“Padahal udah pakai produk ini-itu, tapi kulit berminyakku nggak sembuh-sembuh juga :(“

Meski tak sedikit manfaat yang bisa didapat dari kulit berminyak, yakni nggak cepat keriput dan awet muda, masalah wajah yang satu ini tetap jadi salah satu problema. Selain sering disebut sebagai ‘kilang minyak’ atau ‘penggorengan’, punya kulit wajah yang berminyak juga rentan terhadap munculnya jerawat beserta kawan-kawannya. Untuk itu, merawat kulit berminyak juga nggak boleh asal-asalan, tapi butuh ketelitian.

Kira-kira gimana sih merawat kulit berminyak biar nggak semakin mengganggu? Nih, Hipwee Tips kasih cara-cara jitunya!

1. Cuci mukamu dua hari sekali, mulai sekarang nggak boleh ada alasan malas lagi

Mencuci muka dua kali sehari via rosaceahelp.ca

Karena kulit berminyak sangat rentan ditempeli debu, bakteri dan polusi dari luar, kamu diwajibkan mencuci muka dua kali sehari. Pertama, cuci mukamu di pagi hari dan yang kedua sebelum tidur. Ini efektif mengurangi produksi minyak berlebih diwajahmu karena akan diseimbangkan dengan kadar air setelah kamu mencuci muka.

Advertisement

Tapi, jangan terlalu sering mencuci muka karena justru akan mengelupas material-material alami kulitmu. Bahkan bisa meningkatkan produksi minyak juga.

2. Gunakan produk pembersih yang dikhususkan untuk kulit berminyak atau berjerawat

Membersihkan wajah via femside.com

Sebaiknya sih kamu pakai bahan-bahan alami saja untuk membersihkan wajahmu. Tapi kalau merasa ribet, cukup pastikan saja pembersih yang kamu gunakan memang khusus untuk kulit berminyak atau berjerawat. Jangan lupa cuci tangan dulu sebelum membersihkan wajahmu, ya!

Pembersih untuk kulit berminyak biasanya mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid.

3. Jangan gunakan toner pada semua daerah wajahmu, cukup pada bagian yang berminyak saja

Ini bukan paper oil, tapi pakai toner dengan kapas via muji.com

Nggak semua daerah di wajahmu berminyak ‘kan? Biasanya pemilik kulit berminyak hanya memproduksi banyak minyak di bagian dahi, dan sekitar hidung. Jadi gunakan toner di daerah itu saja, jika kamu menggunakan toner pada bagian yang tidak berminyak, nanti malah bisa jadi kering, lho!

4. Kulit berminyak masih tetap butuh pelembab, tapi tetap hati-hati ya saat memilihnya!

Serum pengganti moisturizer via beliefnetwork.org

Carilah pelembab yang water based (berbahan dasar air) atau oil-free dan jauhi pelembab yang berbentuk krim. Kamu bisa juga menggunakan serum yang akan melembabkan kulitmu hingga ke tingkatan sel. Ditambah lagi, serum biasanya juga ada anti-aging-nya, jadi makin lengkap deh!

5. Selalu pilih yang bentuknya gel, cair, atau bubuk saat membeli foundation maupun jenis makeup lainnya

Memilih makeup via today.com

Jika sedang memilih foundation atau make-up yang cair, jangan lupa untuk memastikan itu water based ya, bukan oil based. FYI juga, makeup yang berlabel “noncomedongenic”  tidak akan menyumbat pori-porimu. Jika kamu ingin menggunakan tabir surya maka direkomendasikan untuk memilih mineral powder SPF. Usapkan pada wajah dan leher secara merata. Dijamin, kulit berminyakmu bakalan berkurang.

6. Bawalah paper oil atau kertas minyak khusus wajah ke manapun kamu pergi. Ini berguna, supaya wajahmu tetap berseri

paper oil via talkativetya.com

Membawa paper oil dalam keseharianmu itu sangat berguna, apalagi jika aktivitas luar ruanganmu makin ‘menggila’. Kamu bisa mengusap minyak dengan mudahnya jika paper oil ini selalu tersedia di saku atau dompetmu. Meski hanya bersifat sementara, paper oil ini akan membuat wajahmu bebas kilap dan terhindar dari derasnya arus minyak yang berlebihan.

Berbeda dengan jenis kulit lainnya, kulit berminyak memang butuh perawatan khusus. Jadi, semoga 6 aturan tadi bisa membantumu mengatasi kulit berminyak yang mengganggu, ya!