan Google Chrome.

2. Manfaatkan fitur koneksi WhatsApp pada aplikasi pencatatan Any.DO untuk mengatur poin dalam to do list

AnyDo | Credit: any.do

Kalau kamu menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu bisa menggunakan fitur WhatsApp untuk mengurangi atau menambah poin dalam to do list-mu. Aplikasi ini menyediakan dua opsi pemakaian yaitu gratis dengan fitur terbatas dan berbayar. Kamu bisa mengakses aplikasi to do list ini di perangkat iOS, Android, dan juga Google Chrome.

Advertisement

3. Aplikasi toodleDo dilengkapi dengan fitur untuk membuat folder sehingga daftar pekerjaanmu jadi lebih rapi

ToodleDo | Credit via toodledo.com

Meski tampilannya belum secanggih aplikasi pencatatan terbaru, toodleDo memiliki fitur folder yang bisa memudahkan kamu untuk merapikan atau mengorganisasi pekerjaanmu sesuai tenggat atau kategori lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis di perangkat iOS, Android, dan Google Chrome.

4. Habitica adalah aplikasi to do list paket lengkap bagi penggemar games! Kamu bisa mencatat daftar pekerjaan sambil bermain

Habitica | Credit: techinasia.com

Buat para pecinta games, kamu pasti bakal lebih semangat mengerjakan tugas atau pekerjaan karena aplikasi yang satu ini menawarkan pengalaman berbeda bagi para penggunanya.

Yap, dalam aplikasi Habitica, kamu akan berperan sebagai karakter yang sedang perang dan kamu akan mendapatkan uang untuk membeli amunisi dan mengalahkan musuh jika kamu berhasil menyelesaikan tugas atau pekerjaanmu. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis di semua perangkat mulai dari pengguna iOS, Android, dan juga Google Chrome. Seru, ya?

Advertisement

5. Selain mencatat daftar pekerjaan,  aplikasi to do list Asana juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi organisasi lainnya

Asana | Credit: asana.com

Asana memiliki fitur untuk mengubah tampilan task menjadi kanban board. Selain itu, kamu juga bisa membuat daftar pekerjaan bersama dengan rekan kerjamu. Aplikasi ini memiliki dua opsi pemakaian yaitu gratis dengan fitur terbatas dan berbayar. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi organisasi lainnya seperti Microsoft Teams, Slack, Jira, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengaksesnya di perangkat iOS dan Android!

6. Hampir mirip dengan Asana, Trello nggak hanya sebuah aplikasi pencatatan tapi juga berfungsi sebagai aplikasi manajemen pekerjaan

Trello | Credit: trello.com

Memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Asana, Trello nggak hanya jadi aplikasi pencatatan tapi juga aplikasi untuk manajemen pekerjaan. Kamu dan rekan kerja bisa bersama membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan dalam periode tertentu.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur kalender yang bisa digunakan untuk mengatur tenggat pengumpulan tugas atau pekerjaan. Trello bisa diakses di perangkat iOS, Android, dan Google Chrome dengan dua opsi pemakaian yaitu secara gratis dan berbayar.

7. Aplikasi pencatatan Notion cocok buatmu yang punya tim kerja dalam jumlah yang nggak terlalu banyak

Notion | Credit: notion.so

Notion termasuk salah satu aplikasi pencatatan yang lagi digandrungi karena memiliki tampilan antarmuka yang minimalis dan estetik. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bisa diakses mulai dari fitur notes atau catatan, task dan project, template, multiple view, dan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya.

Untuk kamu yang memiliki tim kerja dengan jumlah orang yang nggak terlalu banyak, aplikasi ini cocok buatmu dan rekan kerja dalam membuat catatan pekerjaan bersama.

8. Remember the Milk adalah aplikasi to do list tertua di antara yang lainnya! Fitur-fiturnya juga terus diperbaharui supaya semakin efisien

Remember the milk | Credit: rememberthemilk.com

Remember the Milk merupakan sebuah aplikasi pencatatan paling tua lo! Meski begitu, aplikasi ini terus berusaha mengembangkan fitur-fitur di dalamnya supaya bisa menyesuaikan dengan aplikasi pencatatan terbaru.

Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Google Calendar dan Evernote sehingga kamu bisa menyesuaikan tenggat tugas atau pekerjaanmu. Selain itu, kamu juga bisa membagikan daftar pekerjaanmu kepada rekan kerja supaya bisa mengetahui progres masing-masing. Aplikasi ini bisa dijalankan di perangkat iOS dan Android.

Nah, itu dia beberapa aplikasi to do list yang bisa kamu coba untuk merapikan jadwal dan daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Kalau kamu merasa pusing dan enggan untuk mencatat secara manual, kamu bisa gunakan aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhanmu~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE